Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kilas Balik 5 Tren Paling Populer di TikTok 2022, Pernah Ikutan?

Masih ingat "DARARI dance challenge"?

Aisyah Banowati

Memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif yang tersebar di 154 negara membuat TikTok menjadi salah satu platform media sosial terpopuler tahun 2022. Diluncurkan pertama kali pada 2016, kini TikTok disebut sebagai media sosial terbaik untuk membagikan video pendek. Dalam satu hari ada lebih dari satu miliar video ditonton di TikTok. 

Ada banyak tren yang lahir dari aplikasi ini. Mulai dari video jj, musik remix, dance challenge, pargoy, hingga video pendek menggunakan filter yang mengundang tawa. Jadi, tidak mengherankan jika sebagian besar video viral berasal dari TikTok. Menjelang akhir tahun 2022, TikTok meluncurkan Year on TikTok 2022 yang merangkum tren paling populer di Indonesia. Berikut daftarnya!

1. Begini Batem

"Begini Batem" begitu viral hingga masuk sebagai salah satu rekomendasi TikTok dan nangkring di musik FYP (Four Your Page). Berdasarkan hasil pencarian pada Kamis (29/12/2022), tagar #beginibatem telah diputar sebanyak 20.3 juta tayangan di TikTok. Bahkan, jajaran artis Tanah Air seperti Ayu Ting Ting hingga Ria Ricis juga ikut tren ini, lho!

2. DARARI dance challenge

Punya musik yang easy listening bikin “DARARI” milik TREASURE viral di TikTok. Uniknya, “DARARI” bukanlah title track, namun bagian dari side-B album The Second Step: Chapter One. Selain lagunya, yang nggak kalah viral adalah DARARI dance challenge.

Gerakan yang paling populer di TikTok untuk lagu ini diciptakan oleh seorang kreator konten asal Indonesia bernama Aida Fitri dengan username @aidafi3. Bahkan, saking viralnya, gerakan ini sampai dinotice oleh anggota TREASURE. 

3. HOLA transisi

Menjadi salah satu tren yang viral di TikTok Indonesia, HOLA transisi banyak digunakan untuk transisi video pendek saat bareface hingga full makeup. Meski terlihat sulit, sudah banyak pengguna TikTok yang membagikan tutorial membuat video Hola transisi. Hingga Kamis (29/12/2022), top liked dengan kata kunci “hola transition” berhasil diraih oleh username @hellodhani dengan perolehan 128 ribu love. 

4. Filter transisi kuda

Filter transisi kuda ini sempat bikin heboh karena lucu tapi juga mengerikan buat sebagian orang. Layaknya sinetron azab, filter transisi kuda membuat wajah orang yang mengenakan efek ini berubah menjadi kuda.

Sempat menjadi bahan perbincangan di media sosial, beberapa orang berpendapat jika filter ini tak baik ditunjukkan kepada anak-anak batita, karena mereka belum mengerti sehingga bisa berakibat fatal seperti trauma karena ketakutan.

5. Bukan Main Main dance challenge

Ingin ku teriak bilang i love you
Aku cinta kamu bukan main-main
Ingin ku teriak bilang my darling
Aku sayang kamu bukan main-main oh sayangku

Mendapat respon positif dari masyarakat saat peluncurannya video clipnya pada 2011 lalu, lagu ini kembali viral di TikTok. Buat pendengarnya ingin bergoyang, lagu “Bukan Main-Main” versi remix memang candu. “Bukan Main-Main” sendiri merupakan lagu milik Adinda Band yang kerap menyuguhkan musik ska Melayu. Sudah dengar lagunya?

Bukan hanya gerakannya yang mudah dihafal, namun lagu yang easy listening membuat judul lagu di atas masuk ke dalam tren TikTok 2022. Selain itu, efek kreatif dan transisi unik juga turut meramaikan tren tahun ini. Daftar ini didapatkan berdasarkan riset internal dan analisis tren yang dilakukan dari Januari hingga Oktober 2022. Kalau kamu pernah ikut tren yang mana, nih?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration