Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bernostalgia Lewat 8 Lagu Bollywood Era Tahun 2000-an

Ada yang tembus 150 juta penayangan di YouTube

Aisyah Banowati

Bukan hanya terkenal karena industri filmnya yang besar, Bollywood juga sukses dalam industri musik dengan menghasilkan lagu-lagu hits. Mulai dari lagu Hindi klasik yang sedih, romantis, hingga lagu catchy yang membuat pendengarnya ingin segera terjun ke lantai dansa untuk menari. 

Dari waktu ke waktu, kebaruan telah membawa trend baru, salah satunya dalam industri musik. Namun, ada beberapa lagu Bollywood dari era tahun 2000-an awal yang sampai kini masih banyak didengarkan. Berikut daftarnya!

1. "Chale Jaise Hawayein" by Vasundhara Das dan K.K.

"Chale Jaise Hawayein" merupakan main soundtrack untuk film Main Hoon Na yang tayang di tahun 2004. Versi bahasa Inggris lagu ini dirilis pada tahun 2013 dan masuk ke dalam album Chale Jaise Hawayein.

Dikomposeri oleh musisi berbakat, Ameritz Indian Karaoke, sulit untuk tidak ikut menari saat mendengar lagu ini diputar. Untuk video klipnya, "Chale Jaise Hawayein" menampilkan Amrita Rao yang sedang menari dan bernyanyi bersama banyak orang.

2. "Yeh Tara Woh Tara" by Master Vignesh, Baby Pooja, dan Udit Narayan

Lagu ini berpesan untuk mencoba yang terbaik ketika Tuhan memberi kita kesempatan. Berdurasi lebih dari tujuh menit, lirik lagu yang ditulis oleh Javed Akhtar ini full menggunakan bahasa Hindi. "Yeh Tara Woh Tara" sendiri dirilis pada tahun 2004 dan tergabung ke dalam album Swades.

3. "Just Chill" by Amrita Kak, Sonu Nigam, dan Jayesh Gandhi

"Just Chill" hadir lewat film Maine Pyaar Kyun Kiya? di tahun 2005. Dikomposeri oleh  Himesh Reshammiya, lirik lagunya sendiri ditulis oleh Sameer. Selain masuk ke dalam album Maine Pyaar Kyun Kiya (2005), lagu ini juga masuk ke dalam album Dabangg milik Salman Khan yang dirilis pada tahun 2014.

4. "Soniye" by Sunidhi Chauhan dan K.K.

Digunakan sebagai official soundtrack untuk film Aksar (2006), "Soniye" dapat didengarkan di Spotify sejak 2005. Liriknya yang berbahasa Hindi ditulis oleh Sameer Anjaan dengan Himesh Reshammiya sebagai komposer.

5. "Ek Nazar Mein Bhi" by Sunidhi Chauhan dan K.K.

Dinyanyikan oleh Sunidhi Chauhan dan K.K., lagu yang dirilis pada tahun 2006 ini digunakan sebagai soundtrack untuk film Taxi Number 9211. Lirik lagunya ditulis oleh Vishal Dadlani yang kini dapat kamu nikmati di berbagai platform streaming musik online.

6. "Crazy Kiya Re" by Sunidhi Chauhan dan Ravi Khote

Menjadi salah satu soundtrack untuk film Dhoom 2 (2006), lagu yang ditulis Sameer ini cukup terkenal di pasaran. Dalam video klipnya, "Crazy Kiya Re" menampilkan model dan aktris, Aishwarya Rai Bachchan. Kehadiran Aishwarya yang energik dan berkharisma ditambah lagu yang catchy, membuat video klip "Crazy Kiya Re" ditonton lebih dari 150 juta kali di YouTube.

7. "It's Rocking" by Alisha Chinai

"It's Rocking" berasal dari album Kya Love Story Hai yang dinyanyikan oleh penyanyi terkenal, Alisha Chinai. Liriknya sendiri ditulis oleh Shabbir Ahmed dan dikomposeri oleh Pritam. Resmi dirilis pada tahun 2007, video klip "It's Rocking" telah ditonton lebih dari 22 juta kali oleh pengguna YouTube.

8. "Badal Pe Paon Hai" by Hema Sardesai

"Badal Pe Paon Hai" masuk ke dalam jajaran lagu-lagu pada album Chak De India. Dinyanyikan oleh seorang penyanyi latar, Hema Sardesai, lagunya sendiri dirilis pada Agustus 2007. Liriknya ditulis oleh Jaideep Sahni, seorang penulis lagu yang meraih penghargaan IIFA Award 2008 untuk kategori Best Story.

Liriknya yang tidak terikat oleh waktu, serta musiknya yang tidak terasa lawas menjadikan lagu-lagu ini masih populer hingga kini. Suka dengan lagunya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration