Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bacaan dan Manfaat Doa Syukur Nikmat yang Mudah Dihafal

Dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

Aisyah Banowati

Tubuh yang sehat, hati yang tenang, rezeki yang cukup adalah sedikit dari banyaknya nikmat yang diberikan Allah SWT. Jika diberi kenikmatan, sudah sepatutnya kita bersyukur, bukan?

Pada surat Ibrahim ayat 7 dijelaskan jika kita bersyukur maka Allah SWT akan menambah nikmat dan karunia-Nya. 


وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

Wa iz ta`azzana rabbukum la`in syakartum la`azidannakum wa la`ing kafartum inna 'azabi lasyadid

Artinya: "Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan, 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih'".

Cara bersyukur

pexels.com/rodnae-prod

Sebagai umat muslim, biasakan diri untuk mengucap “Alhamdulillah” baik secara lisan atau diucapkan di dalam hati saat merasa berterima kasih. “Alhamdulillah” mengandung makna ‘Segala Puji Bagi Allah’, kalimat ini berasal dari bahasa Arab yang kini telah masuk ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Ada banyak cara untuk bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT. Pertama-tama, sebagai umat-Nya kita menyadari sepenuhnya bahwa nikmat yang kita rasakan saat ini adalah anugerah dan kemurahan ilahi. Dengan bersyukur, hati akan terasa tenang sebab kita terbiasa untuk memaknai segala sesuatu dengan positif. 

Doa syukur nikmat

pexels.com/rodnae-prod

Selain mengucap “Alhamdulillah”, ada juga doa syukur nikmat yang bisa kamu baca dan amalkan sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada Allah SWT.

1. Doa syukur

اَلحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئ ُمَزِيْدَهُ

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin khamdan katsira yuwafi ni’amahu wa yukafiu mazidahu.

Artinya: “Segala puji Allah Tuhan semesta alam, pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmat-Nya dan menjamin tambahannya."

2. Doa bersyukur ketika mendapatkan rezeki

 يَا غَنِيُّ يَا حَمِيْدُ يَا مُبْدِئُ يَا مُعِيْدُ يَا رَحِيْمُ يَا وَدُوْدُ اَغْنِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَاكْفِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاك‌َ

Ya ghaniyyu ya hamidu ya mubdiu ya mu'idu ya rahimu ya wadudu, aghnini bihalalika 'an haramika wakfinii bifadllika 'amman siwaka.

Artinya: "Wahai Dzat Yang Maha Kaya, wahai Dzat Yang Maha Terpuji, wahai Dzat Yang Menciptakan makhluk dari permulaan, wahai Dzat Yang Maha Penyayang, wahai Dzat Yang Maha Kasih, kayakanlah diriku dengan yang halal dari yang haram, dan cukupilah diriku dengan anugerah-Mu dari pemberian selain dari diri-Mu."

3. Doa syukur nikmat Allah SWT

Surat An-Naml Ayat 19

فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّن قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَدْخِلْنِى بِرَحْمَتِكَ فِى عِبَادِكَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Fa tabassama dahikam ming qauliha wa qala rabbi auzi'ni an asykura ni'matakallatī an'amta 'alayya wa 'ala walidayya wa an a'mala salihan tardahu wa adkhilni birahmatika fi 'ibadikas-salihin

Artinya: "Maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: 'Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh'."

4. Doa syukur nikmat setiap hari

islamic-center.or.id

Allahumma anta khalaqta nafsi wa anta tawaffaha laka mamatuha wa mahyaha in ahyaytaha fahfazha, wa in amattaha faghfir laha allahumma inni as’alukal ‘afiyah.

Artinya: “Ya Allah, Engkau telah menciptakan jiwaku, dan Engkau juga yang akan mengambilnya. Mati dan hidup jiwa ini adalah milik-Mu. Jika Engkau memberikan nyawa pada jiwa itu, tolong jagalah. Tapi jika Engkau cabut nyawa itu, tolonglah ampuninya. Aku memohon pada-Mu keselamatan (agama dan duniaku).”

5. Doa syukur telah diberikan kesehatan

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي ذَهَبَ بِالنَّهَارِ وَجَاءَ بِاللَّيْلِ سَكَنًا نِعْمَةً مِنْهُ وَفَضْلًا ، اللَّهُمَّ اجْعَلْنَا لَكَ مِنَ الشَّاكِرِينَ الْحَمْدُ اللَّهِ الَّذِي عَافَانِي فِي يَوْمِي هَذَا فَرُبَّ مُبْتَلًى قَدِ ابْتُلِيَ فِيمَا مَضَى مِنْ عُمْرِي ، اللَّهُمَّ عَافِنِي فِيمَا بَقِيَ مِنْهُ وَفِي الْآخِرَةِ وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Alhamdulillahil ladzi dzahaba bin nahar wa jaa bil laili sakanan ni'matan minhu wa fadhlan. Allahummaj'alna laka minasy syakirin. Alhamdulillaahil ladzi 'afani fi yaumi hadza farubba mubtalan qad ibtuliya fima madla min 'umri. Allahumma 'afini fima baqiya minhu wa fil akhirati wa qina 'adzaban nar.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan siang hari dan mendatangkan malam untuk waktu beristirahat sebagai nikmat dan karunia dari-Nya. Ya Allah, jadikanlah kami termasuk golongan orang-orang yang bersyukur kepada-Mu. Segala puji bagi Allah yang telah menyehatkan aku hari ini. Telah banyak cobaan yang telah aku jalani dari umurku. Ya Allah, sehatkan aku dari sisa umurku, dan di akhirat lindungilah aku dari siksa neraka.”

Manfaat bersyukur

pexels.com/rodnae-prod

Di tengah keadaan yang sulit, mengapa kita masih tetap harus bersyukur? Dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh situs Harvard Health Publishing dijelaskan jika bersyukur dapat membantu kamu merasakan lebih banyak emosi positif, meningkatkan kesehatan, dan membantu memiliki hubungan yang kuat.

Ada banyak manfaat dari membiasakan diri untuk bersyukur, baik secara mental maupun fisik. Contohnya, dengan bersyukur kita dapat menurunkan stres, meredakan cemas, meningkatkan kebahagiaan, serta menumbuhkan perasaan positif yang membuat lebih hati tenang. 

Secara ilmiah, menurut sebuah studi di tahun 2012 yang diterbitkan dalam Personality and Individual Differences, orang yang bersyukur mengalami lebih sedikit rasa sakit dan nyeri, serta merasa lebih sehat dari orang lain—melansir dalam Psychology Today. Dalam studi lainnya dijelaskan jika bersyukur dapat membantu kamu memiliki tidur yang lebih nyenyak di malam hari.

pexels.com/thirdman

Tentunya, ada banyak jalan untuk mengungkapkan rasa syukur, salah satunya sebagai umat muslim kita dapat membaca doa syukur nikmat. Selain itu, ada beberapa cara lainnya yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengambil hikmah dari keadaan yang kita alami, mempertahankan sikap penuh harapan dan optimisme, serta menghargai apa yang telah dimiliki tanpa membandingkannya dengan orang lain. 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration