Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Fakta 'Virgo and the Sparklings', Webtun Indonesia Digarap ke Drakor

Karya anak bangsa yang semakin mendunia, nih!

Ajenk Rama

Proses adaptasi webtun ke drama Korea memang sering terjadi. Namun, bagaimana jika sebuah webtun asal Indonesia diadaptasi ke tontonan asal Negeri Ginseng tersebut? Yup, tentu saja ini merupakan sebuah kabar yang membanggakan.

Virgo and the Sparklings adalah webtun Indonesia, hasil kolaborasi anak bangsa, Annisa Nisfihani dan Ellie Goh yang bakal diangkat menjadi drama Korea. Konon, popularitas webtun ini sangat tinggi di kalangan pembaca lokal dan Internasional. 

Apa yang menarik dari webtun ini? Yuk, cari tahu sekilas fakta mengenai webtun, Virgo and the Sparklings yang tengah menjadi perbincangan hangat.

1. Pernah diadaptasi ke layar perak

Berbagai sumber

Sebelum dilirik rumah produksi Korea Selatan, ternyata Virgo and the Sparklings lebih dulu diadaptasi ke layar perak alias film Indonesia yang dibintangi oleh Adhisty Zara, Rachel Florencia, Satine Zaneta, Ashira Zamita, Mawar de Jongh, Bryan Domani, hingga Rebecca Klopper.

Film Indonesia, Virgo and the Sparklings digarap oleh Ody C.Harahap dan diproduksi oleh Screenplay Bumilangit. Sementara, naskah film ditulis oleh Rafki Hidayat dan Johanna Wattimena.

2. Webtun mulai dirilis sejak lima tahun silam

Kaorinusantara.or.id

Menyusul pendahulunya berjudul Eggnoid, Virgo and The Sparklings pertama kali dirilis pada Agustus 2017 hingga Mei 2021 setiap Minggu di LINE Webtoon sebanyak 160 bab yang mengangkat tema tentang romansa, musik, dan dibumbui aksi supernatural. Pada Agustus 2022, webtun ini mempunyai 1.8 juta pembaca di Webtoon, telah dibaca 195 juta kali, dan telah dialihbahasakan ke dalam 30 bahasa.

3. Diangkat menjadi sebuah video gim

imanitasgame.com

Berdasarkan penelusuran, Virgo and the Sparklings juga pernah diangkat menjadi sebuah video gim yang diberi nama 'Virgo and the Sparklings: This is the Rhythm of My Life'. Video gim tersebut telah diluncurkan secara resmi pada Juni 2021 di sistem Android dan iOS.

Di gim ini, kamu akan diajak masuk ke dunia petualangan dari karakter Riani, Monika, dan Ussy dan memberikan kamu kebebasan untuk memengaruhi alur cerita yang membuat pemain larut dalam dunia webtun.

4. Mengisahkan ketiga perempuan muda yang unik

Berbagai sumber

Premis utama dari Virgo and the Sparklings berkisah tentang ketiga perempuan muda dengan bakat unik dan spesial. Riani, sosok yang mempunyai kemampuan sinestesia dan mampu melihat warna dari suara dan bunyi.

Riani mengajak kedua sahabatnya, Monika dan Ussy untuk membentuk sebuah band. Mereka pun tampil di sebuah kompetisi dan kompak menyembunyikan identitas dengan menggunakan topeng.

Saat mengikuti ajang pencarian bakat, mereka menemui berbagai rintangan. Tak hanya saingan kompetisi, namun ketiganya menghadapi lawan yang memiliki maksud jahat.

5. Bakal diangkat menjadi drama Korea

Webtoons.com

Pada 20 Oktober 2022, HB Entertainment merilis pernyataan resmi bahwa mereka telah menandatangani kontrak lisensi IP webtoon Indonesia, Virgo and the Sparklings dari salah satu perusahaan hiburan, yakni PT Bumilangit Entertainment Corpora.

"Saya sangat senang bisa memproduksi drama Korea mengenai pahlawan global webtun global bertema pahlawan dari timur," ujar Moon Bo Mi, selaku CEO HB Entertainment.

Menurut penuturan dari salah satu perwakilan PT Bumilangit mengungkapkan jika proses kerja sama ini adalah batu loncatan yang cukup besar bagi komikus Indonesia, karena ini pertama kalinya webtun lokal dilirik dan digarap ke drama Korea.

Wah, sebuah karya yang patut dinantikan penayangannya. Menurutmu, siapa yang bakal cocok memerankan versi Koreanya, ya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration