Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tips Meletakkan Akuarium di dalam Rumah Menurut Feng Shui

Bikin rumah kamu makin cantik, lho!

Aisyah Banowati

Dalam feng shui, ada banyak simbol yang melambangkan kekayaan, kemakmuran, serta keberuntungan. Salah satunya, kehadiran ikan yang dipercaya membawa keberuntungan dan kelimpahan kekayaan. Dari beragam jenis ikan, ada beberapa jenis ikan yang dipercaya mampu membawa keberuntungan, yaitu ikan koi, ikan arwana dan ikan mas. 

Ikan dikaitkan erat dengan energi air yang memiliki sifat misterius, tidak diketahui, serta membawa kehidupan. Dengan memelihara ikan, dipercaya akan mendatangkan energi positif dan keberuntungan ke dalam rumah. 

Bagi kamu yang tidak memiliki lahan khusus untuk membuat kolam, akuarium dapat menjadi pilihan yang tepat. Inilah tips meletakkan akuarium di dalam rumah menurut feng shui.

1. Memahami simbol ikan dalam akuarium

dekoruma

Ikan yang dikaitkan dengan simbol kemakmuran dan kekayaan memiliki legendanya masing-masing. Salah satunya, ikan mas yang akan membawa energi positif, bagi kamu yang memeliharanya. 

Menurut legenda, ikan mas adalah ikan yang kuat dan berani melawan arus, sampai akhirnya ia tiba di depan gerbang Sungai Kuning yang disebut sebagai Gerbang Naga. Ketika ia membuat lompatan, ikan mas berubah menjadi naga. Sama seperti manusia, jika ia gigih dan berusaha, maka kebahagiaan dan kesuksesan akan menghampirinya.

2. Memahami simbol elemen air di dalam akuarium

www.halodoc.com

Tips meletakkan akuarium di dalam rumah menurut feng shui adalah, perlunya memahami makna dari simbol elemen air. Akuarium memiliki unsur elemen air yang dipercaya mampu membawa energi positif, keberuntungan, serta kemakmuran. Agar energi positif selalu hadir di dalam rumah, pastikan air dalam akuarium bersih dan terawat, ya!

3. Menaruh akuarium pada lokasi yang tepat

aquariumsi.com

Dalam feng shui, kamu perlu meletakkan akuarium pada lokasi yang tepat, sehingga mampu membawa energi positif dan keberuntungan. Ada beberapa lokasi yang bisa kamu jadikan pilihan saat akan meletakkan akuarium, di antaranya: 

  • Di dekat pintu masuk, meletakkan akuarium di dekat pintu masuk akan membawa kemakmuran, kekayaan dan keberuntungan ke dalam rumah.
  • Di dalam ruang kerja, hal ini akan mengalirkan energi positif di dalam ruangan dan membuat kamu lebih produktif lagi. 
  • Ruang keluarga, dengan meletakkan akuarium di ruang keluarga dipercaya dapat menciptakan keharmonisan.

Untuk kamu yang sudah menikah, kamu perlu menghindari penempatan akuarium di dalam kamar. Hal ini dipercaya dapat merenggangkan hubungan kamu dengan pasangan, karena air membawa elemen dingin.

4. Menaruh jenis ikan yang tepat

99.co

Salah satu tips meletakkan akuarium di dalam rumah menurut feng shui, adalah dengan menaruh jenis ikan yang tepat ke dalam akuarium. Dalam feng shui, ada beberapa jenis ikan yang akan membawa keberuntungan, yaitu ikan koi, ikan arwana dan ikan mas. 

Ikan yang berwarna emas lebih diutamakan, karena warna emas melambangkan kekayaan dan keberuntungan. Jika kamu tidak menemukan ikan yang berwarna emas, ikan berwarna merah dapat menjadi alternatif pilihan.

5. Menaruh ikan dalam jumlah yang tepat

bukakamus.com

Dalam feng shui, menaruh ikan ke dalam akuarium memerlukan jumlah yang tepat. Setiap jumlah ikan memiliki maknanya tersendiri. Menaruh dua ekor, dapat melambangkan energi Yin dan Yang. Tiga ekor, artinya adalah awal baru dalam membangun keluarga yang harmonis. 

Lima ekor, melambangkan keseimbangan hidup berdasarkan lima elemen energi, yaitu api, air, logam, bumi dan kayu. Jumlah ikan yang direkomendasikan dalam feng shui adalah sembilan. Kamu bisa menaruh delapan ekor ikan berwarna emas atau merah, serta satu ekor ikan hitam. Dalam feng shui, ikan hitam akan menyerap energi negatif di dalam rumah.

6. Menyeimbangkan lima elemen dalam akuarium

news.kkp.go.id

Tidak hanya rumah yang memerlukan keseimbangan lima elemen energi dalam feng shui. Akuarium juga perlu memerlukan keseimbangan. Kamu bisa menaruh hiasan yang terbuat dari logam untuk menyeimbangkan elemen logam. Untuk elemen tanah, kamu bisa menambahkan kerikil atau bebatuan di dasar akuarium.

Dengan menjaga kualitas dan kebersihan air, kamu sudah memenuhi elemen air. Untuk elemen kayu, bisa kamu tambahkan tanaman air atau tanaman palsu. Elemen api, dapat terpenuhi dengan menambahkan cahaya berwarna merah di dalam akuarium. 

7. Menjaga akuarium

Unsplash/VIKRAM MUDALIAR

Terakhir, tips meletakkan akuarium di dalam rumah menurut feng shui, adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan ikan kamu. Pisahkan ikan yang sakit agar tidak menulari ikan yang lain. 

Kamu juga perlu menjaga kebersihan akuarium dengan rajin membersihkannya. Kamu bisa memasang filter pembersih di dalam akuarium agar air bersih dari kotoran. Dengan akuarium yang bersih dan terawat, serta ikan yang sehat, akan membawa energi positif ke dalam rumah.

Itulah tips meletakkan akuarium di dalam rumah menurut feng shui. Selain membawa energi positif, meletakkan akuarium di dalam rumah dapat mempercantik interior rumah. Jadi, jangan ragu untuk memelihara ikan di dalam akuarium, ya! 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration