Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Berperan Antagonis, 6 Aktris Senior Korea Ini Bikin Penonton Emosi

Super menyebalkan!

Ajenk Rama

Dalam drama Korea, selalu ada peran protagonis dan antagonis. Peran protagonis digambarkan sebagai sosok yang memiliki citra baik, polos, dan membuat penonton merasa perhatian dengan kisahnya. 

Sementara, peran antagonis ditampilkan dengan karakter yang menyebalkan, kejam, licik, serta membuat emosi penonton berkecampuk. Han So Hee menjadi salah satu aktris yang dikenal dengan peran antagonisnya di The World of The Married.

Sebelum Han So Hee, ada deretan aktris senior Korea dengan peran antagonis paling berkesan di drama Korea era 2000-an. Siapa saja mereka dan bagaimana perkembangan karier mereka di industri hiburan Korea Selatan? Yuk, kenalan dengan aktris senior Korea di bawah ini. 

1. Kim So Yeon

Pinterest.com

All About Eve merupakan drama Korea terkenal yang dirilis pada tahun 2000-an, di mana Kim So Yeon meninggalkan kesan kuat ke penonton karena sifat licik dari karakter Heo Young Mi yang ia perankan. 

Dalam drama tersebut, Heo Young Mi digambarkan sebagai perempuan muda yang dipenuhi ambisi untuk menjatuhkan Jin Sun Mi (Chae Rim). Ia juga menanggung akibat dari kejahatannya sendiri.

Kim So Yeon sukses membangun karakter antagonis dengan sangat baik dan dibenci oleh penonton. Di antara pemeran All About Eve, nama Kim So Yeon sebagai karakter antagonis tidak pernah pudar. 

Popularitas malah meningkat tajam sejak kembali memerankan karakter antagonis di The Penthouse: War In Life. Selama tiga musim, Kim So Yeon dengan sempurna memerankan sosok antagonis yang membuat penonton ingin menghujatnya. Di layar kaca, karakter Kim So Yeon memang dibenci. Namun dalam kehidupan nyata, ia memiliki hati yang lembut, lho.

2. Kim Tae Hee

Cosmo.ph

Sebelum memerankan karakter protagonis, Kim Tae Hee lebih dulu mendapatkan karakter antagonis di Stairway to Heaven yang tayang pada awal tahun 2000-an. Ia memerankan sosok Han Yoo Ri, saudara tiri dari Han Jung Suh (Choi Ji Woo) yang mencoba menyakiti saudara tersebut.

Karakter antagonis yang diperankan Kim Tae Hee di Stairway to Heaven menjadi salah satu peran paling ikonik sepanjang kariernya. Peran tersebut membawa Kim Tae Hee ke puncak popularitas dan masuk dalam daftar aktris kelas A. 

Hampir 21 tahun berlalu, Kim Tae Hee telah memainkan banyak karakter di berbagai drama Korea. Hanya saja, penonton masih mengingat sosok antagonis dari Kim Tae Hee di drama Korea lawasnya.   

3. Park Sol Mi

Pinterest.com

Dijadikan lokasi wisata, drama Korea lawas Winter Sonata masih menyimpan kenangan tersendiri bagi penonton. Salah satunya, karakter antagonis yang diperankan oleh Park Sol Mi bernama Oh Chae Rin. 

Oh Chae Rin digambarkan sebagai sosok gadis pencemburu yang menyimpan dendam terhadap Jung Yoo Jin (Choi Ji Woo). Karakter jahatnya tersebut membuat penonton sulit  bersimpati terhadap karakter Park Sol Mi.

Park Sol Mi sempat merasakan popularitas yang meningkat saat memerankan karakter antagonis di drama Korea terkenal sepanjang masa. Tapi, tidak cukup mampu mengangkat namanya di industri hiburan Korea yang terkenal sangat kompetitif. 

Selama menjadi aktris, Park Sol Mi jarang mendapatkan peran utama dan memutuskan kegiatan keaktrisannya sejak menikah dengan keluarga konglomerat. Terakhir, drama Korea yang dibintangi Park Sol Mi berjudul Feel Good To Die tahun 2018.  

4. Kim Seo Hyung

Pinterest.com

Masih ingat dengan karakter menyebalkan dari Kim Joo Young di SKY Castle? Yup, karakter tersebut diperankan oleh Kim Seo Hyung. Ia lebih dulu terkenal dengan peran antagonisnya di drama Korea Temptation Of A Wife yang rilis pada tahun 2000-an. 

Di Temptation Of A Wife, Kim Seo Hyung memerankan karakter antagonis bernama Go Ae Ri dan menjadi 'bulan-bulanan' kebencian penonton karena berselingkuh dengan suami sahabatnya sendiri dan hampir membuat sahabatnya mati. 

Karakter Go Ae ri menjadi batu loncatan bagi Kim Seo Hyung untuk semakin terkenal di industri hiburan Korea. Sebagai aktris, Kim Seo Hyung sangat pekerja keras dan berdedikasi terhadap peran-peran yang dimainkannya. 

Sejak kesuksesan SKY Castle, citra antagonis seolah melekat di Kim Seo Hyung. Tahun 2021, ia kembali memerankan karakter serupa bersama Lee Bo Young di drama Korea Mine.

5. Park Si Yeon

Pinterest.com

Tahun 2005, Park Si Yeon menjadi bintang baru dalam drama Korea My Girl. Sebelumnya, ia pernah mengikuti kontes Miss Korea dan mendapatkan peran antagonis di drama tersebut. 

Peran Kim Se Hyun di My Girl memberikan pengaruh cukup besar dalam karier akring Park Si Yeon. Karakter antagonis yang ia perankan sukses membuat publik terkesan. Kim Se Hyun adalah sosok orang ketiga yang berusaha membuat hubungan Joo Yoo Rin (Lee Da Hee) dan Seol Gong Chan (Lee Dong Wook) berantakan. 

Setelah My Girl, Park Si Yeon mendapat beberapa tawaran drama dan berkesempatan menjadi pemeran utama. Tahun 2020 lalu, ia juga memerankan karakter antagonis dengan sangat mengesankan bernama Jang Seo Kyung, putri konglomerat yang menikahi Han Jae Hyun (Yoo Ji Tae) di When My Love Blooms

Namun, karier gemilangnya tidak dimanfaatkan dengan baik oleh Park Si Yeon. Ia mencoreng namanya sendiri dengan terjerat berbagai skandal, terakhir ia didenda karena mengemudi dalam kondisi mabuk hingga menyebabkan kecelakaan. 

6. Han Da Gam

Asianwiki.com

Han Da Gam atau sebelumnya dikenal dengan nama Han Eun Jung pernah sangat populer sebagai aktris senior Korea yang memerankan karakter Kang Hye Won, saingan Song Hye Kyo di Full House. 

Kang Hye Won merupakan sosok perempuan sukses dan menawan, namun sifat menyebalkannya membuat ia tidak disukai oleh penonton. Meski penonton tidak menyukainya, justru karakter inilah yang membantu Han Da Gam mendapatkanya banyak perhatian di industri hiburan. 

Hanya saja, keberuntungan tidak berpihak padanya. Karier akting Han Da Gam tidak berkembang pesat setelah membintangi drama Korea Full House. Tahun 2021, Han Da Gam membintangi The All-Round Wife bersama Shin Seung-hwan, tetapi dramanya tidak meraih popularitas tinggi seperti karier awalnya di Full House. 

Menurut kamu, siapa aktris senior Korea yang paling ikonik memerankan karakter antagonis di drama? Sebutkan aktris favorit di kolom komentar, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration