Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Kebiasaan Menarik Raja Charles III, Senang Melukis dan Menulis

Kebiasaan sang Raja sangat produktif dan patut diikuti

Audia Natasha Putri

Bagai ombak di lautan, hidup harus tetap berjalan meski prahara datang menerjang. Begitu juga dengan Kerajaan Monarki Inggris.

Wafatnya Ratu Elizabeth II meninggalkan luka mendalam bagi rakyat persemakmuran Inggris dan keluarga kerajaan. Anak tertua Ratu Elizabeth II sekaligus Pangeran Wales Charles III pun harus naik takhta menggantikan ibunda. Ia pun memimpin kerajaan Inggris dengan gelar baru, Raja Charles III di usianya yang ke-73.

Banyak hal yang menarik dari pemimpin Monarki Inggris baru ini untuk ditelitik, termasuk kebiasaan hidupnya. Suami dari mendiang Putri Diana ini juga dikenal sebagai citra yang perfeksionis, bahkan ia menyetrika pun tali sepatunya agar tidak lecek dan rapih.

Melansir dari laman Brightside setidaknya terdapat 8 kebiasaan unik yang dilakukan oleh Raja Charles III dalam kesehariannya. Apa saja?

1. Menyetrika tali sepatu

Cheatsheet.com

Raja Charles III memiliki kebiasaan aneh dalam memulai hari, yakni meminta pelayannya untuk menyetrika tali sepatu miliknya setiap pagi.

Kebiasaan aneh ini diungkapkan Paul Burrell, pelayan pribadi yang bekerja untuk mendiang istri Charles, Putri Diana, dan Ratu Elizabeth II. Selain menyetrika tali sepatu, Raja juga selalu meletakkan pasta gigi satu inci di sikatnya.

2. Berganti pakaian 5 kali sehari

Brightside.com

Normalnya, orang berganti pakaian 2 kali sehari. Tetapi tidak dengan Raja Charles III. Pemimpin Monarki ini terkenal akan style berpakaiannya yang modis dan elegan, serta menghabiskan waktu lama untuk menentukan outfit pilihannya.

Terungkap pula bahwa ayah dari Pangeran Harry dan Pangeran William ini selalu berganti pakaian 5 kali sehari. Meskipun tak pernah mengikuti tren fashion, Raja Charles III selalu mengenakan padu-padan outfit yang kece dan menjadi inspirasi bagi kaum adam dalam berbusana.

3. Membawa kasur dan toilet pribadi ketika berpergian

Brightside

Ketika travelling, orang akan membawa pakaian, produk sanitasi dan barang penting lainnya. Tetapi, Raja Charles III justru membawa kasur tidur dan toilet pribadinya ketika bepergian, termasuk ketika sang Raja liburan ke kampung sahabatnya.

Biografer pribadi keluarga kerajaan juga menyebutkan bahwa sebelum Raja Charles bepergian, sebuah truk datang sehari sebelumnya untuk membawa tempat ridur ortopedik, toilet pribadi, perabotan, bahkan dua lukisan pemandangan Skotlandia kesayangannya.

4. Penggemar berat Harry Potter

Brightside

Franchise Harry Potter sukses menjadi kecintaan orang banyak, termasuk Raja Charles III.

Saking cintanya, sang Raja senang sekali membacakan cerita Harry Potter kepada cucunya. Permaisuri Camilla menjelaskan kebiasaan suaminya ini.

"Terkadang, ketika di Skotlandia, dia selalu mendongengkan Harry Potter dengan mimik dan suara yang brilian. Membuat siapapun yang mendengarkannya larut ke dalam cerita," tambahnya.

5. Melewatkan jam makan siang

Cheatsheet.com

King Charles selalu melewatkan makan siang kapan pun itu. Mantan pelayan kerajaan Inggris berujar bahwa Raja menganggap makan siang sebagai hal yang mewah di tengah kesibukannya bekerja. Karena itu ia sengaja terlambat untuk sarapan, agar melewatkan jam makan siang dan tidak mengganggu pekerjaannya.

Untuk menu sarapannya, sang Raja menyantap seporsi buah dengan sebutir telur rebus di hari biasa dan cheesy baked eggs pada akhir pekan.

6. Menulis buku cerita anak

Brightside

Pemimpin baru Inggris ini memiliki segudang talenta seni yang memukau, termasuk menulis. Bakatnya ini dituangkan dengan menulis dan menerbitkan buku cerita anak berjudul The Old Man of Lochnagarm pada 1980.

Diketahui pula bahwa cerita anak dalam buku ini sering dibacakan Raja Charles untuk menghibur adik-adiknya, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward ketika masih kecil.

7. Sosok pemimpin pekerja keras

Times of India

Seseorang yang dekat dengan keluarga kerajaan mengkonfirmasi bahwa Raja merupakan pekerja keras dan mengisi waktunya dengan kegiatan produktif. Kebiasaan workaholic-nya tentu membawanya menuju kesuksesan dalam membangun Monarki Inggris lebih maju lagi.

Faktanya, pada 2019 saja ia telah menyelesaikan 521 tugas negara dan acara di berbagai bidang, termasuk 145 kunjungan resmi, upacara negara, olahraga, konser, dan acara amal.

8. Senang berkebun dan bertani

Brightside

Raja Charles III sangat mencintai hobi berkebun dan bertani dalam waktu lama. Bahkan ia juga menjabat sebagai advokat pertanian organik kerajaan dan mempunyai lahan pertanian pribadi selama 35 tahun.

Hasil pertanian--termasuk sayur, gandum, dan buah--dari lahan pribadinya pun dijual secara luas dengan merek Waitrose Duchy Organic.

Namun, pada tahun 2020, ia tidak memperbarui sewa untuk pertaniannya dan tidak melanjutkannya untuk 20 tahun mendatang karena dia harus bersiap untuk menjadi raja Inggris berikutnya.

9. Berbakat dalam melukis

Insider.com

Tak hanya menulis, Raja Charles III juga menyalurkan kreativitasnya lewat melukis. Aktivitas ini dilakukannya sebagai salah satu terapi santai untuk menyegarkan jiwa dan tubuhnya dari kepenatan memimpin Kerajaan Inggris.

Bahkan, Raja Charles mengaku mulai melukis setelah mengalami "sebuah dorongan besar" untuk mengekspresikan apa yang dilihatnya melalui media cat air dan sukses dari hobinya ini. Koleksi lukisan pemandangan miliknya beberapa kali dipamerkan dalam art exhibition di seluruh dunia.

Nah, itu dia beberapa deretan hobi dan kebiasaan Raja Charles III yang menarik untuk diketahui. Adakah kebiasaan sang raja yang kamu ketahui, Bela? Beritahu di kolom komentar, ya?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration