Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Menghilangkan Daki di Leher, Ampuh Banget!

Bikin kamu makin percaya diri

Shavira Annisa Putri

Wajah kusam mengganggu penampilan kamu kan, Bela? Ternyata nggak hanya di wajah saja, tetapi kulit yang kehitaman pada leher juga dapat mengurangi kepercayaan diri, lho.

Adanya penumpukan sel kulit mati atau daki di leher disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari paparan sinar matahari, keringat berlebih, hingga tidak menjaga kebersihan.

Nah, menjadi salah satu masalah kulit yang paling sering dialami, Popbela punya tujuh cara menghilangkan daki di leher secara ampuh. Simak baik-baik, ya!

1. Mengurangi berat badan

freepik.com

Cara pertama untuk menghilangkan daki di leher adalah mengontrol berat badan. Lho kok? Nggak perlu bingung, karena umumnya leher kehitaman kerap terjadi pada penderita obesitas atau berat badan berlebih. Untuk itu, penting banget menjaga berat badan tetap ideal. Selain menjaga kesehatan, ternyata obesitas juga memengaruhi kondisi kulit, ya.

2. Rutin membersihkan leher ketika mandi

bondibeauty.com.au

Seringkali ketika mandi kita terlewat membersihkan leher. Padahal, penumpukan sel-sel kulit mati dan keringat dapat memicu leher menjadi kehitaman dan berdaki. Untuk itu, jangan lupa membersihkan leher dengan sabun ketika sedang mandi, ya. 

3. Menggunakan exfoliating toner

vineverareviews.com

Nah, nggak hanya untuk area wajah saja, exfoliating toner juga bisa kamu gunakan untuk mengangkat daki di leher, lho. Kamu bisa menggunakan exfoliating toner favorit dan mengaplikasikannya dengan kapas. Untuk hasil maksimal, gunakan setiap dua hari sekali atau seminggu tiga kali. 

4. Baking soda

goodhousekeeping.com

Baking soda dikenal akan kemampuannya dalam mengangkat sel-sel kulit mati. Oleh karena itu, rutin menggunakan baking soda dapat mengembalikan warna alami leher mu. Caranya, campurkan baking soda secukupnya dengan air hingga memiliki tekstur seperti masker. Lalu, oleskan pada permukaan kulit dan biarkan hingga mengering. Bersihkan masker tersebut menggunakan air bersih dan lakukan cara ini 2-3 kali dalam seminggu.

5. Cuka apel

womenshealthmag.com

Jika kamu lebih menyukai perawatan menggunakan bahan-bahan alami, cuka apel ternyata juga ampuh menghilangkan daki di leher, lho. Karena, acid yang ada di cuka apel efektif dalam mengangkat sel kulit mati. Caranya, campurkan dua sendok makan cuka apel dan empat sendok makan air. Lalu, aplikasikan di kulit leher dan biarkan selama 10 menit. Selanjutnya, bilas menggunakan air hangat. Untuk hasil maksimal, gunakan larutan cuka apel ini setiap dua hari sekali. 

6. Kunyit

medicalnewstoday.com

Selain cuka apel, kunyit juga dipercaya sebagai bahan alami yang mampu menghilangkan daki di leher. Nggak hanya berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati, kunyit juga dapat menghaluskan kulit. Cara merasakan khasiat dari kunyit ini juga mudah sekali. Caranya, campurkan setengah sendok teh bubuk kunyit dengan satu hingga dua makan yoghurt tanpa rasa, aplikasikan dan biarkan hingga mengering. Cara ini aman dilakukan tiga hingga empat kali dalam seminggu.

7. Lulur kopi

harpersbazaararabia.com

Selain memiliki rasa yang nikmat, kopi juga mampu menjadi eksfoliator untuk mengangkat sel-sel kulit mati, lho. Butirannya yang halus dapat menjangkau hingga ke bagian pori-pori. Cara menggunakannya, seduh dua hingga tiga sendok bubuk dengan satu sendok air hangat hingga menjadi pasta. Lalu, oleskan pada bagian leher dan diamkan selama 20 menit. Ulangi proses ini seminggu tiga kali untuk hasil maksimal.

So, itu dia tujuh cara menghilangkan daki di leher yang ampuh. Selamat mencoba ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Skin