Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Wajib Dihindari, Ini 7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kulit Wajah

Mulai menghindarinya ya, Bela!

Sabrina Amyra Aziz

Memiliki kulit mulus dan wajah yang tampak sehat merupakan salah satu keinginan setiap orang. Dengan memiliki kulit sehat, wajah akan tampak flawless di saat menggunakan riasan atau tanpa riasan. Namun, kadang kita tidak sadar bahwa terdapat beberapa kebiasaan buruk yang bisa merusak kulit wajah, lho!

Dari terlalu sering menyentuh wajah hingga kurang tidur, kebiasaan tersebut justru dapat memberikan efek buruk untuk wajah. Tidak hanya itu, ternyata masih ada banyak lagi kebiasaan buruk yang masih sering kita lakukan. Nah, kira-kira kebiasaan buruk apa yang bisa merusak kulit wajah sehingga wajib dihindari? Let's check it out!

1. Terlalu sering mencuci muka

bioclarity.com

Mencuci muka memang disarankan untuk dilakukan secara rutin, namun, tahukah kamu jika dilakukan secara berlebihan dapat memberikan dampak burul untuk wajahmu? Kebiasaan tersebut mampu mengakibatkan hilangnya minyak alami pada wajah dan membuat kulit rentan terhadap kotoran dan bakteri. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil terbaik, cukup cuci muka 2 kali sehari.

2. Tidak memakai sunscreen

abc.net.au

Menggunakan produk yang mengandung SPF di pagi hari secara rutin dapat melindungi kulit wajahmu setiap saat. Jika kulitmu terpapar sinar matahari, maka bisa merusak kulit wajahmu serta memiliki efek samping jangka panjang. Maka itu, disarankan untuk selalu menggunakan sunscreen, bahkan saat berada di dalam ruangan, karena dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari serta mencegah kulit kusam. 

3. Terlalu sering eksfoliasi wajah

besthealthmag.ca

Melakukan eksfoliasi wajah secara berlebihan juga dapat memberikan efek buruk untuk kulit wajah. Menggosok terlalu keras atau terlalu sering dapat merusak lapisan pelindung kulit dan mengganggu kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan alaminya. Untuk hasil terbaik, cukup lakukan eksfoliasi 2-3 kali dalam seminggu. Ingat, jangan menggosok wajahmu terlalu keras juga ya!

4. Kebiasaan menyentuh wajah

lorealparisusa.com

Kebiasaan buruk berikutnya merupakan salah satu kebiasaan yang mungkin masih kerap kamu lakukan. Jika tangan bersentuhan dengan banyak jenis kuman dan bakteri sepanjang hari kemudian menyentuh wajah, jangan heran jika ada jerawat baru yang muncul. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, segera hentikan kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan ya, Bela!

5. Tidur dengan menggunakan riasan

thehealthy.com

Tidak peduli seberapa tipis riasan pada wajahmu, menghapus riasan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan sebelum tidur. Namun, jika membiarkan riasanmu menempel saat tidur, hal ini tentunya dapat memberikan efek buruk pada wajahmu karena dapat menghambat kulitmu untuk bernapas dan membuat pori-pori tersumbat. Oleh karena itu, pastikan selalu bersihkan riasan sebelum kamu tidur.

6. Jarang minum air putih

mercurynews.com

Dehidrasi menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat, kulit kering, dan masalah kulit lainnya pada wajah. Ketika lapisan terluar epidermis tidak memiliki kandungan air yang cukup, kulit akan kehilangan elastisitasnya dan terasa kasar.

7. Kurang tidur

healthline.com

Sel-sel dalam tubuh beregenerasi saat tidur. Maka itu, jika kamu kekurangan tidur, pergantian sel, termasuk sel kulit, bisa berhenti. Kekurangan tidur dapat menyebabkan lingkaran hitam pada mata, kulit menjadi kemerahan, serta timbul kerutan pada wajahmu. Kamu bisa menghindari kebiasaan tersebut dengan istirahat yang cukup dan tidurlah selama 7-9 jam agar kulitmu tampak lebih sehat dan cerah.

Nah, itu dia tujuh kebiasaan buruk yang bisa merusak kulit wajah. Mulai hindari kebiasaan tersebut ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Skin