Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Segera Comeback, Ini Deretan Lagu BIGBANG Paling Populer Sejak Debut

Ada video musik yang menembus 500 juta penayangan

Aisyah Banowati

Siap-siap tandai kalender kamu! BIGBANG telah mengumumkan tanggal comeback pertama mereka setelah hiatus lebih dari empat tahun. Dipimpin oleh G-Dragon, BIGBANG yang turut beranggotakan T.O.P, Taeyang dan Daesung telah melangsungkan debut sejak 2006. 

Terakhir kali, mereka merilis lagu “FLOWER ROAD” pada tahun 2018, yang sengaja didedikasikan untuk VIP (sebutan untuk penggemar BIGBANG) sebagai tanda perpisahan karena hiatus, sebab anggota BIGBANG harus menjalani wajib militer.

Berbagai Sumber

Melansir dari Soompi, YG Entertainment secara resmi mengumumkan tanggal comeback BIGBANG, pada 5 April 2022 pukul 00.00 KST atau 22.00 WIB. Teaser pertama pun telah dirilis melalui media sosial resmi milik BIGBANG. 

Kabar mengejutkan ini tentu disambut baik oleh VIP, hingga menjadi trending topic di Twitter. Sambil menunggu grup yang disebut sebagai King of K-pop ini comeback, yuk, kembali kita dengarkan deretan lagu populer BIGBANG sejak mereka debut.

1. “Haru Haru” - 2008

Tergabung dalam album mini ke-3 milik BIGBANG, Stand Up, "Haru Haru" dianggap sebagai salah satu lagu paling berpengaruh di industri musik pop Korea Selatan. Menjadi salah satu lagu BIGBANG yang paling populer, video musik "Haru Haru"  telah ditonton lebih dari 164 juta kali di YouTube. Di sisi lain, versi Jepang lagu ini masuk ke dalam album Great Hits ketiga BIGBANG, The Best of Big Bang (2011) dan Alive (2012).

2. “FANTASTIC BABY” - 2012

Mencampurkan unsur EDM dan hip hop, “FANTASTIC BABY” diakui oleh majalah Billboard sebagai salah satu hit K-pop terbesar yang pernah ada. Disutradarai oleh Seo Hyun Seung, klipnya sendiri adalah MV pertama grup K-pop yang melampaui 200 dan 300 juta penayangan di YouTube.

3. “BLUE” - 2012

Terinspirasi dari hubungan kandas milik salah satu anggota BIGBANG, “Blue” masuk ke dalam jajaran lagu dalam mini album BIGBANG, Alive. Liriknya yang mendalam ditulis langsung oleh leader grup mereka, G-Dragon, serta pengambilan gambar dilakukan di kota New York.

4. “Bae Bae” - 2015

Rilis di bawah label rekaman YG Entertainment, “Bae Bae”  ditulis dan diproduseri oleh Teddy, G-Dragon dan T.O.P. Hanya memerlukan waktu dua hari, lagu “BAE BAE” berhasil terjual lebih dari 200 ribu kopi digital di Korea Selatan.

Penggarapan video musik “Bae Bae” dikerjakan oleh Seo Hyun Seung yang juga menyutradarai "FANTASTIC BABY". Menyajikan genre hip hop dengan melodi yang emosional, inspirasi lagu “Bae Bae” didapatkan G-Dragon saat mengunjungi sebuah museum yang menampilkan karya Francis Bacon, seorang pelukis Inggris kelahiran Irlandia.

5. “Let's Not Fall In Love” - 2015

Comebacknya terus ditunggu-tunggu oleh penggemar, lagu “Let's Not Fall In Love” berhasil meraih all kill dengan merajai berbagai tangga lagu berbeda di Korea Selatan.

Seperti judulnya, “Let's Not Fall In Love” menceritakan hubungan kekanak-kanakan antara perempuan dan laki-laki, kemudian si laki-laki tidak berniat menjalin hubungan lebih lanjut dan bersumpah tidak akan jatuh cinta dengan si perempuan.

6. “IF YOU” - 2015

Anggota BIGBANG mengakui, bahwa lagu “IF YOU” merupakan salah satu lagu yang terasa paling tenang, sekaligus paling menyedihkan yang pernah dibawakan oleh BIGBANG.

Leader BIGBANG, G-Dragon membebaskan para anggotanya untuk berekspresi dengan lagu ini, menjadikannya lagu yang benar-benar menyentuh hati. Masuk ke dalam jajaran lagu dalam album MADE Series-D, “IF YOU” berhasil menduduki posisi puncak di delapan tangga musik berbeda, termasuk Melon, Mnet dan Genie.

7. “LOSER” - 2015

Sudah lebih dari lima tahun sejak perilisannya, makna lagu “LOSER” tampaknya masih relevan hingga kini. “LOSER” menggambarkan tentang seseorang yang kelihatan tegar, namun sebenarnya merasa kesepian.

Dalam sebuah wawancara, G-Dragon menjelaskan bahwa lagu ini merupakan upayanya untuk memanusiakan grup, BIGBANG ingin menunjukkan bahwa idol grup hanyalah manusia biasa yang kadang merasa terluka. Klip “LOSER”  telah ditonton lebih dari 235 juta kali penayangan di YouTube.

8. “Bang Bang Bang” - 2016

Masuk ke dalam jajaran lagu dari seri A album MADE, video musik lagu “Bang Bang Bang” telah ditonton lebih dari 500 juta kali di YouTube resmi BIGBANG. Menyuguhkan lagu dengan musik EDM yang kental, “Bang Bang Bang” hadir untuk mengguncang lantai dansa dengan penuh energi.

9. “LAST DANCE” - 2016

Tampaknya tahun 2016 menjadi salah satu tahun keemasan untuk BIGBANG. Bagaimana tidak? Hampir seluruh lagu dalam album MADE menduduki puncak tangga lagu digital.

“LAST DANCE” ditulis sendiri oleh G-Dragon, T.O.P dan Taeyang ini bernuansa ballad dengan sentuhan R&B. Memiliki lirik lagu yang cukup pedih, “LAST DANCE”  menceritakan tentang perpisahan sekaligus penantian.

10. “FXXK IT” - 2016

Masih tergabung dalam album MADE, “FXXK IT” merupakan salah satu lagu dengan genre electronic hip hop milik BIGBANG. Liriknya ditulis oleh Teddy, G-Dragon dan T.O.P, berisi tentang seseorang yang mencoba melepaskan kekhawatirannya dengan perempuan yang disukainya.

Tidak mengejutkan mengetahui fakta bahwa lagu ini berhasil menduduki puncak Gaon Digital Chart selama tiga minggu berturut-turut, serta terjual lebih dari 2.500.000 unit digital di Korea Selatan, mengingat lagunya yang benar-benar membuat candu.

Itulah deretan lagu BIGBANG paling populer yang bisa kamu nikmati sembari menunggu comeback mereka. Telah memberikan warna berbeda pada industri musik Korea Selatan hingga dunia, comeback BIGBANG layak ditunggu.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration