Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Bahan Alami untuk Menghaluskan Kulit Wajah

Aman tanpa efek samping!

Vidya Nathania

Siapa sih yang nggak mau memiliki kulit wajah yang halus? Semua perempuan pasti menginginkan kulit halus yang mampu memberikan tampilan kulit wajah yang sehat dan bercahaya. Tentu, untuk mendapatkannya, kamu pun harus melakukan berbagai perawatan kulit. Tak selalu harus menggunakan berbagai produk yang dijual bebas, kamu pun bisa menggunakan berbagai bahan alami pilihan yang dikenal memiliki kandungan untuk menghaluskan kulit. 

Biar nggak penasaran, simak beberapa bahan alami untuk menghaluskan kulit wajah yang akan Popbela bagikan!

1. Madu

womenshealthmag.com

Selain memiliki rasa manis yang nikmat, madu sering disebut sebagai bahan alami untuk menghaluskan kulit wajah. Hal tersebut dikarenakan kandungannya yang mampu mengunci kelembapan pada kulit wajah serta antibakterinya yang dapat mencegah timbulnya permasalahan kulit. Gunakan madu sebagai masker mingguan, rasakan tekstur lembutnya yang sangat nyaman saat diaplikasikan pada wajah.

2. Lidah buaya

vogue.in

Selain madu, lidah buaya pun kerap disebut sebagai salah satu bahan alami untuk menghaluskan kulit wajah. Hal tersebut membuat bahan alami yang satu ini sering digunakan sebagai kandungan utama dalam produk perawatan. Gel pada lidah buaya sangat ampuh dalam menenangkan kulit serta melembapkan kulit sehingga kulit wajah pun tampak halus dan terawat.

3. Minyak kelapa

drtaylorwallace.com

Bahan alami untuk menghaluskan kulit wajah selanjutnya ialah minyak kelapa. Beberapa ahli kecantikan kerap kali menganjurkan minyak kelapa sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah kulit kering, tak hanya di wajah tetapi juga di area tubuh lainnya seperti siku dan lutut. 

Namun, kamu pun perlu hati-hati, karena penggunaan minyak kelapa yang terlalu sering pun dapat menutup pori-pori sehingga menyebabkan timbulnya jerawat. Gunakan hanya pada saat kulit sedang kering saja sehingga tekstur kulit pun menjadi halus.

4. Oatmeal

Healthline.com

Memiliki tekstur yang sedikit kasar sehingga oatmeal sering digunakan sebagai scrub wajah alami yang mampu mengangkat sel kulit mati serta menutrisi kulit dan memberikan kelembapan yang sempurna. Hal tersebut, membuat oatmeal juga termasuk kedalam bahan alami untuk menghaluskan kulit wajah yang paling sering digunakan banyak orang. Cukup campurkan sedikit air, gosokkan pada wajah dengan perlahan, kemudian bilas wajah hingga bersih.

5. Mentimun

thekitchn.com

Tak hanya sering digunakan untuk mengatasi lingkar hitam dibawah mata, mentimun pun juga sering digunakan sebagai bahan alami untuk menghaluskan kulit wajah karena kemampuannya dalam menenangkan sekaligus memberikan kelembapan alami. Caranya, cukup hancurkan 1 buah mentimun hingga halus, kemudian baurkan pada wajah sebagai masker selama 15 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan cara ini seminggu sekali sebagai perawatan wajah terbaik.

6. Pepaya

Healthline.com

Meski jarang diketahui, ternyata pepaya juga termasuk kedalam bahan alami untuk menghaluskan kulit wajah lho! Memiliki kandungan enzim papain yang bekerja dalam mengangkat sel kulit mati serta mencegah kulit wajah dari masalah kulit sehingga tekstur kulit pun tampak sangat halus. Hancurkan 1/4 buah pepaya hingga berbentuk pasta, aplikasikan pada seluruh wajah, diamkan selama 10 hingga 15 menit, dan bilas hingga bersih. Tak hanya halus, wajahmu pun akan tampak bercahaya.

7. Chamomile

Healthline.com

Bahan alami untuk menghaluskan kulit wajah yang terakhir ialah bahan alami yang sering dijadikan teh. Memiliki aroma lembut yang menenangkan, chamomile juga diperkaya dengan kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat mengatasi kerusakan kulit yang diakibatkan efek radikat bebas. Kamu bisa menggunakan chamomile dalam bentuk teh sebagai toner yang mampu menghaluskan tekstur kulit.

Jadi, untuk memiliki kulit halus yang menjadi impian banyak orang ternyata sangatlah mudah ya Bela? Beberapa bahan alami untuk menghaluskan kulit wajah yang sudah Popbela bagikan pun dapat kamu coba langsung di rumah. Selamat mencoba Bela!

IDN Media Channels

Latest from Skin