Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil dan Perjalanan Karier BTOB, Grup K-Pop dengan Segudang Bakat

Empat anggota BTOB telah menemukan agensi baru

Ajenk Rama

BTOB, salah satu grup K-Pop generasi kedua yang baru menemukan agensi baru setelah hengkang dari Cube Entertainment. Grup beranggotakan enam orang ini telah berkiprah di dunia hiburan Korea Selatan lebih dari 1 dekade. 

Tidak sekadar berbakat di dunia musik, namun mereka bertalenta di semua bidang. BTOB pun terkenal dengan pose nyeleneh-nya di beberapa ajang penghargaan. Menurut fans sih, grup K-Pop berkedok pelawak. 

Seperti apa rekam jejak BTOB di industri hiburan Korea? Buat yang belum kenalan sama mereka, eksplor sejarahnya di bawah ini. 

Profil singkat mengenai BTOB

Twitter.com/OFFICIALBTOB

BTOB atau Born To Beat beranggotan tujuh orang anggota, yaitu Minhyuk, Hyunsik, Peniel, Eunkwang, Minhyuk, Changsub, Ilhoon, dan Sungjae. Mereka debut pada 21 Maret 2012 di bawah naungan Cube Entertainment, namun Ilhoon keluar grup di 31 Desember 2020. 

Leader asli BTOB adalah Eunkwang. Saat wajib militer, mereka menetapkan anggota lain sebagai leader sementara secara bergiliran. Nama fandom resmi BTOB adalah Melody dan fandom color mereka, yaitu slow blue (#42B4E6). 

Born to Beat menjadi album debut BTOB

Soompi.com

BTOB memulai perjalanan karier mereka di dunia hiburan pada April 2012 dengan merilis album debut bertajuk Born to Beat. BTOB dibentuk sebagai boy group yang menampilkan ciri khas untuk dikenal dari segi performance, bakat, hingga musik. 

Awalnya, anggota asli BTOB ada Eunkwang, Minhyuk, Hyunsik, Ilhoon, dan Minwoo. Tetapi, Lee Min-woo keluar karena kondisi kesehatan. Kemudian, mereka comeback dengan mini album bertajuk Press Play pada 12 September 2012. Ide konsep dari mini album tersebut berasal dari kreativitas para anggotanya. 

BTOB perdana berpartisipasi di United Cube Concert

Twitter.com/nct_skz_ateez

Dalam kurun waktu setahun, BTOB menerima banyak cinta dari penggemar. Mereka ikut berpartisipasi dalam konser perdana bertajuk United Cube Concert pada 2 Februari 2013. Konser ini diadakan di Jamsil Indoor Stadium, Korea Selatan dan Yokohama, Jepang.

Pada 10 April 2013, pelantun lagu "Only One for Me" ini merilis single digital berjudul 2nd Confession, sekaligus menggelar Fan Meeting perdana mereka di Taiwan. Acara jumpa penggemar itu dihadiri lebih dari 1.000 orang.

BTOB memanjakan Melody dengan ragam aksi dan meng-cover lagu Jay Chou berjudul "Rainbow." Sukses dengan fan meeting pertama, mereka mengadakan dua tambahan fan meeting di Thailand dan Kamboja. 

BTOB memiliki ciri khas di setiap lagunya

BTOB termasuk grup K-Pop yang aktif meluncurkan album, mini album, atau single digital di setiap tahun hingga memasuki masa hiatusnya. Sebagai penikmat lagu dari grup ini, BTOB memiliki ciri khas pada lagu-lagu yang dirilis. 

Mereka tak hanya berfokus di satu genre, namun warna musik BTOB sangat beragam. Dari ballad, R&B, hip-hop, pop, hingga sentuhan rock, mereka bisa membuatnya menjadi musik yang enak didengar. 

"Only One for Me", "Pray (I'll be your man)", "Beep Beep", dan "For You" hanya segelintir lagu BTOB yang ear catching hingga saat ini. Lagu-lagu mereka juga didukung dengan video musik yang estetik dan elegan. 

Album sub-unit BTOB sempat bertengger di puncak tangga lagu Billboard

Koreaboo.com

Setelah sembilan tahun berkarya, BTOB menelurkan beberapa sub-unit, yaitu BTOB-BLUE dan BTOB4U. Mereka telah merilis berbagai lagu dengan formasi berbeda-beda. Lagu yang dirilis pun tak kalah enak dari lagu grup. 

Salah satu sub-unit mereka, yaitu BTOB-BLUE yang beranggotakan Eunkwang, Changsub, Hyunsik, dan Sungjae pernah merilis album Korea bertajuk Brother Act. Kerennya, album ini pernah bertengger di posisi puncak tangga lagu Billboard U.S. World Albums.

BTOB pernah menyandang gelar million seller

Soompi.com

Dari sekian banyak grup K-Pop generasi kedua yang berjatuhan, BTOB masih bertahan dan eksis hingga saat ini. Lagu-lagu lawas mereka pun masih dicintai oleh publik, serta masuk ke tangga lagu Korea. 

Be Together menjadi album teranyar BTOB yang dirilis pada Februari 2022. Menurut data Gaon, album tersebut debut di posisi kelima Chart Album Bulanan Gaon dan telah terjual lebih dari 113 ribu keping kopi. 

Pencapaian ini membuat penjualan seluruh album BTOB sepanjang kariernya mencapai 1 juta keping koping. Alhasil, grup yang dipimpin oleh Eunkwang berhasil menyandang gelar million seller. 

Segudang bakat dengan kedok pelawak

Berbagai sumber

BTOB adalah salah satu dari grup K-Pop yang memiliki segudang bakat, namun berkedok pelawak. Dari segi musik dan prestasi, boy group ini sudah tak perlu diragukan lagi. Para anggotanya juga merambah ke berbagai bidang seperti variety show, drama, hingga mc. 

Salah satunya, Sungjae yang terjun ke dunia akting. Namanya melejit saat membintangi drama sekolah bersama Nam Joo-hyuk dan Kim So-hyun di School 2015. Ia juga pernah beradu akting dengan Kim Go-eun, Gong Yoo, dan Lee Dong-wook di Goblin

Selain itu, mereka memiliki kepercayaan diri tingkat tinggi dalam menghibur penggemar. Setiap acara yang dihadiri oleh BTOB, tak pernah sepi dari gelak tawa. Mereka memang punya kebiasaan berfoto unik dan nyeleh di setiap kesempatan, termasuk di red carpet

Itulah sekilas tentang BTOB, grup K-Pop dengan segudang bakat yang memulai perjalanan di agensi baru. Semoga masih bisa berkarya dan eksis dalam beberapa tahun mendatang, ya. 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration