Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Aktor dan Aktris Korea yang Sukses Berperan Sebagai Seorang Idol

Ada Choi Tae Joon, Park Shin Hye, hingga Kim Soo Hyun

Aisyah Banowati

Persaingan di industri hiburan Korea Selatan begitu ketat, meski bukan berita baru atau mengejutkan, para pemain di dunia ini begitu bekerja keras agar namanya terus bersinar. Tidak sedikit yang percaya jika bergabung dengan agensi besar akan memuluskan jalan mereka menjadi seorang aktor atau aktris. 

Terkadang itu benar, namun pada kenyataannya, berbagai peran perlu dilakoni untuk membuktikan kualitas akting mereka. Salah satu tantangan berakting yakni saat mengambil peran menjadi seorang idola.

Untuk mendalami karakter yang akan diambilnya, mereka perlu belajar menari, bernyanyi, hingga rap agar terlihat natural di depan kamera. Kira-kira, siapa saja aktor dan aktris yang pernah menjajal akting menjadi sebagai seorang idola, ya?

1. Choi Tae Joon

instagram.com/actorctj

So I Married the Anti-Fan (2021) merupakan drama komedi romantis yang mempertemukan Choi Tae Joon dan Sooyoung ‘SNSD’ dalam satu frame yang sama. Di sini, Tae Joon berperan sebagai Who Joon, seorang bintang top yang arogan. Di sisi lain, Lee Geun Young (Sooyoung ‘SNSD’) adalah seorang reporter majalah yang membenci Who Joon dan menyalahkannya sebagai alasan mengapa ia dipecat. 

Menjadi drama comeback-nya setelah menyelesaikan kewajibannya di militer, banyak penggemar yang terkejut karena karakter Who Joon diperankan oleh seorang aktor dan bukan idol-aktor. Pada sebuah wawancara, Choi Tae Joon mengakui bahwa dirinya sedikit tertekan setelah membaca naskah drama. Namun, dirinya dengan senang hati menerima tantangan dan berlatih vokal serta menari agar penggambaran sosok idol dalam dirinya terlihat alami.

2. Jung Ji So dan Ahn Jung Hun

viki.com

Diadaptasi dari Webtoon populer, Imitation (2021) adalah drama yang mengisahkan kehidupan para idol Kpop. Disutradarai oleh Han Hyun Hee, drama ini menggandeng jajaran idol Kpop, mulai dari anggota ATEEZ, U-KISS, SF9, T-ARA, Rainbow, hingga I.O.I. 

Selain dibintangi oleh para anggota grup Kpop, Imitation juga diperankan oleh Jung Ji So, artis yang juga berperan dalam film box office Parasite (2019), serta aktor Ahn Jung Hun. Kemampuan akting keduanya membuat beberapa penonton sulit mempercayai jika mereka bukan idol di kehidupan nyata.

3. Kim Hee Jung dan Hwang Seung Eon

netflix.com/, djsworlds.com/

Serial bertaburan idol Kpop lainnya hadir dalam Part-Time Idol (2017) yang digarap oleh sutradara Nam Tae Jin. Hanya terdiri dari lima episode, serial ini menceritakan seorang produser musik yang memberikan beberapa pelatihan khusus untuk sekelompok trainee yang akan debut. 

Bukan hanya dibintangi oleh idol Kpop, Part-Time Idol menampilkan aktris Kim Hee Jung—punya nama peran yang sama—digambarkan sebagai sosok trainee yang ingin sekali debut, serta Hwang Seung Eon sebagai Soo Ah yang secara tulus sering memberikan dukungan kepada anggota lain yang membutuhkannya.

4. Yoon Shi Yoon

instagram.com/moa_ent

Mulai dari menjadi pengacara, siswa sekolah menengah, pembuat roti, hingga berperan menjadi idol pernah dijajal oleh Yoon Shi Yoon. Aktor kelahiran 1986 ini pernah membintangi The Best Hit (2017) sebagai Yoo Hyun Jae, seorang bintang terkenal di tahun 90-an yang terlempar ke masa modern. Mengaku pernah merasa terbebani, Yoon Shi Yoon menjelaskan jika tujuan utamanya bukanlah rating penonton, namun ingin menyampaikan pesan kepada generasi muda. 

5. Kim Soo Hyun

instagram.com/soohyun_k216

Mengisahkan sekelompok anak muda yang bercita-cita menjadi menjadi idola Kpop, Dream High (2011) berfokus pada enam siswa di sekolah menengah Kirin. Di sini, mereka belajar bernyanyi, menulis lagu, menari, bermain alat musik, hingga rap. Dibintangi oleh sederet idol seperti Bae Suzy ‘Miss A’, solois IU, Taecyeon '2PM', hingga Hahm Eun Jung ‘T-ara’, pemeran utama drama ini diperankan oleh aktor Kim Soo Hyun. Berkat perannya sebagai Song Sam Song, Kim Soo Hyun banyak mendapat perhatian dari publik, bahkan gaya rambutnya sempat menjadi trend

6. Yoon Sang Hyun

instagram.com/yoonsanghyun0921

Bukan berperan sebagai pemeran utama, namun Yoon Sang Hyun berhasil memerankan Oska yang berisik dan kocak dalam serial Secret Garden (2010). Oska adalah seorang penyanyi populer yang tidak pernah akur dengan sepupunya, Kim Joo Won (Hyun Bin). Suatu ketika, ia menyuruh Kim Joo Won untuk menjemput aktris Park Chae Rin, namun yang dibawanya malah pemeran pengganti, Gil Ra Im (Ha Ji Won). 

Menjadi salah satu tokoh penggerak dalam cerita, kehadirannya telah membuat drama ini menjadi semakin menarik untuk ditonton. Terdiri dari 20 episode, salah satu adegan ikonik dari drama ini yakni saat Joo Won dan Ra Im sedang melakukan sit-up. Sukses besar, drama ini banyak menerima jajaran penghargaan, mulai dari Drama Terbaik, Penulisan Naskah Terbaik, hingga Aktris Pendatang Baru Terbaik di Baeksang Arts Awards 2011.

7. Park Shin Hye and Jang Geun Suk

kenh14.vn/, kdramastars.com/

Tayang pada tahun 2009, You're Beautiful merupakan drama lawas yang menggandeng Park Shin Hye dan Jang Geun Suk sebagai pemeran utama. Berkisah mengenai Ko Mi Nam (Park Shin Hye) yang menyamar sebagai laki-laki demi saudara kembarnya, Ko Mi Nyeo, yang cidera sehingga tidak dapat beraktivitas bersama bandnya,  A.N. JELL.

Berperan sebagai perempuan yang menyamar sebagai laki-laki serta berusaha agar tidak terbongkar telah ditampilkan Park Shin Hye dengan apik. Di sisi lain, Jang Geun Suk juga berhasil membuat penonton percaya bahwa dirinya adalah seorang idol berkat aktingnya yang menyakinkan. Saking populernya, drama ini sampai dibuat remake oleh negara Jepang dan Taiwan.

Melansir dari Soompi, itulah deretan aktor dan aktris yang berhasil berperan sebagai idola Kpop dalam drama yang mereka bintangi. Ada drama favorit kamu, nggak nih?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration