Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Perjalanan Karier Tina Turner yang Meninggal Dunia di Usia 83 Tahun

Dunia kehilangan ‘The Queen of Rock and Roll’

Ainuni Rahmita

Penyanyi rock and roll asal Amerika yaitu Tina Turner baru saja menghembuskan napas terakhir. Informasi tersebut disampaikan pada sebuah unggahan halaman Instagram official-nya. Sejumlah sumber mengatakan bahwa Tina memiliki penyakit yang cukup kronis sejak dulu.

Tak dapat dipungkiri bahwa kesuksesan Tina membawa musik rock and roll semakin diminati. Tina juga membuktikan bahwa musik rock and roll bukan hanya untuk laki-laki. Karya-karya yang ia bawakan sangat sukses hingga beberapa kali memenangkan penghargaan musik bergensi seperti Grammy Awards.

Simak informasi berikut tentang sejarah karier Tina Turner dari awal hingga kesuksesannya!

Awal karier

cheatsheet.com

Tina Turner memulai karier musiknya di tahun 1957 dengan tergabung menjadi duo yang bernama Ike & Turner. Mereka mulai bernyanyi dari klub malam di Manhattan. Produser mulai melirik bakat mereka dan memperkenalkan mereka ke publik.

Kesuksesan mereka dimulai dengan single ‘A Fool in Love’  pada Juli 1960. Lagu ini mencapai No.2 di tangga lagu Hot R&B Sides dan No.27 di Billboard Hot 100 .

Karier solo

instagram.com/tinaturner

Pada pertengahan tahun 1970, Ike mulai kecanduan kokain, hal itu membuat karier Tina jadi terhambat, bahkan menerima kekerasan dari Ike. Pada akhirnya Tina memilih untuk menjadi penyanyi solo sejak tahun 1976. Ia mulai membuat album hingga tur dunia sendiri. Lagu solo "What's Love Got to Do with It" yang rilis tahun 1984 mencapai No.1 di Billboard Hot 100.

Film dan buku

instagram.com/tinaturner

Bukan hanya menjadi musisi, Tina juga berperan di beberapa film sejak tahun 1966. Mulai dari "The Bug T.N.T Show", "It’s Your Thing", ‘"Gimme Shelter", "Soul to Soul" dan masih banyak lagi. Namun di tahun 2000-an, Tina hanya tampil dalam film dokumenter miliknya yaitu "Ike & Tina on the Road: 1971–72" dan "Tina".

Kehidupan percintaan

instagram.com/tinaturner

Tina berpacaraan saat masih duduk di bangku SMA bersama temannya yang bernama Harry Taylor. Hubungannya tak lama kandas setelah mengetahui bahwa Harry telah menikah dengan perempuan yang mengandung anaknya.

Pasangan Tina lainnya yaitu Ike yang memulai karier musik bersama. Namun akhirnya hubungan mereka juga kandas, karena Ike berselingkuh dengan perempuan lain dan melakukan kekerasan fisik. Hal ini juga mengakhiri karier mereka sebagai grup duo.

Selang beberapa tahun, Tina bertemu dengan eksekutif musik Jerman Erwin Bach dan menjalani kehidupan romantis hingga ke jenjang pernikahan.

Penghargaan dan prestasi

instagram.com/tinaturner

Diberi julukan ‘The Queen of Rock and Roll’, Tina dianggap sebagai salah satu penyanyi terhebat sepanjang masa. Tina telah memenangkan total 12 Grammy Awards hingga memegang rekor Guinness World Record dengan penonton terbesar yaitu 180.000 penonton pada tahun 1988 untuk artis solo. 

Gelar banyak tur

instagram.com/tinaturner

Disepanjang kariernya, Tina telah melakukan 15 tur di Amerika hingga tur dunia. Tur pertama Tina di tahun 1977 dan tur terakhirnya di tahun 2009. Penggemar selalu antusias dengan tur konser yang ia adakan.

Meninggal di usia 83 tahun

Di tahun 2016 Tina mengalami kanker usus, dua tahun setelahnya Tinar mengatakan bahwa dia menderita berbagai penyakit yang mengancam jiwa. Bahkan Tina juga pernah mengalami stroke dan harus belajar berjalan lagi.

Pada 24 Mei 2023, Tina meninggal di rumahnya di Küsnacht , Swiss, pada usia 83 tahun, setelah lama sakit di tahun-tahun terakhirnya.

Itu tadi perjalanan karier Tina Turner yang telah Popbela rangkum, rest in peace Tina Turner!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration