Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman, Anti Pembusukan

Kalau punya sisa cangkang telur, sebaiknya jangan dibuang!

Audia Natasha Putri

Seringkali kita melihat tanaman hias dengan cangkang telur di sekitar pot ketika sedang berjalan-jalan. Ternyata, peletakan cangkang telur pada tanaman memiliki manfaat di baliknya, lho, Bela.

Cangkang telur mengandung nutrisi yang baik yang dipercaya dapat menyuburkan tanaman. Pengolahannya yang mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah, menjadikan limbah alami satu ini sering digunakan banyak orang.

Cangkang telur juga bisa diolah menjadi produk untuk kesuburan tanaman, seperti menjadi kompos, pupuk alami, dan penangkal hama.

Menghimpun berbagai sumber, inilah manfaat cangkang telur untuk tanaman.

1. Sebagai kompos

Monstutor

Kandungan kalsium pada cangkang telur dapat menyuburkan tanaman dan membangun dinding sel. Menyadur The Spruce, kalsium juga berperan dalam pertumbuhan tanaman dengan cepat dan baik

Kamu bisa mencampur cangkang telur yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan lalu debgan kompos. Pastikan cangkang yang benar-benar kering agar terhindar dari risiko penyakit dari zat telur mentah.

2. Pencegah tanaman busuk

Pexels.com/Nadine Wuchenauer

Selain menyuburkan tanaman, kalsium pada cangkang telur juga dapat melindungi tanaman dari pembusukan pada bunga hingga akar. Zat kalsium ini nantinya diserap oleh tanaman secara alami, sehingga dapat tumbuh subur dan berbuah lebat. 

Sama seperti campuran kompos, cangkang telur dicuci bersih hingga kering lalu haluskan dengan pencacah dan masukkan ke lubang tanah sebelum menuang bibit tanaman. Agar semakin sehat, kamu bisa memberikan bubuk cangkang telur di sekitar pangkal tanaman setiap dua minggu sekali.

3. Penangkal hama

The Conversation

Mengutip SFGate, tekstur cangkang telur yang keras dapat menangkal serangan hama seperti siput dan cacing yang kerap menggandrungi tanaman. Karena tubuhnya yang lembek, cangkang telur yang kasar tentu dapat menyakiti siput dan cacing, sehingga mereka pun enggan mendekati tanaman.

Agar hama ini tak mendekat tanaman kesayanganmu, cuci bersih cangkang telur dan keringkan. Setelahnya, hancurkan secara kasar lalu tebar di sekitar tanaman.

4. Mengusir kucing liar

catsmart.com

Kucing liar kerap membuat pemilik tanaman kesal dengan tingkahnya yang senang buang air besar di sekitar tanaman. Feses kucing memiliki zat panas yang dapat mematikan akar dan mengurangi kesuburan tanah.

Karena itu, adanya cangkang telur di area tanaman dapat mengusir kucing liar untuk buang air besar. Kucing yang tidak sengaja menginjak kulit telur akan enggan datang kembali ke tempat tersebut. Ini karena cangkang telur yang tajam dapat membuat kaki kucing luka atau nyeri.

5. Tempat menyimpan benih

Gardener's Path

Selain deretan manfaat di atas, cangkang telur bisa digunakan sebagai media penyimpanan benih tanaman yang dapat menghemat budget ketimbang membeli pot kecil atau polybag.

Langkahnya pun cukup mudah. Pecahkan telur secara pelan-pelan agar ukurannya tetap setengah utuh. Cuci cangkang telur dan keringkan lalu masukkan sedikit tanah hingga setengah dari bagian cangkang telur. Tanamkan benih dan siram dengan sedikit air. Terakhir, simpan benih dalam cangkang sampai siap ditanam.

6. Sebagai pelindung lubang pot tanaman yang rusak

Ikea.com

Pot kamu berlubang? Jangan dibuang ya, Bela. Karena kamu bisa mengatasinya dengan menutup lubang pot menggunakan cangkang telur yang dihancurkan.
Kandungan nutrisi dan kalsiumnya juga dapat mencegah tanah membusuk.

Pecahkan cangkang telur yang sudah bersih dan kering menjadi beberapa bagian yang cukup besar. Lalu tutup lubang pot secara menyeluruh menggunakan serpihan cangkang telur.

7.Pupuk alami

Tomato Bibble

Kandungan kalsium yang tinggi pada cangkang telur sangat sentral dalam mempengaruhi pertumbuhan dsn perkembangan tanaman. Zat kalsium juga berperan sebagai pupuk alami.

Cara membuat pupuk alami dari bahan ini pun tak sulit. Kamu bisa memasukkan bubuk cangkang telur ke dalam tempat penyiraman lalu diamkan beberapa hari. Siram tanaman dengan air campuran tersebut setiap hari. Nantinya, tanaman akan menyerap Zat kalsium pada air tersebut yang dapat memperkuat akar tanaman dan terhindari dari penyakit.

8. Menyuburkan tanaman

Flower Garden

Bubuk cangkang telur yang kaya kalsium dapat menetralisir tingkat keasaman yang tinggi pada tanah. Kandungan asam yang tinggi dapat mempengaruhi pertumbuhan, sehingga tanaman akan sulit berkembang. Karena itu, bubuk cangkang telur sering dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman dengan baik.

Caranya pun cukup mudah. Campurkan tanah yang akan digunakan untuk menanam tanaman dengan bubuk cangkang telur hingga merata.

Itulah cara memanfaatkan cangkang telur untuk tanaman. Selamat mencoba.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration