Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Lebih Cantik dan Sehat, Ini 10 Rekomendasi Makanan Ikan Cupang 

Mulai dari pelet hingga kuning telur!

Angga Prayudhatama

Memelihara ikan cupang pada saat ini bukan hanya sebagai hobi, akan tetapi banyak yang memelihara ikan cupang dikarenakan mengikuti tren yang ada di masyarakat. Ikan cupang kembali menjadi bahan perbincangan dan bisa dijadikan lahan untuk bisnis dengan membudidayakannya. 

Untuk tetap menjaga kesehatan ikan cupang, makanan yang dikonsumsi oleh ikan cupang juga berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan tersebut. Pemilihan bahan makanan yang baik dan tepat akan menjadikan warna sirip ikan cupang tetap cantik dan badannya juga akan terlihat menarik

Berikut adalah beberapa rekomendasi makanan ikan cupang agar ikan cupang terlihat sehat dan menarik!

1. Udang air asin

https://usbetta.com

Salah satu makanan rekomendasi untuk ikan cupang adalah udang air asin. Pigmen kateroid yang terkandung dalam tubuh udang ikan asin akan meningkatkan warna merah dan kuning pada ikan. Jenis udang ini banyak, salah satunya adalah brine shrimp yaitu habitat tumbuhnya yang mudah dan bebas penyakit sehingga dapat dijadikan sebagai pakan hidup yang umumnya lebih disenangi cupang.

2 Jentik nyamuk

https://pixabay.com

Rekomendasi makanan untuk ikan cupang selanjutnya adalah jentik nyamuk. Makanan ini cukup umum diberikan untuk ikan cupang, apalagi memiliki nilai protein yang tinggi. Sehingga, sangat cocok untuk masa pertumbuhan ikan cupang yang dipelihara.

3. Ikan salmon

https://pixabay.com

Sesekali ikan cupang juga baik diberikan konsumsi ikan salmon lho, Bela. Namun perlu kamu ingat, pemberian ikan salmon pada ikan cupang harus dibatasi karena nutrisi pada ikan salmon ini sangat tinggi. Salmon dipercaya bisa meningkatkan warna pada ikan cupang sehingga terlihat lebih cerah dan sehat. 

4. Cacing darah

https://www.amazonasmagazine.com

Salah satu makanan ikan cupang yang memiliki zat besi tinggi adalah cacing darah. Cacing darah atau yang biasa disebut blood worms adalah larva dari lalat pengusir hama. Cacing darah merupakan makanan ikan cupang yang hidup di alam liar. Makanan jenis ini bisa meningkatkan kecerahan warna pada tubuh ikan karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi. 

5. Kuning telur

https://pixabay.com

Kuning telur tidak hanya bergizi jika dikonsumsi oleh manusia. Kuning telur juga bermanfaat untuk ikan cupang karena mengandung protein, akan tetapi memberi makan kuning telur kepada ikan cupang juga harus melalui tahap direbus terlebih dahulu. Berikan kuning telur secukupnya saja karena makanan ini bisa membuat air keruh sehingga memengaruhi kejernihan air di akuarium. 

6. Pelet ikan cupang

https://pixabay.com

Selain beberapa makanan yang telah disebutkan, ada juga jenis makanan ikan cupang yang paling umum diberikan yaitu pelet. Jenis makanan ini memiliki berbagai macam variasi tergantung dari bahan dasar dan nilai gizinya. Pastikan untuk memberikan pelet pada ikan cupang secukupnya saja, karena bisa membuat keruh air di akuarium dan mempengaruhi kesehatan ikan cupang. 

7. Suplemen ikan cupang

Pixabay.com/Steve Buissinne

Selain diberikan konsumsi makanan ikan cupang juga membutuhkan suplemen untuk kesehatannya. Pada umumnya, suplemen untuk ikan berbentuk cairan. Sebelumnya, diperlukan media makanan kering atau beku untuk direndam di cairan tersebut kemudian barulah makanan tersebut diberikan kepada ikan cupang. 

8. Flake

https://id.aliexpress.com

Makanan ikan cupang yang sangat populer adalah Flake. Makanan ini menyediakan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan ikan cupang. Salah satu yang menjadi nilai lebih flake, karena harga jual makanan ini relatif murah sehingga banyak yang memberikannya kepada ikan cupang peliharaan.

9. Flake dengan kandungan omega

https://www.petsmart.com

Flake dengan kandungan omega biasanya terbuat dari ikan salmon yang kaya akan nutrisi, kandungan ini dipercaya bisa membantu ikan cupang mendapatkan warna yang lebih cerah dan memberikan daya tahan kesehatan untuk ikan cupang.

10. Baby pelet

https://agrozine.id/dosen-fpik-unpad-olah-mengolah-limbah-organik-menjadi-pakan-ikan/

Baby pelet dipercaya bisa menjaga sistem kekebalan tubuh ikan cupang. Pelet ini biasanya mengandung vitamin C yang distabilkan, bentuknya yang kecil bisa memberikan kemudahan untuk mengontrol seberapa banyak makanan diberikan kepada ikan cupang. 

Semua jenis makanan ikan cupang yang telah di ulas direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan cupang dan untuk membantu ikan agar memiliki kesehatan. Agar ikan cupang makan dengan baik, maka kamu perlu mencari jenis makanan yang disukai ikan cupang. Kamu bisa melakukan beberapa percobaan dengan menggunakan beberapa rekomendasi makanan ikan cupang di atas, ya! 

Selain makanan tentu saja kesehatan ikan cupang juga dipengaruhi oleh tempat tinggalnya. Dengan membersihkan dan mengganti airnya secara rutin maka ini akan menjadi lebih baik.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration