Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Membuat Dapur dan Ruang Makan agar Terlihat Lebih Luas

Dari memanfaatkan organizer hingga penataan lampu

Audia Natasha Putri

Di setiap rumah, pasti terdapat dapur dan ruang makan yang berguna sebagai tempat untuk memasak dan menyiapkan makanan. Dapur dan ruang makan yang luas, serta nyaman dan bersih, tentu membuat kita lebih nyaman saat memasak.

Tidak seperti ruangan lainnya, umumnya dapur tak memiliki lahan yang besar. Namun, ada beberapa tips agar dapur dan ruang makan terlihat lebih luas. 

Kunci agar dapur terlihat luas terletak pada penataan dan dekorasi ruangan. Kamu perlu mempertimbangkan ruang yang terbatas dan memprioritaskan kebutuhan ketika mendekorasi dapur agar terlihat luas. Dalam memaksimalkan fungsi ruangan dan mempertahankan agar tetap indah, ruangan perlu diatur senyaman mungkin.

Mengutip IKEA, berikut beberapa tips untuk membuat area dapur dan ruang makan kamu lebih luas!

1. Simpan bumbu dengan rapi

Unsplash

Selain memudahkan kita dalam mencari bumbu, menyimpan bumbu dengan rapi juga dapat meningkatkan keindahan dapur. Kamu bisa menata jenis bumbu yang kamu miliki ke dalam wadah yang seragam.

Tak lupa menyimpan wadah-wadah tersebut pada satu spot khusus dapat yang dekat dengan area memasak. Penataan bumbu yang baik juga memudahkan kita mencari bumbu tertentu saat membutuhkannya ketika memasak.

2. Pencahayaan yang terang

Unsplash

Pencahayaan juga berpengaruh pada keindahan dapur. Pencahayaan tidak maksimal dapat membuat dapur terlihat lebih sempit. Agar dapat mendukung kegiatan masak-memasak, area dapur juga memerlukan pencahayaan yang terang.

3. Meletakkan peralatan masak dengan teratur

IKEA

Menata barang dengan teratur dan rapi dapat membuat kita lebih bahagia. Dengan merapikan barang, membuat kita lebih semangat dalam mengerjakan sesuatu. Salah satunya adalah menaruh peralatan masak dengan teratur.

Kamu dapat mulai dengan menata panci dan teflon di dinding dengan memasang kaitan berdasarkan ukurannya. Selain itu, kamu juga bisa menaruh tutup panci di laci atau meja dapur dengan menggunakan rak penyimpanan.

Dapur yang rapih dan tertata membuat dapur lebih banyak ruang sehingga terkesan lebih luas dan menawan.

4. Gunakan organizer untuk mengatur peralatan makan

Unsplash

Meletakkan barang-barang tidak sesuai dengan tempatnya membuat ruangan terlihat lebih sempit. Misalnya saja ketika kamu menaruh peralatan makan di meja makan secara sembarang.

Sebaiknya, kamu menggunakan organizer untuk mengatur peralatan makan agar meja makan lebih nyaman, rapi, dan dapat menunjang penyajian hidangan. Misalnya saja menaruh alat makan dan piring di rak khusus peralatan makan.

Organizer tersebut dapat mempermudah kamu untuk mengambil alat makan dan membuat meja makan lebih rapi.

5. Memanfaatkan ruang secara maksimal

Unsplash

Agar dapur lebih fungsional lagi, kamu bisa menggunakan kreativitas untuk menata ruang dapur dan memanfaatkan ruang kosong di dapur dan ruang makan.

Semakin terbatas ruang yang dimiliki, semakin tinggi pula tingkat kreativitas yang dibutuhkan. Kamu bisa menghemat area kosong dalam dapur dengan kreativitas dalam mendekorasi. Salah satu tips yang dapat dilakukan adalah memasang rak dinding, untuk menaruh toples, blender, hingga set pisau dapur.

Itulah beberapa cara membuat dapur dan ruang makan agar terlihat lebih luas. Kamu bisa menerapkannya untuk memaksimalkan ruang kedua area tersebut bersama keluarga!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration