Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

PRP Treatment: Prosedur, Manfaat, dan Kisaran Biayanya

Ketahui sebelum treatment

Nafi' Khoiriyah

Ada banyak sekali jenis treatment pada perempuan, salah satunya adalah Platelet Rich Plasma (PRP) treatment. Perawatan ini cukup populer karena menggunakan darah sendiri untuk menjadikan kulit lebih muda dan halus. 

Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui dan penasaran dengan jenis perawatan wajah yang satu ini. Hal itu karena penggunaan darah sendiri untuk perawatan merupakan hal yang tidak lazim. 

Kalau kamu ingin tahu tentang perawatan PRP treatment lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini, ya!

1. Apa itu PRP treatment?

freepik.com/freepik

Sebelum membahas secara spesifik tentang PRP treatment, perlu diketahui dulu apa itu PRP. PRP merupakan singkatan dari Platelet Rich Plasma yang diproduksi dari darah seseorang sendiri.

Trombosit itu sangat penting untuk pembekuan darah dan bisa disuntikkan pada bagian tubuh seseorang yang terluka atau sakit. Jenis darah tersebut juga menghasilkan protein faktor pertumbuhan yang penting untuk penyembuhan. 

Itulah mengapa PRP bisa meningkatkan regenerasi jaringan kulit dan bisa akan memperbaiki, meremajakan, serta menghambat proses penuaan. 

2. Bagaimana PRP treatment dilakukan?

freepik.com/freepik

Untuk melakukan proses PRP treatment, seorang profesional akan mengambil sebotol kecil darah dari seseorang yang bersangkutan. Mereka akan menempatkan botol darah tersebut dalam mesin centrifuge untuk memisahkan PRP dari sel darah merah maupun putih. Nah, proses itu juga akan memusatkan trombosit dan meningkatkan jumlah trombosit berkali-kali lipat lebih tinggi dari biasanya. 

Kemudian, dokter akan membius area tubuh yang sedang dirawat dengan suntikan PRP. Setelah bius bekerja, dokter akan menggunakan jarum untuk menyuntikkan plasma ke area tubuh yang dirawat.

Misalnya jika dirawat karena cedera otot, dokter akan menyuntikkan plasma ke beberapa titik di otot tersebut. Mereka juga menggunakan teknologi ultrasound untuk memastikan titik yang disuntikkan adalah area yang tepat. 

Memakan waktu sekitar 30 menit, trombosit kemudian akan terurai dan melepaskan senyawa untuk memperbaiki dan memperbaharui sel. Hal itu akan memicu proses penyembuhan tubuhmu. 

Sementara untuk kulit, PRP yang disuntikan ke dalam kulit akan merangsang produksi kolagen tubuh dan menambah faktor pertumbuhan alami. Plasma itu akan menjadi rahasia kulit cerah dan awet muda. Mulai dari menghilangkan garis halus sampai dengan memperbaiki tekstur dan warna kulit. 

3. Manfaat PRP treatment

freepik.com/freepik

Ada berbagai manfaat PRP treatment yang bisa dirasakan, mulai dari penyembuhan jaringan ataupun sebagai prosedur kecantikan berikut ini. 

  1. Pertumbuhan rambut 
    Menyuntikkan PRP ke kulit kepala bisa membantu mengurangi peradangan dan menyebabkan rambut rontok. Melansir Medical News Today, sebuah studi menunjukkan bahwa laki-laki yang menerima perawatan PRP memiliki rambut yang tumbuh lebih banyak dan lebih tebal dibandingkan dengan orang yang tidak mendapatkan perawatan tersebut. 
  2. Penyembuhan jaringan 
    Suntikan PRP juga bisa membantu mempercepat penyembuhan jaringan. Penelitian menunjukkan bahwa tiga kali suntikan PRP akan mengurangi gejala cedera lutut. Hal itu juga akan mengurangi rasa sakit dan meningkatkan penyembuhan pada kasus kerusakan ligamen dan tendon. PRP bahkan bisa membantu penyembuhan tulang. 
  3. Mengurangi peradangan 
    Terakhir, dokter juga mungkin melakukan PRP treatment untuk mengurangi peradangan pada penderita rheumatoid arthritis. Peradangan tersebut akan menyebabkan persendian menjadi nyeri dan kaku. 

4. Apakah PRP treatment aman?

freepik.com/ArthurHidden

Meski terdengar sedikit ngeri bagi sebagian orang, tetapi efek samping dari suntikan PRP menurut Hospital for Special Surgery sangat terbatas. Sebab, suntikan tersebut dibuat dari darah sendiri sehingga tubuh biasanya tidak bereaksi secara negatif. 

Diperlukan waktu beberapa minggu agar suntikan PRP mulai bekerja. Namun untuk beberapa kondisi (seperti memengaruhi rambut atau kulit), mungkin akan diperlukan waktu sampai 6 bulan untuk hasil yang sepenuhnya. 

5. Kisaran biaya PRP treatment

Pexels.com/Gustavo Fring

Adapun biaya PRP treatment bisa sangat bervariasi tergantung dengan lokasi, tempat perawatan, praktisi medisnya. Namun, biaya satu kali perawatan PRP biasanya berkisar dari Rp3 juta sampai Rp22 jutaan.

Disarankan setiap orang menjadwalkan konsultasi terlebih dahulu untuk menerima perawatan yang sesuai

Itu dia PRP treatment yang merupakan perawatan dengan penyuntikan plasma kaya trombosit ke wajah. Setelah melihat prosedur dan manfaatnya, apakah kamu masih tertarik dengan metode kecantikan satu ini, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Skin