Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

White Cast Adalah Efek Pemakaian Sunscreen, Ini Cara Mengatasinya

Meninggalkan noda putih di wajah

Nafi' Khoiriyah

Salah satu skincare wajib yang tak boleh dilewatkan adalah sunscreen. Jika tidak memakainya, wajah bisa terpapar sinar ultraviolet dari matahari yang berbahaya. 

Namun, memakai sunscreen sering kali menimbulkan white cast. White cast adalah noda putih tipis pada kulit setelah memakai sunscreen jenis tertentu. 

Sebenarnya, apa itu white cast dan bagaimana cara menghindarinya? Simak ulasan di bawah ini untuk tahu jawabannya. 

1. Apa itu white cast?

freepik.com/Anastasia Kazakova

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, white cast adalah efek putih yang tipis pada kulit setelah memakai sunscreen.  Biasanya, efek tersebut muncul pada warna kulit yang lebih gelap dan bisa semakin tampak saat foto. 

Sebenarnya, white cast merupakan efek samping yang umum terjadi setelah penggunaan sunscreen. Sebab, skincare tersebut diformulasikan dengan bahan kimia tertentu yang bisa membelokkan sinar UV dari matahari. 

Nah, bahan kimia yang merupakan penghalang fisik terhadap kerusakan akibat sinar matahari itu lebih sulit diserap ke dalam kulit sehingga muncullah white cast. 

2. Kenapa sunscreen menimbulkan white cast?

freepik.com/freepik

Penyebab munculnya white cast adalah karena kandungan bahan kimia, seperti titanium dioxide dan zinc oxide. Kandungan tersebut tertinggal di permukaan kulit dan tidak terserap sehingga meninggalkan lapisan putih yang memberikan kesan pucat.

Namun, titanium dioxide dan zinc oxide memang dirancang untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain kandungan di dalamnya, cara memakai sunscreen yang salah juga bisa menimbulkan efek white cast pada kulit. 

3. Cara menghindari white cast

freepik.com/Lifestylememory

Supaya kamu bisa menghindari efek tampilan wajah yang pucat karena white cast, ikuti beberapa tips memilih dan memakai sunscreen berikut ini. 

1. Pilih chemical sunscreen daripada physical sunscreen

Dibandingkan dengan physical sunscreen, chemical sunscreen bekerja dengan cara menyerap sinar matahari seperti spons. Sementara physical sunscreen diformulasikan untuk membelokkan sinar matahari yang berbahaya untuk kulit.

Nah, chemical sunscreen tersebut cenderung lebih mudah dioleskan ke kulit tanpa meninggalkan residu putih seperti pada physical sunscreen.

2. Diamkan sunscreen sampai menyerap di kulit

Kemudian, kesalahan lain yang bisa menimbulkan white cast pada kulit adalah karena pemakaiannya. Banyak orang yang memakai sunscreen tanpa membiarkannya menempel pada kulit terlebih dahulu. Cara pemakaian seperti itu bisa meninggalkan white cast pada kulit. 

Sebaiknya, gunakan sunscreen setidaknya 15 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Jeda waktu tersebut adalah untuk membiarkan sunscreen menyerap ke dalam kulit dan memberikan perlindungan maksimal. 

3. Pakai tinted sunscreen

Selain chemical sunscreen, ada pula pilihan menggunakan tinted sunscreen. Sunscreen jenis ini bukan hanya bisa memberikan perlindungan terhadap matahari, tapi juga bisa menyempurnakan warna kulit. 

4. Gunakan sunscreen secukupnya

Terakhir, jangan gunakan sunscreen berlebihan jika tidak ingin meninggalkan efek white cast. Gunakanlah sunscreen secukupnya dan oleskan secara berlapis supaya bisa meresap ke kulit secara sempurna.

Jadi, white cast adalah lapisan putih yang bisa muncul karena kandungan tertentu dalam sunscreen. Kamu bisa menghindari efek ini dengan memilih chemical sunscreen atau tinted sunscreen. 

IDN Media Channels

Latest from Skin