Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ingin Menanam Serai? Simak Cara Merawat Serai yang Tepat di Rumah!

Pastinya dengan perawatan yang nggak ribet

Aisyah Banowati

Serai kaya akan kandungan manfaat, biasanya tumbuhan ini digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur. Memiliki nama latin cymbopogon citratus, serai juga dikenal dengan sebagai minyak rumput. Meskipun banyak digunakan dalam masakan Indonesia, serai merupakan tanaman asli Asia Tropis, yang banyak ditemukan di India bagian selatan dan Sri Lanka. 

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, serai memiliki beragam kandungan manfaat. Antara lain, dapat meredakan demam dan meringankan sakit tenggorokan. Cara perawatan tanaman ini juga cukup mudah. Untuk kamu yang tertarik merawat tanaman serai di rumah, yuk, simak cara tepatnya di sini!

Memerhatikan media tanam

freepik.com_user22978605

Serai akan tumbuh dengan baik di tanah yang subur dan gembur. Serai mudah tumbuh pada segala jenis kontur tanah, mulai dari tanah datar, miring dan berbukit-bukit. Agar pertumbuhan baik, serai membutuhkan kelembapan udara sekitar 85 persen dengan suhu sekitar 22 derajat celcius sampai 32 derajat celcius.

Untuk pemula, kamu dapat menanam serai mulai dari bibit yang langsung di tanam di dalam tanah. Atau, kamu dapat menggunakan batang serai yang direndam air sampai menghasilkan akar. Serai yang sudah memiliki akar, dapat dipindahkan ke pot atau langsung ditanam di kebun.

Melakukan penyiraman

freepik.com_user22978605

Cara merawat serai kamu agar tumbuh dengan baik, dengan melakukan penyiraman setiap hari. Kamu dapat menyiram serai 1-2x dalam sehari, tergantung media tanam yang kamu gunakan. Jika menanamnya di dalam pot berisi air, kamu perlu mengganti air di dalam pot setiap 3-4 kali sehari.

Memerhatikan kelembapan

freepik.com

Serai menyukai tanah yang lembap, jika tanah memiliki terlalu banyak kandungan air, akan membuat serai cepat membusuk. Apabila tanah kering, hal ini akan memengaruhi akar, sehingga tidak dapat bertumbuh dengan baik. Letakkan serai di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Serai yang ditanam di dalam pot air membutuhkan waktu sekitar satu minggu sebelum tumbuh akar.

Memberi pupuk

freepik.com_bowonpat

Ketika sedang merawat serai, kamu perlu melakukan pemupukkan agar serai dapat bertumbuh dengan baik. Gunakan pupuk organik atau pupuk kandang, agar tidak mencemari lingkungan. Selain itu, lakukan penyiangan untuk mengusir gulma, agar tanaman serai tidak cepat mati. 

Itulah cara merawat tanaman serai yang tepat di rumah. Mudah, bukan? Salah satu manfaat menanam serai yaitu, dapat mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah. Karena aroma yang dikeluarkan serai tidak disukai nyamuk. Memasuki musim hujan, pas banget nih, untuk kamu yang ingin menanam serai.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration