Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mantan Bintang Cilik, 6 Aktor-Aktris Tiongkok Ini Semakin Populer

Tak kalah bersinar dari selebritas Korea Selatan, lho!

Ajenk Rama

Serupa dengan kondisi industri hiburan di Korea Selatan, banyak aktor dan aktris Tiongkok yang populer dan berbakat memulai karier aktingnya sejak muda dan berawal dari pemeran pendukung. 

Kebanyakan dari mereka merupakan mantan bintang cilik, yang telah memperoleh banyak pengalaman akting dan terus belajar meningkatkan kemampuannya di dunia seni peran. Bahkan, ada aktor dan aktris Tiongkok yang memulai karier di dunia hiburan Tiongkok sejak berusia tiga tahun. 

Berkat paras dan kemampuan aktingnya, popularitas mereka tak kalah bersinar dengan selebritas Korea Selatan. Lantas, siapa saja aktor dan aktis Tiongkok yang merupakan mantan bintang cilik? Drama Tiongkok apa yang telah mereka perankan? Intip daftar lengkapnya di bawah ini. 

1. Yang Zi

Berbagai sumber

Jika kamu penikmat drama Tiongkok berjudul Go Go Squid, pasti mengenal dengan sosok aktris muda yang telah memulai debut aktingnya sejak usia tujuh tahun dalam drama Tiongkok, Ru Ci Chu Shan pada tahun 2002 silam. 

Akting Yang Zi semakin memikat penonton kala dirinya berperan sebagai seorang selir muda dalam drama Tiongkok bergenre sejarah berjudul Xiaozhuang Epic. Ia semakin memperkuat statusnya sebagai bintang cilik Tiongkok ketika mendapat tawaran di sebuah sitkom hits, Home With Kids di tahun 2005. 

Meski jadwalnya cukup padat, tapi Yang Zi tetap menyelesaikan pendidikannya di Akademi Film Beijing pada 2014. Perlahan, popularitas dirinya meningkat tajam saat dirinya memperoleh peran di drama Tiongkok Ode to Joy dan The Legend of Chusen. Kedua drama Tiongok tersebut sukses besar dan turut melambungkan namanya.

Dengan keapikannya dalam berakting, nama Yang Zi sering menjadi trending topic di Twitter. Tak hanya itu, ia juga menyabet gelar Goddess of The Year pada 2019 bersama Dilraba Dilmurat, Zheng Shuang dan Victoria Song (leader dari grup K-pop f(x))

2. Leo Wu

Berbagai sumber

Mencuri perhatian lewat perannya di Nirvana In Fire (2015), Leo Wu ternyata memulai karier di dunia hiburan Tiongkok sejak tahun 2002 sebagai model iklan. Sejak saat itu, Leo Wu membintangi lebih dari 50 iklan dalam waktu dua tahun. 

Sama seperti Yang Zi, Leo Wu juga debut akting di usia tujuh tahun sebagai Nezha dalam drama Tiongkok, The Legend and The Hero. Wajah imut dan tampannya saat itu membuat publik terkesan dan ia menerima julukan sebagai Nation’s Little Brother

Soal pendidikan, Leo Wu memilih Akademi Film Beijing untuk memperdalam ilmunya di bidang seni peran. Ia juga membintangi banyak drama Tiongkok populer, seperti Whirlwind Girl (2015), The Legend of Qin (2015-2016), Cross Fire (2020). Bahkan, Leo Wu pernah berakting dengan Dilraba Dilmurat di The Long Ballad (2021). 

3. Guan Xiao Tong

Berbagai sumber

Sejak usia muda, Guan Xiao Tong telah didorong untuk mempelajari dan memperdalam seni peran. Apalagi, ia berasal dari keluarga aktor di mana ayah dan kakeknya merupakan seorang aktor Tiongkok. 

Tahun 2001 menjadi titik awal Guan Xiao Tong berakting di dunia hiburan Tiongkok dalam drama Yan Hai Chen Fu. Dua tahun kemudian, akting Guan Xiao Tong mendapat pengakuan dari publik Tiongkok dalam film berjudul Nuan yang menerima ulasan positif dari dalam negeri hingga Jepang. 

Ia juga terkenal berbagai film populer, yakni The Promise, Electric Shadows dan The Left Ear. Tak hanya film, Guan Xiao Tong juga membintangi deretan drama Tiongkok lainnya, seperti Untouchable Lovers, Sweet Combat, dan Twenty Your Life On. Ia juga merupakan sosok perempuan yang berhasil mencuri hati Lu Han dan menjalin kasih dengan mantan idol K-pop itu pada 2017. 

4. Niu Jun Feng

Berbagai sumber

Sebelum terjun ke dunia akting, Niu Jun Feng telah lebih dulu mempelahari Opera Peking dan diterima langsung di Akademi Seni Teater Nasional, Tiongkok. Lalu, ia memulai debut aktingnya sejak usia sepuluh tahun dalam film komedi, Jia You Jiao Che pada 2002 silam.

Ia terus mengasah dan menekuni dunia seni peran, hingga menerima pengakuan dari publik atas bakat aktingnya di drama romansa Tiongkok bertema eSports, Love O2O pada 2016 sebagai Yu Ban Shan.    

Selang tiga tahun, Niu Jun Geng membuktikan bakat aktingnya dengan berpartisipasi dalam reality show, Everybody Standby. Dari reality show ini, ia menerima pujian dari Vicki Zhao dan sutradara Chen Kaige. Tak disangka, tawaran drama baru Tiongkok mulai berdatangan kepadanya. 

Niu Jun Feng berhasil mendapat peran utama di drama Tiongkok, Dear Mayang Street dan Your Highness, The Class Monitor pada 2020 lalu. Terakhir, Go Into Your Heart (2021) menjadi drama Tiongkok yang Niu Jun Feng bintangi bersama Landy Li. 

5. Yang Mi

Berbagai sumber

Di antara aktris Tiongkok lain, Yang Min memiliki ciri khas memesona dengan mata bulatnya yang berkilau. Bahkan, ia sudah terjun ke dunia akting saat berusia empat tahun dengan membintangi drama Tiongkok bergenre sejarah, Tang Ming Huang (1990) sebagai Putri Xianyi muda. 

Dua tahun kemudian, ia kembali berakting sebagai putri Stephen Chow di film komedia Hongkong, King of Beggars (1992). Lebih dari dua puluh film dan drama Tiongkok telah Yang Mi bintangi dan perannya di drama Sword of Legends membuat bakat Yang Mi diperhitungkan di dunia hiburan Tiongkok. 

Kesuksesan terus menghampiri Yang Mi dan di usia mudanya, ia telah mendirikan agensi sendiri sejak 2012. Kini, Jay Walk Studios menaungi aktor-aktris Tiongkok populer lainnya, seperti Dilraba Dilmurat dan Zhang Bin Bin. 

6. Chen Xingxu

Berbagai sumber

Jika usia tiga tahun, biasanya anak-anak lain masih asyik bermain maka berbeda dengan aktor Chen Xingxu karena di usia tersebut, ia telah berkarya di dunia hiburan Tiongkok sebagai bintang iklan. 

Saat berusia empat tahun, Chen Xingxu menerima tawaran akting pertamanya dalam drama Tiongkok, A Passionate Life dan mulai bekerja keras di dunia seni peran dengan membintangi beberapa drama terkenal seperti You Are My Life, Golden Marriage, The Door to the Wind, dan Sparkling Red Star.

Tahun 2017 menjadi titik awal kesuksesan Chen Xing Xu ketika ia bermain di The Legend of the Condor Heroes, sebuah drama Tiongkok yang diadaptasi dari novel berjudul sama. Dalam drama tersebut, Chen Xing Xu berperan sebagai Yang Kang, sosok antagonis yang mendapat perhatian dari publik. 

Aktor lulusan Akademi Drama Pusat ini meraih kesuksesan besar sejak dipercaya memerankan karakter Li Chengyin di drama Tiongkok bergenre sejarah, Goodbye My Princess pada 2019 lalu. Ia baru saja berakting dengan aktor Li Yifeng dalam film The Glory of Youth. 

Nah, itulah deretan aktor-aktris Tiongkok yang sudah memulai kariernya sejak kecil. Ada favoritmu nggak, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration