Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Fakta Film 'Broker', Premiere yang Dihadiri Selebriti Korea Selatan

Dari V 'BTS' hingga Lee Min Ho

Ajenk Rama

Pada 2 Juni 2022, film Broker yang dibintangi deretan aktor dan aktris Korea baru saja mengadakan premiere di CGV Yongsan, Seoul, Korea Selatan jam 19:50 KST atau 17:50 WIB. 

Premiere ini mendapat sorotan dan menjadi trending topic teratas di Twitter dengan tagar #BrokerVIPpremiere. Tamu-tamu VIP yang datang antara lain V 'BTS', Lee Min Ho, Park Hyo Shin, Jisoo dan Rose 'BLACKPINK', Kim Soo Hyun, Lee Byung Hun, Im Soojung, AKMU, Lee Si Young, Kim Tae Ri, Kang Hanna, Tang Junsang, Yoo Inna, Jiyeon 'T-ARA', Lee Hyun Woo, hingga Rain. 

Bahkan, V 'BTS' rela pulang duluan dari Amerika Serikat demi menghadiri rekan dekatnya, yakni Kang Dong Won yang turut membintangi film tersebut. Banyaknya artis kenamaan Korea yang hadir di premier membuat publik bertanya-tanya, apa yang spesial dari film Broker? Dari penasaran, langsung saja simak ulasannya di bawah ini, Bela.   

1. Menerima penghargaan di Festival Film Cannes 2022

Hancinema.net

Walaupun belum dirilis ke pasaran, namun film Broker telah meraih penghargaan di Festival Film Cannes 2022, yakni Juri Ekumenis Film Terbaik. Penilaian yang diberikan salah satu juri Ekumenis untuk film ini ialah mampu memberikan ikatan keluarga, meski tidak memiliki hubungan darah. 

Kemudian, Juri Ekumenis yang terdiri dari anggota organisasi film Kristen Interfilm dan Signis memilih film Broker sebagai film terbaik dari kompetisi Festival Film Cannes 2022, dengan alasan mampu menyentuh sisi spiritual mengenai keberadaan manusia. 

Nggak hanya filmnya, tetapi aktor yang membintangi film ini juga menerima penghargaan, lho. Sebagai aktor utama, Song Kang Ho diganjar piala Best Actor berkat penampilannya. Prestasi ini menjadikan dirinya aktor Korea pertama yang meraih penghargaan di Festival Film Cannes 2022.  

"Saya sangat bersyukur dan merasa terhormat. Saya ingin berterima kasih kepada sutradara Koreeda yang merupakan seniman hebat dan rekan-rekan aktor dan aktris yang bekerja sama dalam film ini," ujar Song Kang Ho di malam penutupan Festival Film Cannes 2022. 

2. Meraih predikat standing ovation terlama

Hancinema.net

Selain menyabet penghargaan, film Broker juga menerima standing ovation atau tepuk tangan sambil berdiri dari penonton Festival Film Cannes 2022 selama 12 menit.

Kendati bukan berbentuk trofi, standing ovation film Broker berhasil menggeser 'tahta' film Thrist karya Park Chan Wook, yang rilis pada tahun 2009 sebagai film dengan tepuk tangan meriah terlama di Festival Film Cannes. 

3. IU belajar kata umpatan demi perannya

Hancinema.net

Dalam film Broker, IU memegang peranan penting sebagai So Young, seorang ibu tunggal yang meninggalkan anaknya di dalam kotak bayi. Latar belakang So Young saat terpaksa meninggalkan anaknya disampaikan dengan sempurna melalui akting mendalam IU. 

Terutama di adegan saat IU mengumpat dengan sangat keras di awal film. Di sebuah wawancara, IU membahas tentang proses yang harus ia lalu untuk mengubah kata  umpatan dalam bahasa Jepang menjadi umpatan dalam bahasa Korea. 

 "Baris di naskah film memiliki kata-kata umpatan dalam bahasa Jepang. Jadi, aku mengatakan pendapatku ke sutradara untuk mengubahnya menjadi kata-kata umpatan bahasa Korea," ucap IU. 

IU juga mengungkapkan bahwa ini pertama kalinya ia melakukan umpatan. Ia banyak berlatih di rumah untuk mendapatkan ekspresi yang pas. Beruntungnya, para pemeran lain mampu bekerja sama dengan IU saat adegan marah tersebut. Tak hanya berlatih umpatan, namun sang sutradara juga menciptakan adegan khusus untuk IU. 

Sang sutradara mengetahui IU adalah seorang penyanyi ternama Korea dan pernah menonton drama Korea, My Mister selama pandemi COVID-19. Berkat dua hal tersebut, ia membuat adegan IU menyanyikan lagu pengantar tidur untuk anaknya. Adegan ini baru ditambahkan setelah IU terpilih sebagai pemeran. 

4. Berkisah tentang perdagangan bayi

Hancinema.net

Usai membahas penghargaan dan para pemeran berkualitas, tak lengkap jika tidak mengulas alur cerita dari film Broker. Tema yang disuguhkan dalam film Broker cukup gelap, yakni tentang perdagangan bayi di Korea. 

Dikisahkan Sang Hyeon (Song Kang Jo), seorang pemilik tempat laundry sekaligus menjalankan bisnis gelap bersama temannya, Dong Soo (Kang Dong Won). Ia mengambil para bayi dari kotak adopsi yang ada di sebuah gereja dan menjual ke pasar gelap adopsi. Sang Hyeon menyebut dirinya sebagai broker dengan niatan baik. 

Suatu hari, So Young, seorang ibu muda yang ingin membuang bayinya justru melihat Sang Hyeon mengambilnya. Ia pun memutuskan untuk ikut Sang Hyeon dalam perjalanan untuk menjual sang bayi, sehingga ia tahu pemilik yang mengadopsi bayinya. 

Menyentuhnya, bayi-bayi yang hendak dijual ini membentuk ikatan kekeluargaan di antara orang dewasa yang terlibat dengannya. Meski tidak memiliki hubungan darah, tetapi ikatan di antara mereka terjalin sangat kuat dan membuat para penonton di Festival Film Cannes merasa tersentuh.  

5. Dieksekusi oleh sutradara Jepang

Hancinema.net

Film Broker yang menyita perhatian ini dibintangi oleh deretan aktor Korea berkualitas seperti Song Kang Ho, Bae Doona, Gang Dong Won, Lee Ji Eun (IU), Lee Joo Young, Kim Young Kwang. 

Namun di balik akting para pemeran, ada sosok genius nan brilian yang mengeksekusi film ini dengan sempurna, yaitu sutradara asal Jepang bernama Hirokazu Koreeda. Ia adalah maestro di dunia seni peran dan Broker merupakan karya ke-8 yang diundang ke Festival Film Cannes. 

Sebelumnya, Koreeda telah lebih dulu meraih penghargaan Palme d'Or pada tahun 2018 untuk film Shoplifters. Palme d'Or atau Palem Emas merupakan piala tertinggi yang diberikan kepada sebuah film dan sutradara dalam kompetisi utama di Festival Film Cannes. 

Koreeda mengungkapkan bahwa Broker merupakan proyek film impiannya. Lewat film Broker, ia bisa bekerja sama dengan para aktor dan aktris Korea setelah menemukan ide cerita film ini enam tahun lalu. 

6. Menerima pujian dari supermodel Bella Hadid

Magarila.com

Tampaknya, tidak hanya juri atau penonton di Festival Film Cannes 2022 yang terpukau dengan hasil dari film Broker. Bahkan, supermodel Bella Hadid memberikan pujian dan selamat ke film tersebut lewat akun Instagramnya pada 1 Juni 2022. Bella mengatakan bahwa ia tiba di Cannes, semata-mata untuk mendukung pengalaman dan menonton film Hirokazu Koreeda yang terbaru. 

"Karpet terakhir saya di Cannes semata-mata untuk mendukung, mengalami, dan menonton film Hirokazu Koreeda lainnya, yang dibintangi pemeran luar biasa, Song Kang Ho, Kang Dong Won, Bae Doona, Lee Ji Eun (IU), hingga Lee Joo Young," tulis Bella Hadid.  

Bella Hadid mengungkapkan bahwa sinematografi, musik, serangkaian emosi menyentuh dan alur cerita merupakan beberapa alasan Broker sangat menarik dan menjadi film favoritnya sepanjang masa. Ia merasa beruntung bisa hadir di Festival Film Cannes dan menontonnya secara langsung dengan deretan para pemeran yang hadir. 

Film epik ini akan ditayangkan serentak di Korea pada 8 Juni 2022 dengan durasi sekitar 2 jam 9 menit. Untuk perilisan di bioskop Indonesia belum diketahui secara resmi. Semoga saya film Broker ini dapat tayang di sini, ya, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration