Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

12 Drama Korea Terinspirasi dari Kisah Nyata, Bikin Emosi Gak Karuan!

Mana yang lagi kamu tonton, nih?

Ajenk Rama

Tidak hanya terpaku pada pemilihan cast yang ciamik, tetapi drama Korea juga menarik minat penonton dengan alur kisah yang menantang. Tim produksi asal Negeri Ginseng tersebut berani mengambil jalan cerita dari kisah nyata. 

Memasukkan kisah nyata ke dalam drama Korea menjadi tantangan tersendiri bagi tim produksi, karena harus menjaga privasi korban, sekaligus menyesuaikan narasi untuk para pemain. 

Faktor ini yang membuat drama Korea dari kisah nyata mencetak rating tertinggi selama penayangan dan sukses membuat emosi penonton campur aduk. Beberapa di antaranya, masih on going untuk bisa kamu saksikan. 

Nah, apa saja drama Korea yang terinspirasi dari kisah nyata? Berikut rekomendasinya di bawah ini. 

1. Taxi Driver 2

Hancinema.net

Masih diperankan oleh Lee Je Hoon, Taxi Driver 2 telah mengudara sejak 17 Februari lalu dan terus mengalami peningkatan rating. Alur kisah Taxi Driver  season 1 dan season 2 masih berfokus pada sosok Kim Do Gi, seorang agen pasukan khusus yang menggunakan keahliannya untuk membantu orang membalas dendam. 

Dari kisah yang disuguhkan, ternyata sebagian besar kasus dalam Taxi Driver musim 1 berasal dari kehidupan nyata seperti kasus pembunuhan dan pelecahan anak di bawah umur, kasus pembunuhan berantai, kasus voice phinising, kasus The Raincoat Killer

Di musim kedua, tim produksi Taxi Driver 2 mengangkat kasus yang menarik perhatian dunia, yakni kasus NTH Room di episode pertama dan Kim Do Gi menyamar sebagai tahanan yang kabur untuk menangkap para pelaku. 

2. Move to Heaven

Hancinema.net

Mendapuk Lee Je Hoon dan Tang Jun Sang sebagai karakter utama, Move to Heaven menceritakan profesi seorang pembersih trauma. Mereka membersihkan harta benda yang ditinggalkan oleh orang terkasih. 

Serial arahan Kim Sung Ho mengangkat kisah tersebut dari buku berjudul Things Left Behind yang ditulis oleh Kim Sae-Byul, orang pertama yang melakoni profesi penghapus trauma orang meninggal. 

Bahkan, Yoon Ji Ryun selaku penulis Move to Heaven mengutarakan isi hatinya bahwa ia terharu dan sedih saat menggarap proyek ini. Ia membayangkan kehidupan orang yang telah meninggal dan saat mereka masih hidup. 

Melalui proses kreatif tim produksi dan pemain, Move to Heaven menjadi drama yang bisa menggambarkan isu sosial yang berkembang di Korea Selatan. 

3. Mouse

Hancinema.net

Memerankan karakter ambigu, Lee Seung Gi sukses mengecoh para penonton dengan imej lugu dan polosnya sebagai Polisi Jeung Ba Reum di Mouse. Drama Korea ini juga terinspirasi dari kisah nyata di tahun 2017 silam. 

Kasus pembunuhan Sekolah Dasar Incheon menuntun tim produksi untuk menggarap drama Korea, Mouse. Sosok psikopat yang membunuh seorang anak kecil tanpa rasa bersalah membuat Choi Ran, penulis skenario geram. 

Hingga, episode akhir dari Mouse dibuat impas. Karakter Lee Seung Gi dibuat merasa bersalah atas tindakan pembunuhan dan kesalahannya ditembus dengan mematikan karakter tersebut. 

4. The Red Sleeve

Hancinema.net

Memasangkan Lee Jun Ho dan Lee Se Young, The Red Sleeve mengisahkan hubungan cinta menyayat hati antara seorang pelayan pengadilan muda bernama Seong Deok Im (Lee Se Yong) dengan putra mahkota, Yi San (Lee Jun Ho). 

Kisah romansa beda status ini berangkat dari kisah nyata Raja Jeongjo, penguasa ke-22 Dinasti Joseon. Berdasarkan catatan sejarah, Seong Deok Im menjadi selir dengan gelar Seong Ui Bin. 

Terlepas dari perbedaan kasta, mereka berusaha mempertahankan cinta sambil mencoba memperjuangan negara. Cinta mendalam Raja Jeongjo kepada selir Seong Ui Bin tidak bertahan lama. 

Dari catatan sejarah, sang selir meninggal tidak lama setelah menikah dengan sang Raja. Keturunan dari Seong Ui Bin pun meninggal dalam usia belia. Pasca meninggal Seong Ui Bin, Raja Jeongjo melewati masa berkabung cukup lama dan menjadikan kediaman sang kekasih sebagai tempat kerjanya.

5. Hymn of Death

Hancinema.net

Berlatar belakang zaman pendudukan Jepang di Korea, drama Korea lawas berjudul Hymn of Death menceritakan kisah Yoon Shim Deok (Shin Hye Sun), seorang mahasiswi yang bertemu dan jatuh hati dengan penulis naskah drama, Kim Woo Jin (Lee Jong Suk). 

Mirisnya, Woo Jin telah menikah dengan perempuan pilihan ayahnya. Hal itu membuat hati Shin Deom hancur dan memutuskan untuk kembali ke Jepang. Meski terpisah jarak, cinta keduanya tidak terelakkan. 

Mereka dipertemukan kembali setelah lima tahun berpisah dan memilih untuk saling bergantung satu sama lain. Hubungan romansa antara seorang Soprano dan Sastrawan Korea ini terinspirasi dari kisah nyata yang terjadi di tahun 1920-an. 

6. My Wife is Having an Affair This Week

Soompi.com

Dibintangi Lee Sun Kyun dan Song Ji Hyo, My Wife is Having an Affair This Week bercerita tentang sepasang suami-istri yang rumah tangganya berada di ujung tanduk. Sang istri ketahuan oleh suaminya berselingkuh dengan laki-laki idaman lain dan sang suami tidak tahu harus melakukan apa. 

Drama lawas tersebut merupakan hasil adaptasi dari serial Jepang, yang ternyata berasal dari kisah nyata. Salah satu anggota forum di media sosial mengunggah pertanyaan 'My Wife is Having an Affair This Week, What Should I Do?'

Berawal dari unggahan tersebut, tim produksi drama tertarik untuk mengangkat kisah anonim ini ke layar kaca. Buat kamu merasa relate dengan kehidupan pasutri ini, bisa menjadi alternatif untuk menontonnya, lho. 

7. The Glory

Hancinema.net

Tahun 2023, The Glory yang diperankan oleh Song Hye Kyo dan Lee Do Hyun ini berhasil menyita perhatian penikmat drama Korea. Secara umum, kisah The Glory tak jauh berbeda dengan drama Korea lain yang mengangkat isu perundungan di sekolah. 

Namun, kisah nyata di balik aksi balas dendam Moon Dong Eun (Song Hye Kyo) menjadi titik balik kesuksesan The Glory. Kisah nyata perundungan yang mengerikan itu terjadi 5 tahun silam dan menimpa seorang siswi. 

Siswi tersebut dibakar dengan alat catokan rambut dan para pelaku melukai bagian sensitif korban dengan peniti. Kejinya, para pelaku juga merampas uang siswi tersebut. Meski sang pelaku perundungan ditangkap sehari setelah insiden, namun tetap saja aksi tersebut meninggalkan trauma mendalam bagi korban.   

8. Bachelor's Vegetable Store

Twitter.com/francejcw

Tayang perdana sekitar 12 tahun silam, Bachelor Vegetable Store menjadi salah satu drama Korea lawas yang dibintangi Ji Chang Wook. Di drama ini, sang aktor berlakon sebagai Han Tae Young. 

Han Tae Young digambarkan sebagai seorang pemuda putus asa yang mencari nafkah dengan menjual sayuran demi menghidupi saudara dan sang nenek. Ia menyewa dan membuat toko sayur kecil. Tak disangka, toko sayur tersebut malah sukses besar. 

Usut punya usut, alur cerita dari drama ini terinspirasi dari kisah nyata, yang tertuang di sebuah buku berjudul sama. Lee Young Seok, sosok penjual sayur tersebut. Di tahun 1988, ia mengubah toko sayur kecilnya menjadi gerai Nasional dengan total 33 toko di seluruh Korea Selatan. 

9. Crash Landing on You

Hancinema.net

Drama yang mempertemukan Son Ye Jin dan Hyun Bin ini, ternyata juga diangkat dari kisah nyata. Yup, adegan ikonik Yoon Se Ri yang terdampar di Korea Utara pasca insiden paragliding merupakan kejadian nyata di tahun 2008. 

Kejadian nyata itu menimpa salah satu aktris Korea Selatan, yakni Jung Yang. Ia tersesat di perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara saat berada di atas perahu. Kala itu, situasi cuaca sangat berkabut dan ia diselamatkan oleh tim dari Korea Selatan. 

Bedanya, tim produksi Crash Landing on You menambahkan bumbu romansa di dalamnya dengan menghadirkan Kapten Ri (Hyun Bin) yang menolong Se Ri dan akhirnya jatuh cinta kepadanya. 

10. Empress Ki

Pinterest.com

Drama Korea, Empress Ki yang dilakoni oleh Ha Ji Won dan Ji Chang Wook juga diangkat dari kisah nyata. Dalam drama, alur cerita mengisahkan kehidupan dan masa Empress Ki yang terkenal.

Terlahir dari keluarga pejabat bawah, Ki Seung Yang remaja dipersembahkan oleh Kerajaan Goryeo ke dinasti Yuan di Tiongkok. Ki Seung Yang naik pangkat dari pelayan istana, selir, dan akhirnya menjadi Permaisuri. 

Ki (Ha Ji Won) menikah dengan Toghon Temur (Ji Chang Wook), seorang Raja dari Dinasti Yuan. Namun, Ki tidak pernah mencintai Toghon, karena ia masih belum bisa move on dari cinta pertamanya, Wang Yoo (Joo Jin Moo). 

Berdasarkan sejarah aslinya, Ki Seung Ya adalah sosok perempuan Korea yang terkenal hebat dan bijaksana. Di sisi lain, ia juga memiliki sifat yang licik. Bahkan, Ki mempunyai reputasi buruk di Goryeo, kampung halamannya. 

11. Hwarang

Soompi.com

Hwarang menjadi salah satu drama Korea yang bertabur bintang ternama. Mulai dari Choi Minho 'SHINee', Park Seo Joon, Park Hyung Sik, V 'BTS', Do Ji Han, hingga Go Ara. Drama ini mengambil latar belakang di era Goryeo yang berkisah tentang sekelompok laki-laki tampan. 

Mereka menjalani pendidikan di pusat pelatihan bernama Hwarang. Mereka berasal dari keluarga berpangkat tinggi yang fasih dalam ilmu filsafat, agama, seni, sampai bela diri. Kendati kisah cinta di antara pemain adalah fiksi, tetapi pusat pelatihan Hwarang memang benar adanya di masa itu di Korea Selatan. 

12. Miss Ripley

Soompi.com

Terinspirasi dari novel karangan Patricia Highsmith berjudul Talented Mr Ripley, Miss Ripley mengangkat kisah seorang profesor perempuan bernama Jang Mi Ri (Lee Da Hee). Ia berhasil kabur dari Jepang ke Korea Selatan dan bertemu dengan dua laki-laki bernama Jang Myung Hoon (Kim Seung Woo) dan Yootaka (Park Yoo Chun). 

Jang Mi Ri berprofesi sebagai di Universitas Dongguk, sekaligus Kepala Kurator Seni di Sungkok Art Museum. Berjalannya waktu, dua laki-laki itu jatuh hati ke Jang Mi Ri. Namun tak disangka, sosok perempuan yang disukainya merupakan penipu ulung. 

Jang Mi Ri  memalsukan identitas demi bisa bekerja. Akibat tindakan tidak profesionalnya itu, ia dipenjara selama 18 bulan. Tak hanya itu, ia juga terlibat romansa dengan ajudan Presiden yang bertanggung jawab dalam menerimanya untuk bekerja. 

Nah, itulah deretan drama Korea yang terinspirasi dari kisah nyata dengan genre beragam. Apakah kamu juga mengetahui kisah nyata di balik alur cerita drama Korea di atas, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration