Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kembali Cetak Prestasi, BTS Masuk Nominasi Grammy Awards 2023

ARMY, mana suaranya?

Ajenk Rama

Recording Academy telah mengumumkan daftar lengkap nominasi Grammy Awards 2023 pada Rabu (16/11/2022) dini hari. Deretan musisi ternama masuk daftar nominasi, tidak terkecuali BTS.

Ini bukan pertama kali BTS masuk daftar nominasi Grammy Awards. Tahun 2020 menjadi langkah awal BTS menerima nominasi lewat lagu "Dynamite". Sejak saat itu, grup besutan HYBE Labels itu kerap dinominasikan oleh pihak Grammy Awards.

Mungkinkah BTS mencetak sejarah baru? Kategori apa yang dinominasikan untuk BTS? Melansir Soompi, intip torehan prestasi baru BTS di Grammy Awards 2023? 

BTS mendapat tiga nominasi di Grammy Awards

Twitter.com/RecordingAcad

Mengikuti perjalanan nominasi BTS di Grammy Awards, mereka pernah masuk kategori Best Pop Duo atau Group Performance untuk lagu "Dynamite" pada 2020 lalu. Dalam kategori tersebut, BTS bersaing ketat dengan Justin Bieber, Lady Gaga, dan Ariana Grande.

Sementara di tahun 2022, BTS kembali mendapat nominasi di kategori serupa untuk lagu "Butter" dan berhadapan dengan Lady Gaga. Di tahun 2023 mendatang, Grammy Awards memasukkan BTS ke dalam tiga nominasi.

"Yet to Come" menjadi lagu Korea pertama yang masuk nominasi

Berbagai sumber

Tiga nominasi BTS di Grammy Awards 2023 merupakan Best Music Video, Music of the Speheres, dan Best Pop Duo/Group Performance. Pertama, ada lagu "Yet to Come" yang dinominasikan dalam kategori Best Music Video.

Lagu beraliran alternatif hip-hop ini rilis pada Juni 2022 dan bagian dari album terbaru, PROOF. Kabar baiknya, hal ini membuat "Yet to Come" menjadi lagu Korea pertama BTS yang masuk nominasi Grammy Awards.

Demi mendapatkan trofi di Best Music Video, BTS harus mampu menyingkirkan pesaing yang tidak kalah hebat dan populer seperti Adele ("Easy on Me"), Doja Cat ("Woman"), Kendrick Lamar ("The Heart Part 5"), Harry Styles ("As It Was"), dan Taylor Swift ("All Too Well: The Short Film").

Hasil kolaborasi bersama Coldplay masuk nominasi

Berbagai sumber

Sementara kategori Best Pop Duo atau Group Performance, lagu kolaborasi BTS bersama Coldplay berjudul "My Universe" masuk nominasi. Lagu tersebut dirilis pada 2021 lalu dan berkisah tentang galaksi bernama Spheres, sebuah galaksi sepi tanpa musik. 

Menurut Dave Meyers, musik merupakan hal yang dilarang dalam galaksi Spheres dan tiga band pemberontak mencoba untuk mengenalkan musik sebagai alat pemersatu. Dalam kategori ini, mereka akan bersaing dengan ABBA ("Don't Shut Me Down"), Camilla Cabello ft. Ed Sheeran ("Bam Bam"), Post Malone & Doja Cat ("I Like You a Happier Song"), dan Sam Smith & Kim Petras ("Unholy").

Selain itu, album Coldplay bertajuk Music of the Spheres juga masuk nominasi kategori Album of the Year dengan BTS yang dikreditkan sebagai artis kolaborasi.

Tiga anggota BTS juga dinominasikan

Musicmundial.com

Tak hanya mengharumkan nama grup, tetapi tiga anggota BTS lain seperti RM, J-Hope, dan Suga turut dinominasikan sebagai songwriters atau penulis lirik lagu untuk Album of The Year (Music of the Spheres).

Prestasi yang sangat membanggakan bagi para ARMY, pasalnya ini pertama kali mereka bertiga masuk nominasi sebagai penulis lagu di Grammy Awards 2023. Dengan kembali dinominasikan, BTS menjadi grup K-Pop pertama dan satu-satunya yang menerima tiga nominasi dalam satu tahun di sejarah Grammy.

Upacara penghargaan Grammy Awards ke-65 akan diselenggarakan di Crypto.com Arena, Los Angeles pada 5 Februari 2023.  Semoga di Grammy Awards 2023, BTS bisa membawa pulang salah satu trofi bergengsi ini, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration