Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

12 Urutan Skincare Pagi dan Malam Hari yang Benar, Jangan Keliru!

Biar skincare-mu dapat bekerja maksimal.

Vidya Nathania

Semakin tingginya rasa peduli terhadap kesehatan kulit, banyak orang yang menjadikan skincare sebagai kebutuhan sehari-hari. Maka, banyak orang yang mulai mencari jenis dan merek produk skincare dengan kualitas yang sangat baik.

Namun, hal tersebut tidaklah cukup. Untuk memaksimalkan penggunaan skincare-mu, maka kamu pun harus mencari tahu urutan menggunakan skincare yang benar. Karena, urutan skincare tak boleh sembarangan agar kulitmu dapat ternutrisi dengan sempurna.

Biar enggak salah lagi, sebaiknya baca serta ikuti tips urutan menggunakan skincare yang benar dari Popbela.com berikut ini.

1. Makeup remover

standard.co.uk

Sebelum benar-benar memasuki urutan skincare yang benar, tentu kulit wajahmu harus lepas dari makeup dan kotoran yang menempel pada kulitmu. Oleh karena itu, gunakanlah makeup remover untuk membersihkan kulit wajahmu dengan baik.

Jangan lupa untuk memilih rekomendasi makeup remover yang sesuai dengan jenis kulitmu serta gunakan juga kapas dengan tekstur yang lembut.

2. Cleanser

WebMD.com

Membersihkan wajah dengan menggunakan makeup remover saja tidaklah cukup, maka kulit pun harus dibersihkan kembali dengan menggunakan cleanser atau pencuci wajah.

Persiapkanlah kulitmu menjadi bersih agar saat memasuki langkah urutan menggunakan skincare yang benar bisa menjadi maksimal.

3. Exfoliator

DesignTAXI.com

Kalau makeup remover dan cleanser sudah menjalankan pekerjaannya dengan mengangkat makeup serta kotoran pada wajah, saatnya kulitmu membutuhkan produk yang bisa mengangkat sel kulit mati.

Jenis produk yang digunakan sebelum memasuki urutan skincare yang benar ini memiliki banyak jenis, bisa dalam bentuk scrub ataupun eksfoliasi secara kimia dengan kandungan bahan aktif.

4. Toner

Byrdie.com

Dalam urutan menggunakan skincare yang benar, selain memastikan kulit wajahmu benar-benar bersih, maka yang juga wajib untuk kamu perhatikan adalah mempertahankan keseimbangan pH pada kulitmu.

Air dan produk kimia pada pembersih wajah tentu saja dapat membuat pH pada kulitmu menjadi tidak seimbang, maka kulitmu pun membutuhkan toner. Memiliki tekstur cair yang dapat meresap sempurna pada kulit, maka sehabis menggunakan toner, kulitmu pun sudah siap untuk memasuki tahap urutan menggunakan skincare yang benar.

5. Essence

Glowsly.com

Setelah kulit wajah bersih dan pH-nya seimbang, maka kamu sudah bisa memasuki urutan skincare yang benar di tahap pertama dengan mengaplikasikan produk essence.

Produk yang satu ini memiliki tekstur yang mirip dengan serum namun sedikit lebih cair dengan manfaatnya untuk menutrisi kulit terlebih dahulu dan memperkuat perlindungan pada kulit. Cara penggunaannya cukup tuangkan essence pada telapak tangan, tap tap pada kulit wajah secara lembut untuk hasil yang maksimal.

6. Serum

Beautylish.com

Dalam urutan menggunakan skincare yang benar selanjutnya, gunakanlah produk serum untuk menambahkan kandungan vitamin yang masih diperlukan oleh kulitmu. Jangan sampai salah, essence dan toner bukanlah kedua produk yang sama.

Cara penggunaannya pun berbeda. Jika essence diaplikasikan dengan cara di tap tap, maka cara penggunaan serum dengan mengusap lembut pada wajah.

7. Sheet mask

NewBeauty.com

Ketika kulit wajah sudah ternutrisi dengan sempurna, maka lanjutkan kembali dengan memaksimalkannya menggunakan sheet mask ke dalam urutan skincare yang benar. Memiliki banyak varian, pilihlah sheet mask yang sesuai dengan jenis kulitmu agar tak menyebabkan masalah pada kulit.

Cara menggunakan sheet mask biasanya dengan meletakkan masker sesuai dengan bentuk wajah, kemudian diamkan selama 15 menit, hingga lepas masker, dan ratakan cairan sheet mask pada wajahmu agar dapat menyerap dengan baik.

8. Eye cream

Forbes.com

Perhatikan juga bagian tertentu pada wajahmu seperti area di bawah matamu dengan memilih eye cream ke dalam urutan menggunakan skincare yang benar. Cara penggunaannya seperti memakai produk pelembap biasa namun kali ini pada area sekitar matamu.

Produk yang satu ini memiliki fungsi kerja untuk melembapkan sekaligus mengurangi permasalahan pada area mata seperti mata panda atau kerutan.

9. Moisturizer

Shiseido.com

Setelah memastikan area sekitar matamu terhidrasi dengan sangat baik, lanjutkan urutan skincare yang benar dengan beralih ke kelembapan seluruh area wajahmu. Gunakan moisturizer atau pelembap yang disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu masing-masing.

Ada yang bekerja untuk memberikan kelembapan, ada yang bekerja untuk menghilangkan jerawat, dan ada juga yang hanya membantu menjaga kulit agar tetap sehat.

10. Night Cream atau day cream

Coveteur.com

Night cream atau day cream pun disebut sebagai produk yang tepat untuk mengakhiri rangkaian urutan menggunakan skincare yang benar. Cream yang kamu gunakan harus disesuaikan dengan waktu pemakaian, jika pagi hari tentu saja gunakan day cream, dan untuk malam hari gunakanlah night cream.

Walau banyak yang menganggap cream dan moisturizer adalah produk yang serupa, namun sebetulnya keduanya memiliki perbedaan dalam kandungan bahannya, lho!

11. Face oil

instagram.com/truetoskin

Saat malam hari, kamu bisa melengkapi urutan skincare dengan face oil. Produk ini biasanya berasal dari ekstrak daun, bunga, dan akar tumbuhan yang memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan mengandung asam lemak yang penting bagi kulit. 

Teksturnya yang berminyak dan kental bisa kamu pakai dengan meneteskannya ke tangan lalu tepuk pelan ke seluruh permukaan wajah. Namun, pastikan kamu memilih face oil yang tepat dan cocok untuk jenis kulitmu, ya!

12. Lip balm

popsugar.com

Setelah selesai dengan seluruh skincare di wajah, jangan lupa untuk tetap merawat bibir dengan menggunakan lipbalmStep ini menjadi rangkaian skincare terakhir yang sering dilewatkan. 

Padahal, memakai lipbalm baik di malam maupun pagi hari bisa membuat bibir menjadi lembap dan tidak kering. Pilihlah lipbalm yang tidak mengandung pewangi dan perasa buatan supaya aman tanpa mengiritasi bibir. Kalau perlu, cari produk yang memiliki kandungan petrolium jelly dan SPF di dalamnya. 

Nah, itu dia urutan skincare yang benar sebagai panduan untuk kamu yang sedang bingung saat menggunakan skincare. Semoga artikelnya membantumu, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Skin