Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Anti Ribet! 13 Tips Mengatur Kamar Cowok Sederhana tapi Keren

Yuk, simak tips mengatur kamar cowok sederhana tapi keren!

Aisyah Banowati

Kamar bisa menjadi tempat paling menyenangkan untuk menghabiskan waktu bagi kamu yang anak rumahan banget. Apalagi jika kamar yang kita tempati bersih dan rapi, makin betah deh berlama-lama di dalamnya.

Bukan hanya perempuan, cowok juga suka mendekorasi kamar mereka. Bedanya, jika biasanya di kamar perempuan cenderung memiliki lebih banyak barang, maka kamar cowok akan terasa lebih lapang karena hanya ada sedikit barang. Biar kamar tidur kamu terlihat estetik, berikut cara mengatur kamar cowok sederhana tapi keren. 

1. Gunakan warna cat dinding yang netral

instagram.com/thedreamsetup

Kamar tidur harus menjadi tempat terbaik untuk melepas lelah setelah seharian berada di luar rumah. Salah satu cara untuk menciptakan nuansa yang menenangkan adalah dengan memilih warna cat dinding yang tepat.

Kamar cowok sederhana tapi keren biasanya menggunakan warna netral karena mudah dipadu padankan dengan aksesoris lainnya. Jika ingin suasana yang teduh kamu dapat menggunakan warna pastel atau warna gelap untuk kesan yang lebih dramatis.

2. Atur cahaya di dalam kamar

instagram.com/3dviz_cantouch

Kamar cowok sederhana tapi keren seharusnya menjadi tempat terbaik untuk beristirahat. Jadi, penting memperhatikan pencahayaan kamar karena akan berpengaruh pada pola dan kualitas tidur. Untuk itu, para ahli menyarankan untuk menggunakan cahaya putih yang hangat atau netral untuk menciptakan kamar tidur yang menenangkan namun fungsional. 

3. Menata tempat tidur

instagram.com/3dviz_cantouch

Entah seberapa estetik dekorasi yang kamu punya, semua tidak akan menonjol jika kamar tidur berantakan. Biasakan untuk merapikan tempat tidur tepat setelah kamu bangun. Selain membuat kamar terlihat rapi, menata tempat tidur akan membantu mengusir rasa malas.

4. Manfaatkan kolong kasur

charlestoncrafted.com

Biar kamar cowok sederhana tapi keren kamu terlihat rapi, jika menggunakan ranjang kamu bisa memanfaatkan bagian kolong untuk menyimpan barang yang jarang digunakan. Gunakan kotak penyimpanan plastik agar barang yang disimpan bebas dari debu.

5. Taruh rak di samping kasur

instagram.com/thisislivingjournal

Alih-alih meletakkan meja kecil, kamu dapat menggantinya dengan rak. Memiliki peran yang multifungsi, rak kecil di samping tempat tidur memiliki beragam manfaat. Di antaranya sebagai tempat untuk menaruh buku yang kamu baca sebelum tidur, laci untuk menyimpan jam tangan atau kacamata, hingga sisi atas yang dapat digunakan untuk meletakkan ponsel agar mudah diraih.

6. Atur pakaian agar rapi

houseofwellness.com.au

Ruang kamar yang kecil akan terlihat semakin sempit saat berantakan. Sebaiknya, buang barang yang tidak lagi digunakan, kamu dapat memulainya dengan merapikan pakaian. Pisahkan pakaian yang sekiranya tidak lagi dipakai, jika masih layak kamu dapat kembali menjualnya atau menyumbangkannya.

7. Manfaatkan bagian dinding

itsoverflowing.com

Mengurangi menaruh barang di lantai akan membantu kamu memiliki kamar cowok sederhana tapi keren. Rak apung di dalam kamar dapat dimanfaatkan untuk menyimpan buku atau hiasan dinding sebagai dekorasi ruang. Sebagai tambahan, kamu dapat memasang pengait di belakang pintu untuk menggantung sesuatu. 

8. Gunakan rak pakaian

allegro.pl

Merasa sumpek menaruh lemari pakaian di dalam kamar tapi belum menemukan solusi di mana sebaiknya menyimpan pakaian? Jika memiliki masalah serupa, kamu dapat memanfaatkan rak pakaian untuk menggantung baju dan menggunakan kotak untuk menyimpan pakaian dalam. Selain terlihat rapi, rak pakaian dapat membuat kamar terlihat lebih estetik.

9. Tambahkan pegboard di dinding

instagram.com/rabch.jpg

Terlihat modern dan minimalis, pegboard berfungsi untuk menggantungkan sesuatu. Biasanya, pegboard dipasang di atas meja belajar untuk menyematkan aksesoris, foto, gunting, kacamata, hingga storage yang memiliki pengait untuk digantung. 

10. Rak sepatu di belakang pintu

remodelormove.com

Punya banyak sepatu yang berserakan di lantai? Salah satu solusi penyimpanan paling mudah adalah dengan memanfaatkan ruang kosong di belakang pintu sebagai rak. Caranya, pasang rak sepatu gantung di sisi pintu bagian belakang dan simpan koleksi sepatu kamu di sana.

11. Meja belajar multifungsi

thepioneerwoman.com

Biasanya, meja belajar diletakkan di samping tempat tidur. Pilihlah ukuran meja belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan luas kamar. Tempatkan meja dengan menempelkannya ke dinding agar terlihat rapi. Untuk menghemat ruang, kamu dapat memilih meja yang menyatu dengan lemari atau rak buku. 

12. Jangan abaikan keberadaan jendela

houzz.com.sg

Jendela adalah gerbang utama cahaya alami masuk ke dalam kamar serta pintu agar sirkulasi udara dapat bertukar dengan baik. Di dalam kamar cowok sederhana tapi keren, kamu bisa menambahkan gorden atau tirai untuk menjaga privasi. Keberadaan gorden atau tirai juga akan membantu kamu mengatur intensitas cahaya matahari yang masuk ke dalam kamar. 

13. Tambahkan cermin

homedepot.com

Menambahkan cermin di kamar cowok sederhana tapi keren akan membuat ruangan kecil terasa lebih luas karena bayangan yang dipantulkannya. Selain itu, cermin dapat menjadi dekorasi ruang yang sederhana namun elegan.

Untuk kamu yang ingin menambahkan cermin di dalam kamar, sebaiknya letakkan cermin pada dinding yang mendapat pencahayaan langsung agar cahaya dapat memantul dengan sempurna. Hal ini bertujuan untuk memberi tampilan kamar yang lebih cerah.

Itulah beberapa tips mengatur kamar cowok sederhana tapi keren biar terlihat estetik yang mudah diaplikasikan. Sudah coba dipraktikan?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration