Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Rekomendasi Drama Thailand Misteri Berlatar Sekolah, Ada Win Metawin

Terbaru 'Enigma' yang dibintangi Win Metawin

Aisyah Banowati

Rumah produksi Thailand senang membuat drama misteri dengan latar sekolah. Pemecahan konflik yang dibalut dengan berbagai situasi menegangkan berhasil menarik perhatian. Ditambah dengan jajaran aktor dan aktris—sering kali—dari kalangan Gen-Z, membuat kepopuleran drama Thailand semakin bertambah. 

Di antara bombardir judul drama dari Korea Selatan dan Tiongkok, drama Thailand pun tidak kalah seru dan menghibur. Biar nggak bingung mau mulai nonton yang mana dulu, Popbela telah merangkum berbagai judul drama Thailand yang menarik untuk ditonton. Berikut rekomendasi drama Thailand bertema misteri dengan latar di sekolah. Let's go!

1. Enigma (2023)

Genre: Horor, thriller, misteri, supernatural

Jumlah episode: 4 episode dengan durasi 45 menit/episode

Di Satrikurat School seorang murid menusuk gurunya hingga berdarah. Ketika semua orang menganggap jika itu hanya efek dari stres, Fa (Prim Chanikarn Tangkabodee) merasa ada sebuah kejanggalan. Kecurigaannya semakin bertambah ketika seorang guru yang misterius datang, Ajin (Win Metawin). 

Fa tidak pernah menyangka bahwa serangkaian kejadian misterius yang melibatkannya telah membawanya masuk ke dalam dunia yang tak pernah ia bayangkan. Rasa penasarannya membawa Fa terjebak pada bahaya yang lebih besar. Sebenarnya apa yang terjadi? Siapakah Ajin? Lantas, mampukah ia bertahan?

2. Home School (2023)

Genre: Misteri, school-life, aksi, thriller

Jumlah episode: 18 episode dengan durasi 55 menit/episode

Home School merupakan sekolah berasrama terbaik di Thailand yang terletak di tengah hutan. Untuk masuk Home School, orang tua lah, yang harus mengikuti tes. Setiap angkatan Home School hanya berisi tiga belas murid dengan satu siswa yang akan ditunjuk sebagai ketua kelas. 

Lambat laun murid Home School menyadari jika ada yang aneh dengan sekolah mereka. Punya aturan dan kurikulumnya yang aneh, murid Home School perlahan-lahan memberontak. Mereka mulai bekerja sama dan melakukan berbagai cara agar dapat pulang. Namun, ketika semuanya berhasil, kenyataan mulai menampar satu persatu.

3. The Eclipse (2022)

Genre: Misteri, fantasi, romansa, LGBT 

Jumlah episode: 12 episode dengan durasi 45 menit/episode

Suppalo terkenal dengan rumor yang mengatakan jika siswa nakal akan mendapat kutukan. Nantinya, kutukan akan semakin kuat saat gerhana matahari semakin dekat. Namun, meski peraturan sudah disusun dengan ketat, terdapat kelompok “The World Remembers” yang selalu menentang otoritas sekolah dan menuntut hak mereka. 

Suatu hari, sekolah khusus laki-laki ini kedatangan murid baru yang misterius bernama Ayan (Khaotung Thanawat Ratanakitpaisan). Sejak kedatangannya, ia terus melanggar peraturan sekolah dan menjadi incaran Akk (First Kanaphan Puitrakul) kepala prefek yang ditugaskan untuk mencegah kelompok pemberontak dan anak-anak nakal berbuat sesukanya.

4. Girl From Nowhere 1 (2018) & Girl From Nowhere 2 (2021)

Genre: Misteri, thriller, fantasi

Jumlah episode: 21 episode dengan durasi 45 menit/episode

Nanno (Chicha Amatayakul) adalah seorang gadis penuh misteri yang terus berpindah-pindah sekolah. Namun, semenjak kehadirannya, misteri kelam dan kenyataan gelap dari sekolah yang ditempatinya mulai ia dibuka satu persatu. Bukan hanya mengungkapkan kebenaran yang ada, Nanno juga dengan senang hati menghukum pihak-pihak yang bersalah.

5. The Gifted: Graduation (2020)

Genre: Fiksi ilmiah, fantasi, misteri, school-life 

Jumlah episode: 13 episode dengan durasi 55 menit/episode

Penutupan kelas Gifted membuat beberapa murid baru merasa kecewa, termasuk Time (Nattawat Finkler). Time yang menyadari bakatnya kemudian mencari cara untuk kembali membuka kelas Gifted. Ia kemudian bertemu dan bekerja sama dengan Pang serta mantan murid Gifted lainnya.  

Namun, saat ia mengetahui jika tujuannya tidak sama dengan Pang, Time memutuskan untuk berhenti membantu Pang. Di sisi lain, muncul serangan dari kelompok ‘Anti Gifted’ yang meresahkan. Ditambah mendadak anak-anak Gifted mulai sakit akibat racun yang dikembangkan oleh kementrian. 

Di tengah situasi pelik yang dihadapi murid Gifted, pengkhianatan membuat mereka tidak lagi mempercayai satu sama lain. Pang yang kembali sendirian ditampar kenyataan ketika ia mengetahui jika selama ini membantu pihak yang salah. Kini, apa yang akan dilakukan Pang? Akankan murid Gifted dapat kembali bersatu? 

6. Blacklist (2019)

Genre: Misteri, aksi, school-life, romansa

Jumlah episode: 12 episode dengan durasi 49 menit/episode

Traffic (Korapat Kirdpan) sengaja masuk ke Akeanan untuk mencari saudara perempuannya yang hilang, Fah. Dalam penyelidikannya ia dibantu Andrew (Wachirawit Ruangwiwat), Highlight (Pawat Chittsawangdee), Title (Sattabut Laedeke), Jim Bae (Kanaphan Puitrakul), dan Buntad (Thanatsaran Samthonglai).

Di tengah penyelidikan, Traffic mendapat tawaran untuk bergabung dengan kelompok bayangan rahasia bernama Blacklist. Di sini, ia dan teman-temannya mulai menyelidiki berbagai kejadian misterius. Bersama Blacklist, Traffic bukan hanya mencari Fah (Ploy Ploynarin Sornarin), namun ia juga berupaya mengungkapkan rahasia kelam Akeanan. 

7. The Gifted (2018)

Genre: Fiksi ilmiah, fantasi, misteri, school-life 

Jumlah episode: 13 episode dengan durasi 55 menit/episode

Di Ritdha High School setiap murid masuk kelas berdasarkan kemampuan masing-masing. Kelas 1 adalah tempat untuk mereka yang paling cerdas hingga kelas 8 yang diisi anak-anak nakal yang tidak mau belajar. 

Setiap siswa belajar mati-matian agar dapat menduduki peringkat atas, termasuk Pang (Korapat Kirdpan) yang berasal dari kelas 8. Tujuannya adalah masuk kelas khusus, Gifted, kelas di mana murid yang menempatinya juga diberi perlakuan khusus, melebihi kelas 1. 

Pang yang berhasil masuk kelas Gifted menyadari bahwa anak-anak Gifted sengaja dikumpulkan untuk proyek kepentingan pemerintah. Pang yang muak dengan kesenjangan di sekolahnya, mulai membuat kekacauan. 

8. ThirTEEN Terrors (2014)

Genre: Horor, misteri, thriller

Jumlah episode: 13 episode dengan durasi 30-40 menit/episode

Setiap sekolah memiliki rahasia gelapnya masing-masing. Selalu ada kisah menakutkan di sudut ruang kelas, kolam renang, ruang musik, bahkan di kamar mandi. Lewat kolaborasi bersama 13 sutradara, ThirTEEN Terrors akan menampilkan 13 cerita misteri dan horor yang menunggu untuk dipecahkan.

Wajah Korapat Kirdpan, Wachirawit Ruangwiwat, Dew Jirawat, Nani Hirunkit Changkham, hingga Vachirawit Chivaaree memang sudah sering wara-wiri di berbagai judul drama. Jadi, tak perlu heran saat menonton drama Thailand kamu akan sering melihat wajah yang sama. So, mau nonton yang mana dulu, nih?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration