Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

'Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji' Siap Meneror Mulai 18 Mei 2023

Kajiman akan menjadi film horor terakhir Aghniny Haque

Aisyah Banowati

Praktik pesugihan seringkali dijadikan jalan pintas bagi orang-orang yang ingin cepat mendapat kekayaan dan kekuasaan. Kabarnya, orang yang melakukan pesugihan perlu melakukan ritual tertentu, bahkan sampai harus memberikan tumbal. 

Semakin sulit tumbal yang 'mereka' minta, maka akan semakin besar pengaruh dan kekuatan yang didapatkan. Mengusung tema pesugihan, Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji, siap meneror masyarakat Tanah Air mulai 18 Mei 2023.

Catatan: Di dalam artikel ini mungkin ada gambar yang menakutkan untuk kamu!

1. Sinopsis

PR Media Team Film Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji

Asha (Aghniny Haque) baru saja kehilangan sang ibu. Ia yang merupakan seorang perawat di Poliklinik memilih untuk pindah dan menjadi perawat Ismail (Tio Pakusadewo)—seorang lansia yang sakit-sakitan—di rumahnya. Semenjak pindah, Asha mulai terusik dengan berbagai kejadian aneh yang menimpa dirinya. 

Teman dekatnya, Rama (Jourdy Pranata), kemudian membantu Asha untuk keluar dari rumah Ismail. Naas, nasib keduanya berada diujung tanduk, sebab Asha dan Rama tidak menyadari jika terjebak dalam ritual sesat pengikut Kajiman. Berkejaran dengan waktu, keduanya berusaha untuk menyelamatkan diri dari jeratan Kajiman dan teror ilmu hitam.

2. Apa itu Kajiman?

instagram.com/relatefilmsid

Menurut mitologi budaya Jawa, Kajiman adalah sosok jin dari arwah manusia yang bersekutu dengan makhluk gaib. Konon, arwah orang tersebut masih berkeliaran di dunia sebab ia ditolak saat akan memasuki alam barzah. Sosoknya akan mendekati manusia untuk dipengaruhi agar ikut aliran ilmu yang sesat. 

Untuk menciptakan sosok Kajiman, sang sutradara sekaligus penulis naskah, Adriyanto Dewo melakukan riset dengan membaca artikel dan buku. Ia sempat berencana untuk mewawancarai orang yang mengerti ilmunya, namun urung dilakukan sebab merasa ngeri sendiri.

Lewat trailer yang telah dapat disaksikan di YouTube Relate Films, terlihat jika aliran pesugihan yang diangkat dalam film ini adalah Kandang Bubrah yang diyakini berasal dari Tanah Jawa. Unsur tradisi dalam kebudayaan Jawa seperti primbon dan weton pun turut digambarkan dalam film ini. 

3. Horor yang beda

PR Media Team Film Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji

Beruntung, Popbela berkesempatan untuk menonton terlebih dahulu Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji dalam sesi Press Screening di XXI Epicentrum pada Jumat (12/5/2023) lalu. Bukan hanya menghadirkan horor yang membuat para penontonnya berteriak ketakutan, film ini berhasil menampilkan sisi tergelap manusia yang tak segan melakukan apapun untuk mendapatkan keinginannya.

Akting totalitas dari Aghniny Haque, Jourdy Pranata, Tio Pakusadewo, hingga Mian Tiara berhasil membangun suasana menjadi lebih mencekam. Lewat film ini juga untuk pertama kalinya Aghniny Haque berakting kesurupan, pelafalan bahasa Jawa kuno yang dilantunkannya berhasil membuat saya sebagai penonton merinding. 

Bahkan penonton di sebelah saya sampai berteriak dengan bahasa kasar karena terkejut dengan jumpscare yang ditampilkan. Sedikit catatan untuk kamu yang ingin menonton untuk jangan terkecoh. Sebab, film yang digodok di bawah rumah produksi Visionari Capital dan Relate Films ini punya plot twist menarik sepanjang film.

4. Proses di balik layar

instagram.com/kajimanfilm

Menampilkan banyak scene yang menggunakan teknik wide shot, penonton Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji akan mudah masuk ke dalam kengerian yang ditampilkan oleh suasana mencekam yang ditampilkan.

"Untuk syutingnya, mungkin bedanya karena saya terbiasa dengan drama ada adegan-adegan yang harus presisi secara timing, secara shot, karena kalau drama kan saya biasanya banyak intuisi dan perkembangan di lapangan. Di sini harus presisi untuk nyiptain ketegangan dari shot-shot yang akan disambung nanti waktu editing," ungkap Adriyanto Dewo selaku sutradara. 

YouTube/Relate Films

Tak disangka, ada kejadian mistis selama proses syuting yang dialami oleh Tio Pakusadewo. Dalam acara Press Conference pada Jumat (12/5/2023) lalu di XXI Epicentrum, sang aktor yang berperan sebagai sosok Ismail tersebut melihat jika salah satu replika yang digunakan sebagai properti bergerak-gerak sendiri. Namun, ia memilih untuk diam agar pemain yang lain tidak merasa ketakutan. 

5. Film horor terakhir Aghniny Haque

PR Media Team Film Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji

Bermain sebagai tokoh utama, Aghniny Haque punya kecocokan latar belakang dengan perannya sebagai Asha. Keduanya sama-sama dibesarkan oleh seorang single mom dan tumbuh dekat dengan sang ibu. 

Karena kedekatannya, mudah bagi Aghniny Haque untuk masuk ke dalam shot intimate bersama tokoh ibu serta adegan sentimental lainnya. Merasa ini merupakan best project baginya, ia bahkan tak ragu mengungkapkan jika Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji akan menjadi film horor terakhirnya. 

"Aku udah happy banget sama film Kajiman. Ini bakal jadi film horor terakhir aku. Aku ngerasa kayak film ini best project aku di genre horor. Aku nggak mau ruin (merusaknya) dengan film-film lain. Jadi ketika udah ada 2-3 tawaran film horor baru tahun ini nggak aku ambil," ungkap sang aktris asal Semarang tersebut. 

6. Best scene

YouTube/Relate Films

Telah diungkapkan oleh Jourdy Pranata jika scene saat ia dipocongi adalah saat yang lumayan challenging selama syuting. Saking takutnya, saat rehearsal ia sempat menangis. Awalnya tak ada adegan menangis saat Jourdy yang berperan sebagai Rama dikafani, namun sutradara langsung menambahkan adegan tersebut setelah rehearsal.  

Menurut Popbela, scene tersebut adalah saat paling epic dan mendebarkan. Ketegangan dan kengerian bercampur jadi satu saat melihat prosesi tersebut. Bahkan, Jourdy Pranata yang sering menerima peran sebagai sosok yang berakhir meninggal dunia merasa anxiety. Sebab, untuk pertama kalinya peran yang ia mainkan meninggal lewat sebuat prosesi (ritual). 

YouTube/Relate Films

Di sisi lain, sosok Rum (Mian Tiara) berhasil mencuri perhatian. Untuk memperlancar bahasa Jawa kuno yang diucapkannya, ia berlatih dengan seorang konsultan yang telah disediakan oleh tim produksi  

Sosok Rum adalah perempuan yang membantu Asha melewati masa sulit setelah kepergiaan sang ibu. Diperankan oleh Mian Tiara, penyanyi dan penulis lagu tersebut memandang jika Rum adalah sosok yang hidupnya kesepian.

Dibocorkan oleh Aghniny Haque, ia mengatakan jika Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji punya belasan draft sampai jadi satu naskah yang sempurna. 

"Film Kajiman ini bukan hanya film yang menakut-nakuti saja, tapi juga film yang rasanya bisa sampai rumah," tutur Perlita Desiani selaku produser. 

Penasaran dengan filmnya, Bela? Jangan lupa catat tanggalnya dan tonton di bioskop kesayangan kamu, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration