Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Rekomendasi Film & Drama Ini Bikin Kamu Belajar Budaya Korea

Bikin belajar jadi asyik dan nggak ngebosenin

Aisyah Banowati

Hampir semua negara dari seluruh belahan dunia tengah menggemari K-pop dan Kdrama. Popularitas industri media hiburan dari Negeri Gingseng ini tampaknya sedang memasuki masa keemasan. Tidak hanya populer, jajaran musisi dan film yang mereka hasilkan pun sejajar dengan para musisi dan film dunia lainnya. 

Melihat popularitas K-pop dan Kdrama di Indonesia, tidak jarang banyak orang yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai kebudayaan Korea Selatan. Mulai dari sejarah, budaya hingga bahasa, dapat dengan mudah dipelajari melalui internet. 

Belajar akan lebih menyenangkan jika menggunakan media yang tepat, untuk kamu yang tertarik belajar kebudayaan Korea Selatan melalui film dan drama, inilah rekomendasi drama untuk kamu dari Zenius Education.

1. The King’s Letter

mydramalist.com

Pemain: Song Kang Ho, Park Hae Il, Jeon Min Seon

Genre: Drama, sejarah

Durasi: 110 menit 

Tahun tayang: 2019 

Dalam sejarah Korea, ada Raja Sejong yang begitu berjasa dalam menciptakan hangeul atau alfabet asli Korea menggantikan hanja. Film The King’s Letter menceritakan betapa beratnya usaha Raja Sejong untuk menciptakan hangeul. Dalam usahanya, Raja Sejeong sering kali menemui kesulitan dan halangan. Buah kegigihannya, Raja Sejeong berhasil memperkenalkan 28 abjad baru kepada rakyat Korea, agar dapat membaca dan menulis dengan lebih mudah. 

2. A Resistance

koreanfilm.or.kr

Pemain: Go Ah Sung, Kim Sae Byuk, Kim Ye Eun

Genre: Drama sejarah

Durasi: 105 menit

Tahun tayang: 2019

Untuk kamu yang suka menyelami sejarah Korea Selatan, A Resistance wajib ditonton. Diadaptasi dari kisah nyata, A Resistance berlatar saat pendudukan Jepang di Korea.

Saat Korea sedang memperjuangkan kemerdekaannya, ada seorang aktivis perempuan yang senang membagikan ilmunya kepada masyarakat setempat.

Akibatnya, dirinya harus ditangkap dan dikirim ke penjara Seodaemun, sejak saat itu kebebasannya dikerangkeng. Namun, di sisi lain dirinya tidak pernah menyerah kepada penindas.

3. Mr. Sunshine

ione.net

Pemain: Lee Byung Hun, Kim Tae Ri, Yoo Yeon Seok

Genre: Melodrama, romansa

Episode: 24 episode

Tahun tayang: 2019

Eugene Choi (Lee Byung Hun) adalah seorang tentara yang jatuh cinta dengan Go Ae Shin (Kim Tae Ri), anak perempuan dari keluarga terpandang yang juga seorang pasukan rahasia. Kisah dalam drama ini akan terpusat pada kisah percintaan tokoh utamanya, seorang tentara dan pasukan rahasia yang saling jatuh cinta. Namun, sejarah perjuangan rakyat Korea saat melawan penjajahan Jepang sangat kental. Terinspirasi dari kisah nyata, drama ini akan menambah wawasan dan gambaran saat Korea sedang dijajah Jepang. 

4. Sky Castle

www.viu.com

Pemain: Yum Jung Ah, Lee Tae Ran, Yoon Se Ah

Genre: Keluarga, psikologi, satir, misteri

Episode: 20 episode

Tahun tayang: 2018-2019

Sky Castle bercerita mengenai sekelompok orangtua dan anak-anak yang tinggal di komplek elit bernama Sky Castle. Semua yang tinggal di sini hanya para dokter dan profesor lulusan 3 universitas terbaik di Korea, yaitu Seoul National University (SNU), Korea University dan Yonsei University. 

Drama ini menggaet banyak penonton berkat isu-isu yang diangkat, terutama mengenai sistem pendidikan di Korea Selatan yang sangat kompetitif. Dengan alur yang sulit ditebak, kamu dapat merasakan sulitnya bersaing dan beratnya tekanan yang harus dihadapi para pelajar di Korea Selatan.

5. Reply 1994

www.viu.com

Pemain: Go Ara, Jung Woo, Yoo Yeon Seok, Kim Sung Kyun

Genre: Komedi, romansa

Episode: 21 episode

Tahun tayang: 2013

Untuk yang penasaran bagaimana kehidupan mahasiswa Korea Selatan, Reply 1994 akan menjawab seluruh pertanyaan kamu. Mengambil latar di tahun 1994, Reply 1994 menceritakan sekelompok mahasiswa yang merantau ke kota untuk kuliah.

Berbagai kisah mulai dari bahagia, lucu dan sedih akan mewarnai persahabatan para mahasiswa ini. Tontonan ini juga cocok untuk kamu yang ingin bersantai sejenak, dari drama beralur cerita berat yang penuh misteri. 

Itulah deretan film dan drama Korea yang wajib kamu tonton, terutama untuk kamu yang tertarik mempelajari budaya dan kehidupan di Korea Selatan. Dengan beragam latar dan genre, film atau drama Korea mana nih, yang paling buat kamu tertarik? 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration