Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Berikut 7 Mitos Mengenai Skincare yang Perlu Kamu Tahu Kebenarannya

Pernah dengar yang no.5?

Vidya Nathania

Zaman sekarang, siapa sih yang nggak menggunakan rangkaian skincare? Tak hanya kaum perempuan saja, tetapi kaum pria pun juga memiliki rangkaian perawatan kulit wajahnya tersendiri. Memang skincare berperan cukup penting dalam menjaga kesehatan kulit wajah serta menghindari kulit dari berbagai masalah. 

Dalam menggunakan skincare, banyak beberapa hal harus diperhatikan. Dari mulai memperhatikan kandungan bahan yang terkandung didalam skincare, cara penggunaannya, hingga beberapa mitos seputar skincare yang kerap terdengar. Hmm, biar kamu nggak bingung, yuk kita bedah beberapa mitos tersebut. Benar nggak sih?

1. Sering mencuci wajah dapat menghilangkan jerawat

Mungkin beberapa dari kamu sering mendengar mitos seputar skincare yang satu ini. Yup, masalah kulit seperti jerawat dan komedo memang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang bercampur dengan kotoran. Dan memang benar bahwa mencuci wajah merupakan salah satu tipsnya, namun cuci wajah cukup 2 kali dalam sehari saja ya Bela. Jika dilakukan terlalu sering, malah dapat menyebabkan kulit menjadi dehidrasi dan merangsang kelenjar minyak yang menyebabkan jerawat malah bertambah banyak.

2. Gunakan banyak rangkaian skincare agar kulit lebih halus

Menggunakan banyak rangkaian skincare merupakan teknik perawatan Korea yang sangat terkenal dan sempat menjadi tren. Karena menggunakan rangkaian skincare dipercaya lebih dapat menutrisi kulit wajah dengan maksimal. Tetapi apakah hal tersebut benar-benar bekerja? 

Pasalnya, menggunakan banyak rangkaian skincare memang bekerja untuk sebagian orang, namun sebagian orang lainnya mengatakan bahwa hal tersebut merupakan salah satu mitos seputar skincare lho! Tak harus menggunakan banyak skincare, sebaiknya gunakan jumlah skincare sesuai dengan keperluan kulit saja.

sarahredzikowski.com

3. Moisturizer hanya diperlukan untuk kulit kering

Moisturizer memang dikenal sebagai produk yang dapat menghidrasi kulit wajah, namun moisturizer hanya dibutuhkan untuk kulit kering saja menjadi salah satu mitos seputar skincare lho. Faktanya, kulit berminyak dan cenderung berjerawat pun juga sangat membutuhkan peran skincare untuk dapat menjaga kulit wajah tetap sehat. Pilih moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit wajahnya ya Bela!

4. Gunakan sunscreen hanya saat hendak pergi ke luar saja

Hayo, siapa nih yang masih beranggapan bahwa menggunakan sunscreen hanya pada saat hendak keluar saja? Hal tersebut menjadi salah satu mitos seputar skincare yang wajib kamu abaikan. Kulitmu membutuhkan perlindungan tak hanya saat terpapar sinar matahari langsung saja, tetapi di rumah pun kamu harus melindungi kulitmu dari sinar lampu atau cahaya matahari yang masuk melalui jendela.

pinterest.com

5. Mencuci wajah menggunakan air hangat sangat baik untuk kulit

Pernah mendengar mitos seputar skincare yang satu ini yaitu mencuci wajah dengan menggunakan air hangat agar kulit menjadi lebih bersih? Padahal, suhu hangat dapat membuka pori-pori wajah dan tak sembarang jenis kulit bisa mencuci wajah dengan air hangat karena dapat menyebabkan jerawat.

6. Seseorang yang terlahir dengan kulit gelap dapat menjadi putih dengan cukup menggunakan krim pemutih

Siapa sih yang tak ingin memiliki kulit putih yang cerah? Hampir seluruh perempuan pasti memiliki kulit impian. Namun, karena tak semuanya terlahir dengan kulit yang cerah, pasti sebagian dari mereka membutuhkan produk pencerah yang diyakini dapat membuat kulit yang gelap menjadi putih. Padahal hal tersebut hanyalah mitos seputar skincare lho! Beberapa produk yang dijual bebas hanya dapat membuat kulit menjadi bersih sehingga tampak sedikit lebih cerah, namun tidak dapat merubah warna kulit kecuali menggunakan cara dari dalam.

wonderlandmagazine.com

7. Produk anti-aging hanya digunakan saat sudah berumur 40-an

Mitos seputar skincare yang satu ini cukup terkenal, mungkin banyak orang yang menganggap bahwa rangkaian produk anti-aging hanya digunakan oleh seseorang yang sudah berumur 40 tahun ke atas. Padahal hal tersebut tidak benar, beberapa ahli kecantikan mengatakan bahwa seseorang yang mulai menginjak usia 25 tahun sudah bisa menggunakan rangkaian produk anti-aging untuk mencegah berbagai tanda-tanda penuaan pada wajah.

Ternyata banyak hal yang dikira fakta adalah mitos seputar skincare. Tentu saja perlu untuk kamu ketahui agar tak salah langkah pada saat menggunakan rangkaian skincare. Semoga artikel yang satu ini bisa menambah pengetahuannya mengenai skincare ya Bela!

IDN Media Channels

Latest from Skin