Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Penjelasan Ilmiah Kenapa Kucing Suka Bermain dengan Kardus

Kucing suka bersembunyi di dalam kardus

Aisyah Banowati

Kucing suka bersembunyi, bersantai, bahkan tidur di dalam kardus. Secara umum, kucing memang menyukai kotak kardus, karena benda ini dapat menjadi ruang tertutup yang nyaman untuk mereka beristirahat. 

Menurut seorang penasehat pencegahan kekerasan pada hewan di Amerika, Stephen Zawistowski, kucing termasuk hewan cryptic atau hewan yang suka bersembunyi. Tidak mengherankan jika mereka merasa nyaman berada di tempat yang sempit. 

Selain itu, ada beberapa penjelasan ilmiah lainnya mengenai alasan kenapa kucing sangat menyukai kardus. Yuk, disimak!

1. Kucing bisa menggunakan kardus sebagai tempat bersembunyi

pawtracks.com

Secara naluriah, kucing merupakan predator penyergap yang membutuhkan tempat untuk bersembunyi dan berburu, di mana mereka merasa aman serta hangat. Kardus akan membantu mereka saat berburu mangsa dengan aman tanpa ketahuan. 

Selain itu, di dalam kardus kucing merasa memiliki zona privat yang dapat membantu mengurangi tingkat stres. Mengutip Purina, ini sangat ideal untuk kucing karena reaksi mereka terhadap situasi stres adalah dengan berlari dan bersembunyi.

2. Tempat terbaik untuk mengurangi stres dan bersantai

etsy.com/CATSINBOXESCo

Seekor kucing dapat tidur hingga 18 jam per hari, sehingga mereka memerlukan tempat yang nyaman untuk beristirahat. Kadus menawarkan kehangatan dan perlindungan, terutama bagi kucing jalanan. Di dalamnya, mereka akan terhindar dari angin malam dan ancaman predator.

3. Memiliki tekstur yang pas

thestar.com.my

Salah satu kebiasaan kucing adalah menggigit dan mencakar benda-benda. Agar cakar dan gigi tajamnya tidak merusak furniture rumah, sebaiknya beri mereka kardus. Dengan teksturnya, kucing dapat mencakar, mengunyah dan menggigit sepuasnya.

4. Kardus memberikan kehangatan

www.wired.com

Berdasarkan studi yang dilakukan NRC, suhu rumah pada umumnya adalah 22,2 derajat celsius. Ini lebih dingin dari suhu ideal kucing. Sehingga, mereka akan mencari tempat yang hangat.

Kardus bergelombang (corrugated fiberboard) adalah pilihan yang tepat. Ruang kecil dalam kardus yang tertutup bisa menjaga panas dengan baik. Tidak mengejutkan jika kucing suka meringkuk di sana untuk menghemat panas tubuh.

5. Kardus membantu kucing beradaptasi

theasac.com

University of Utrecht melakukan penelitian untuk menemukan jawaban mengapa kucing menyukai kardus. Penelitian ini dilakukan pada sekelompok kucing penampungan, di mana setengahnya diberi kardus dan sisanya tidak. 

Dari hasil penelitian ditemukan, bahwa kucing dengan kotak akan lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan. Melansir dari Purina, ini menunjukkan bahwa kardus sangat bermanfaat bagi kucing untuk menghadapi perubahan.

6. Kucing selalu merasa penasaran

animaltalk.com

Mengutip dari Comfort Zone, faktor "baru" dari sebuah kotak kardus mungkin cukup untuk membuat kucing penasaran. Hal tersebut menyebabkan kucing selalu merasa bersemangat jika bertemu dengan kardus.

7. Kucing besar pun tertarik dengan kardus

youtube.com/Big Cat Rescue

Eksperimen yang dilakukan oleh Big Cat Rescue menghasilkan kesimpulan, bahwa beberapa kucing besar seperti singa, leopard, panther hitam dan harimau, memiliki ketertarikan dengan kardus. 

Sebuah kardus besar diletakkan di dalam kandang salah satu suaka margasatwa yang terletak di Tampa, Florida. Hasilnya? Para kucing besar penasaran dan mendekatinya. Ada yang menyundul dengan kepalanya, melompat masuk, menggigitnya, mencakarnya, sampai tidur-tiduran di atasnya. 

8. Kucing memiliki sikap anti sosial

telegraph.co.uk

Mengutip dari situs Wired.com, kucing tidak memiliki naluri untuk mengembangkan penyelesaian konflik. Hewan ini lebih suka mengamati dari tempat persembunyiannya. Berdasarkan buku The Domestic Cat: The Biology of its Behaviour, inilah salah satu alasan kenapa kucing suka bersembunyi di kardus.

Itulah alasan ilmiah kenapa kucing suka sekali bermain dengan kardus. Bagi kucing, tidak ada mainan yang lebih menarik daripada kotak kardus yang sederhana. Semoga artikel ini dapat memuaskan rasa penasaran kamu, ya!

Disclaimer: Artikel ini pernah tayang di IDN Times dengan judul "7 Penjelasan Ilmiah Kenapa Kucing Sangat Menyukai Kardus" ditulis oleh Nena Zakiah. 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration