Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Inilah 10 Ayat Alquran Tentang Sabar dalam Tulisan Arab dan Latin

Sebagai penguat rasa sabar kamu

Aisyah Banowati

Sabar dapat diartikan sebagai suatu sikap menahan emosi atau keinginan dalam situasi tertentu. Mengutip pendapat Abu Ismail al Harawi dalam Kitab Manazil as-Sairin, sabar adalah menahan diri dari hal-hal yang tidak disenangi dan menahan lisan agar tidak mengeluh, serta sabar karena Allah. 

Dalam riwayatnya, Imam Bukhari juga menjelaskan mengenai sabar, "Barangsiapa yang berusaha menjaga diri, maka Allah menjaganya, barangsiapa yang berusaha merasa cukup, maka Allah mencukupinya. Barangsiapa yang berusaha bersabar, maka Allah akan menjadikannya bisa bersabar dan tidak ada seorang pun yang dianugerahi sesuatu yang melebihi kesabaran." (HR. Al Bukhari)

iStock

Allah SWT menyayangi hambanya dan senantiasa berada di dekat orang yang bersabar. Sabar dibagi menjadi tiga bagian utama, pertama adalah sabar karena pertolongan Allah SWT. Artinya, orang tersebut meyakini bahwa akan adanya pertolongan dari Allah SWT untuk orang yang bersabar. 

Kedua sabar untuk Allah SWT, adalah sabar karena rasa cintanya kepada Allah SWT. La;;u terakhir adalah sabar beserta Allah SWT, artinya sabar yang dilakukan sesuai dengan hukum Allah SWT. 

Dalam Islam, sabar adalah sikap yang harus dimiliki oleh orang yang beriman. Di dalam Alquran, kata sabar diulang sebanyak 70x, ini menandakan bahwa penting bagi seorang muslim untuk melatih rasa sabar. Untuk memperkuat keyakinan kamu tentang sabar, inilah kumpulan ayat Alquran tentang sabar beserta artinya.

1. Al Baqarah ayat 45

iStockphoto/evrimertik


وَٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى ٱلْخَٰشِعِينَ 

Wasta'iinu bis-sabri was-salaah, wa innahaa lakabiiratun illaa 'alal-khaasyi'iin 

Artinya: "Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu."

2. Surat Al Baqarah ayat 153

pixabay.com/ihmzasefaa

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِين 

Yā ayyuhallaziina aamanusta'iinu bis-sabri was-salaah, innallaaha ma'as-saabiriin 

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar."

3. Surat Al Baqarah ayat 155-156

pixabay.com

وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَىْءٍ مِّنَ ٱلْخَوْفِ وَٱلْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ ٱلْأَمْوَٰلِ وَٱلْأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِ ۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ 

Wa lanabluwannakum bisyai`im minal-khaufi wal-ju'i wa naqsim minal-amwaali wal-anfusi was-samaraat, wa basysyiris-saabiriin 

Artinya : "Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar."

ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَٰبَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوٓا۟ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيْهِ رَٰجِعُونَ 

Allaziina izaa asaabat-hum musiibah, qaaluu innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji'un 

Artinya: "(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun."

4. Surat Al Baqarah ayat 177

pixabay.com

لَّيْسَ ٱلْبِرَّ أَن تُوَلُّوا۟ وُجُوهَكُمْ قِبَلَ ٱلْمَشْرِقِ وَٱلْمَغْرِبِ وَلَٰكِنَّ ٱلْبِرَّ مَنْ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةِ وَٱلْكِتَٰبِ وَٱلنَّبِيِّۦنَ وَءَاتَى ٱلْمَالَ عَلَىٰ حُبِّهِۦ ذَوِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينَ وَٱبْنَ ٱلسَّبِيلِ وَٱلسَّآئِلِينَ وَفِى ٱلرِّقَابِ وَأَقَامَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتَى ٱلزَّكَوٰةَ وَٱلْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَٰهَدُوا۟ ۖ وَٱلصَّٰبِرِينَ فِى ٱلْبَأْسَآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَحِينَ ٱلْبَأْسِ ۗ أُو۟لَٰٓئِكَ ٱلَّذِينَ صَدَقُوا۟ ۖ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُتَّقُونَ 

Laisal-birra an tuwallụ wujụhakum qibalal-masyriqi wal-magribi wa laakinnal-birra man aamana billaahi wal-yaumil-aakhiri wal-malaa`ikati wal-kitaabi wan-nabiyyiin, wa aatal-maala 'alaa hubbihii zawil-qurbaa wal-yataamaa wal-masaakiina wabnas-sabiili was-saa`iliina wa fir-riqaab, wa aqaamas-salaata wa aataz-zakaah, wal-mufuna bi'ahdihim izaa 'aahadu, ws-saabiriina fil-ba`saa`i wad-darraa`i wa hiinal-ba`s, ulaa`ikallaziina sadaqu, wa ulaa`ika humul-muttaqun

Artinya: "Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta, dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan salat, dan menunaikan zakat, dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa."

5. Surat Ali Imran ayat 125

Freepik

بَلَىٰٓ ۚ إِن تَصْبِرُوا۟ وَتَتَّقُوا۟ وَيَأْتُوكُم مِّن فَوْرِهِمْ هَٰذَا يُمْدِدْكُمْ رَبُّكُم بِخَمْسَةِ ءَالَٰفٍ مِّنَ ٱلْمَلَٰٓئِكَةِ مُسَوِّمِينَ

Balaa in tasbiru wa tattaqu wa ya`tụkum min faurihim haazaa yumdidkum rabbukum bikhamsati aalaafim minal-malaa`ikati musawwimiin

Artinya: "Ya (cukup), jika kamu bersabar dan bersiap-siaga, dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu malaikat yang memakai tanda."

6. Surat Asy Syura ayat 43

www.freepik.com

وَلَمَن صَبَرَ وَغَفَرَ إِنَّ ذَٰلِكَ لَمِنْ عَزْمِ ٱلْأُمُورِ

Wa laman sabara wa gafara inna zaalika lamin 'azmil-umur

Artinya: "Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan."

7. Surat Az Zumar ayat 10

www.freepik.com

قُلْ يَٰعِبَادِ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ رَبَّكُمْ ۚ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا۟ فِى هَٰذِهِ ٱلدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۗ وَأَرْضُ ٱللَّهِ وَٰسِعَةٌ ۗ إِنَّمَا يُوَفَّى ٱلصَّٰبِرُونَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَابٍ

Qul yaa 'ibaadillaziina aamanuttaqu rabbakum, lillaziina ahsanu fii haazihid-dun-yaa hasanah, wa ardullahi waasi'ah, innamaa yuwaffas-saabiruna ajrahum bigairi hisaab

Artinya: "Katakanlah, "Hai hamba-hamba ku yang beriman bertakwalah kepada Tuhanmu". Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas."

8. Surat Luqman ayat 17

shiawaves.com

يَٰبُنَىَّ أَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ وَأْمُرْ بِٱلْمَعْرُوفِ وَٱنْهَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَٱصْبِرْ عَلَىٰ مَآ أَصَابَكَ ۖ إِنَّ ذَٰلِكَ مِنْ عَزْمِ ٱلْأُمُورِ 

Yaa bunayya aqimis-salaata wa`mur bil-ma'rụfi wan-ha 'anil-mungkari wasbir 'alaa maa asaabak, inna zaalika min 'azmil-umur 

Artinya: "Hai anakku, dirikanlah salat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah)."

9. Surat Al Furqan ayat 75

www.freepik.com

أُو۟لَٰٓئِكَ يُجْزَوْنَ ٱلْغُرْفَةَ بِمَا صَبَرُوا۟ وَيُلَقَّوْنَ فِيهَا تَحِيَّةً وَسَلَٰمًا

Ulā`ika yujzaunal-gurfata bimā ṣabarụ wa yulaqqauna fīhā taḥiyyataw wa salāmā

Artinya: "Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya."

10. Surat Shad ayat 17

www.khuddam.org.au

ٱصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَٱذْكُرْ عَبْدَنَا دَاوُۥدَ ذَا ٱلْأَيْدِ ۖ إِنَّهُۥٓ أَوَّابٌ

Isbir 'alaa maa yaquluna wazkur 'abdanaa daawuda zal-aiid, innahuu awwab

Artinya: "Bersabarlah atas segala apa yang mereka katakan, dan ingatlah hamba kami Daud yang mempunyai kekuatan, sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhan)."

Itulah 10 kumpulan ayat Alquran tentang sabar dalam tulisan Arab, Latin dan artinya. Dalam Alquran dituliskan bahwa, orang yang bersabar akan mendapatkan cinta dan kasih sayang dari Allah SWT, mendapatkan hasil yang terbaik sebagai bentuk imbalan dari rasa sabarnya, serta mendapatkan kedudukan yang tinggi di akhirat kelak. Semoga kamu selalu diberi kesabaran dan ketabahan setiap harinya. Aamiin.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration