Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Rekomendasi Film Komedi Bollywood, Penghibur di Tengah Kepenatan

Tak hanya kaya humor, tapi juga kaya akan makna dan pesan

Audia Natasha Putri

Industri film Bollywood kini kembali menggaung di kancah internasional. Sutradara ternama di India pun berlomba-lomba meramu formula film yang apik dengan jalan cerita yang seru dan dimasak dengan eksekusi yang tepat.

Industri perfilman Bollywood juga tak hanya merilis film drama dan romansa yang bikin baper. Tetapi soal urusan dalam menyajikan film komedi, Bollywood juga tak mau kalah dalam mengocok perutmu. Humor yang disajikan, mulai dari yang ringan sampai gelap pun disuntikkan ke dalam jalan cerita penuh makna dengan akting para aktornya yang mendukung.

Kalau kamu sedang mengalami hari-hari yang berat, maka menonton film komedi Bollywood mungkin bisa memjadi solusi untuk mengalihkan kepenatan dan penghibur lelah.

Inilah 9 rekomendasi film komedi Bollywood yang sudah Popbela pilih untuk kamu!

1. 3 Idiots (2009)

Rotten Tomatoes

Rekomendasi film komedi Bollywood pertama yang perlu kamu tonton adalah 3 Idiots besutan Rajkumar Hirani. Hadir pada 2009, film ini mengisahkan perjalanan tiga mahasiswa yang mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Sisi menarik dari film ini tak hanya terletak dari paduan komedi dan drama haru yang disajikan, tetapi sentilan dan sindiran keras terhadap sistem pendidikan di India di dalamnya membuka mata banyak orang. Berkat formula di atas, film ini sukses mendulang popularitas dan menggaet banyak penghargaan secara nasional dan internasional.

2. Barfi! (2012)

IMDB.com

Berlatar era 1970-an, Barfi menyorot kisah romansa penuh lika-liku seorang lelaki bernama Murphy "Barfi" Johnson (Ranbir Kapoor) dan hubungannya bersama dua perempuan, Shruti (Ileana D'Chruz) dan Jhilmil (Priyanka Chopra). Barfi merajut tali asmara dengan seorang perempuan penyandang sindrom asperger, Jhilmil. Namun, kisah asmara antara keduanya diuji ketika dambaan hati Barfi di masa lalu, Shruti hadir kembali ke dalam hidupnya.

Resmi tayang di Netflix, Popbela sarankan agar tak menonton film komedi-romansa ini bersama pasangan agar tak menumbuhkan overthinking terhadap hubungan kalian.

3. Bodyguard (2011)

Sbs.com

Tema cinta beda status dan posisi agak jarang disorot oleh para sutradara film, Bela. Pada tahun 2011, sutradara Bollywood Siddique memayungi film Bodyguard yang mengisahkan kisah cinta antara seorang pengawal dan anak perempuan dari majikannya.

Lovely B. Singh (Salman Khan) adalah seorang bodyguard setia terhadap tuannya, Mr. Rana (Raj Babbar). Suatu hari, Lovely ditugaskan untuk mengawal Chhaya (Kareena Kapor), anak perempuan dari Mr. Rana. Dari sanalah, bibit cinta antara keduanya tumbuh dan mereka pun memutuskan untuk merajut asmara.

Sayang, sang ayah tak menyambut dengan baik hubungan mereka dan meminta anak buahnya untuk membunuh Lovely. Walaupun memiliki premis agak mencekam, namun film ini justru menampilkan adegan komedi ringan yang akan menggelitik perut.

4. PK (2014)

LSF.com

Tenang, Bela. Walau berjudul PK, tetapi film ini nggak menceritakan petualangan seorang playboy yang hobi memainkan hati perempuan, kok.

Film komedi asal India ini justru berkisah petualangan seorang alien bernama PK (Amir Khaan) yang kehilangan alat komunikasinya ketika mendarat di bumi. Tapi, Dewi Fortuna berpihak pada PK yang membawanya bertemu seorang reporter yang akan membantunya menemukan alat komunikasi tersebut. Di bumi inilah, PK mendapatkan banyak pengalaman yang tak pernah ia rasakan dari planet tempat tinggalnya.

Jalan cerita yang menarik berbungkus akting dan humor yang baik membawa PK memboyong sejumlah penghargaan film.

5. Pad Man (2018)

Netflix.com

Pad Man adalah film komedi satir yang berani mengangkat isu sosial yang terjadi di sejumlah negara, termasuk India. Tak kalah nyentrik, film bertemakan slice of life ini menceritakan tentang Laxmikant (Akhsay Kumar) yang menciptakan sebuah mesin pembalut. Ia sangat iba terhadap istrinya yang sering kali "bocor" ketika sedang menstruasi lantaran pembalut yang digunakan dinilai tak efisien.

Demi membantu sang istri, Laxmikant pun membuat mesin penghasil pembalut yang aman dan anti-bocor. Tak lupa, ia pun turut mengenalkan penemuannya itu kepada publik untuk meningkatkan kesadaran akan masalah ini kepada kaum hawa.

6. Ramprasad Ki Tehrvi (2019)

Bollywood Hugama

Film komedi Bollywood yang wajib masuk watchlist kamu selanjutnya adalah Ramprasad Ki Tehrvi. Memboyong premis yang unik, film ini menyorot sebuah keluarga yang terdiri dari anggota dengan latar belakang berbeda dan berusaha menemukan jati diri mereka yang sebenarnya.

Film ini mengisahkan sebuah keluarga yang berkumpul selama 13 hari dalam rangka upacara kematian ayah mereka. Tak lupa, mereka juga menjalankan ritual bernama Tehrvi. Karena terdapat perbedaan gaya hidup, setiap anggota keluarga pun mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri.

7. Suraj Pe Mangal Bhari (2020)

DNA India

Sang sutradara, Abhishek Sharma berhasil meramu bumbu romansa dan komedi ke dalam karyanya berjudul Suraj Pe Mangal Bhari. Film ini berceritakan kisah seorang lelaki buaya darat bernama Suraj (Diljit Dosanjh) yang seringkali gagal dalam percintaannya. Sosoknya yang dikenal sebagai pria bad boy membuatnya sulit menemukan seorang perempuan yang mau menerimanya. Citranya yang dianggap problematik membuatnya gagal menikah dan ditolak banyak kaum hawa.

Akankah ia berhasil menemukan perempuan idaman yang ingin menjalin ikatan suci dengannya?

8. Badhaai Do (2022)

IMDB.com

Walaupun mengambil tema yang sensitif bagi sebagian kelompok, Badhaai Do berhasil mengumpulkan rating 7/10 di IMDB berkat ceritanya yang apik berbungkus komedi dan akting aktornya yang piawai dalam mengocok perut.

Film yang menyisipkan unsur LGBT ini menceritakan bagaimana seorang lesbian dan gay terpaksa melakukan pernikahan kontrak demi menyembunyikan orientasi seksual mereka dari keluarga mereka masing-masing. Shardul (Rajkumar Rao) adalah seorang polisi yang gay, sedangkan Sumi (Bhumi Pednekar) adalah guru olahraga yang lesbian.

Akankah rumah tangga mereka berjalan mulus, walau mereka memiliki orientasi seksual yang berbeda?

9. Pagglait (2021)

Hindustan Times

Biasanya film bertemakan feminisme disajikan dengan film terkesan serius dan jalan cerita yang berat. Namun, sutradara Ummesh Bist menolak formula seperti itu dengan merilis film komedi berjudul Pagglait. Film ini mengangkat keresahan para perempuan yang hidup di lingkungan sosial yang dibalut komedi segar dan menghibur.

Adalah Sandhya (Sanya Malhotra) seorang janda muda yang baru saja kehilangan suaminya dan menggebrak perubahan akan tradisi kolot yang membebani dirinya. Dengan tekad yang kuat, Sandhya berusaha melepaskan diri dari jeratan budaya patriarkal dari keluarga sang mendiang suami. Kegigihan dan kecerdasannya juga membawa Sandhya bangun dari keterpurukan dan membangun jati dirinya yang sebenarnya.

10. Jagga Jassos (2017)

Indiatv.net

Jagga Jasoos mengisahkan perjalanan misi detektif muda Jagga (Ranbir Kapoor), dalam menemukan ayahnya yang hilang. Selama pencariannya, Jagga bekerjasama dengan seorang jurnalis investigasi bernama Shruti (Katrina Kaif) yang sedang mengusut kasus kriminal terbesar di dunia.

Bersamanya, Jagga pun berusaha mengumpulkan jejak serta menguak rahasia yang disimpan sang ayah. Petualangan keduanya semakin mencekam setelah mereka terlibat dalam kasus penyelundupan senjata ilegal internasional.

Berkat jalan ceritanya yang menghibur dan penuh adegan kocak yang mengocok perut, Jagga Jasoss meraih rating 83% menurut Rotten Tomatoes. 

Film komedi Bollywood kental akan ragam isu sosial dan membalutnya dengan bumbu komedi yang menghibur. Karena itulah, deretan film di atas cocok buat kamu yang ingin ngakak sambil membuka wawasan baru mengenai suatu isu.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration