Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Pakai Cleansing Oil yang Benar agar Berfungsi Maksimal

Nggak bikin wajah breakout

Nafi' Khoiriyah

Perempuan memang tidak bisa lepas dengan penggunaan makeup. Oleh karena itu, perlu pembersih wajah yang tepat untuk mengangkat semua makeup yang ada di wajah. Sekarang sudah ada berbagai jenis pembersih wajah yang bisa dipakai, mulai dari micellar water, cleansing balm, sampai cleansing oil

Masing-masing pembersih wajah itu perlu digunakan dengan cara yang tepat supaya fungsinya maksimal. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui cara pemakaian yang benar sehingga makeup yang di wajah justru tidak terangkat seluruhnya. 

Dalam artikel ini akan dibahas cara memakai cleansing oil yang benar supaya wajah tidak breakout dan kulit tidak tersumbat. Simak, ya!

1. Apa itu cleansing oil?

freepik.com/freepik

Seperti pembersih wajah yang lainnya, cleansing oil merupakan salah satu produk untuk menghilangkan makeup, kotoran, atau minyak yang berlebih di wajah. Namun, ada perbedaan cara penggunaannya dengan pembersih bertekstur gel, krim, atau busa. 

Sebab, pembersih yang lainnya itu kebanyakan menggunakan surfaktan. Kandungan tersebut merupakan bahan yang berinteraksi dengan minyak, riasan, dan kotoran agar mudah dibilas. 

Biasanya, pembersih wajah juga diformulasikan dengan tambahan pelembap agar kulit lebih lembut dan tidak kering setelah dibersihkan. Cleansing oil pun beberapa juga mengandung surfaktan, tetapi bukan menjadi bagian formula yang paling penting. 

2. Bagaimana cleansing oil membersihkan kulit?

freepik.com/freepik

Ada banyak orang yang mempertanyakan cara memakai cleansing oil yang benar. Namun sebelumnya, kamu perlu mengetahui bagaimana cleansing oil bisa bekerja membersihkan kulit. 

Cleansing oil itu bekerja untuk melembapkan dan juga sebagai pelarut lipolifik. Maksudnya, minyak pada cleansing oil tertarik pada minyak lainnya termasuk dari bahan pada riasan. Maka dari itu, cairan cleansing oil bisa melarutkan riasan dan minyak serta memberikan nutrisi pada kulit. 

Bukan hanya itu saja, cleansing oil terkadang juga mengandung surfaktan dan bahan pengemulsi. Bahan-bahan tersebut akan memungkinkan minyak dan zat terlarutnya bercampur dengan air dan mudah dibersihkan dari kulit. 

3. Cara memakai cleansing oil yang benar

freepik.com/freepik

Adapun cara memakai cleansing oil memang sedikit tricky. Ikuti langkah di bawah ini supaya kamu bisa mendapatkan manfaatnya secara lebih maksimal. 

  1. Tidak perlu membasahi tangan, letakkan secukupnya beberapa pompa cleansing oil ke tangan yang kering. Jangan lupa pastikan kebersihan tangan sebelumnya. 
  2. Setelah itu, ratakan ke wajah yang kering pula dengan gerakan memutar. 
  3. Jika kamu akan membersihkan area mata, biarkan mata tertutup dan gunakan ujung jari untuk menggosok perlahan dari atas ke bawah di kelopak dan bulu mata. Namun jika tidak memakai riasan mata, maka lewati step ini. 
  4. Basahi kulit dengan air hangat secara bertahap, pijat per area sampai teksturnya berubah menjadi emulsi yang menenangkan. 
  5. Kalau sudah, bilas lagi dengan air hangat dan tepuk-tepuk kulit sampai kering dengan handuk yang lembut. Dengan begitu, tidak ada sisa riasan yang ada di wajah. 

4. Manfaat menggunakan cleansing oil

freepik.com/senivpetro

Setelah mengamati cara memakai cleansing oil di atas, kamu mungkin mempertanyakan apa manfaatnya dibandingkan dengan pembersih lainnya. Manfaat menggunakan cleansing oil di antaranya sebagai berikut. 

  1. Mengangkat sebum yang merupakan zat berminyak dari kelenjar kulit
  2. Membersihkan pori-pori yang tersumbar, baik itu komedo atau komedo putih
  3. Menghilangkan kulit mati dan riasan
  4. Efektif menjaga kulit tetap terhidrasi
  5. Mengangkat partikel polusi pada kulit.

5. Jenis kulit apa yang cocok menggunakan cleansing oil?

pexels.com/Ron Lach

Jangan khawatir kalau jenis kulitmu kering maupun berminyak, sebab cleansing oil cocok untuk semua jenis kulit. Meskipun kulit berminyak, cleansing oil akan bekerja secara efektif jika digunakan secara tepat. 

Sebab karakter cleansing oil yang lipolifik (minyak menarik minyak) akan menghilangkan sebum berlebih tanpa meninggalkan residu atau membuat kulit terlalu kering. 

Menggunakan pembersih yang keras atau mengandung sabun justru bisa merusak lapisan kulit. Nah, sifat cleansing oil yang lembut tapi kuat itulah yang ideal untuk kulit yang rentan. 

Cara memakai cleansing oil di atas perlu kamu perhatikan supaya makeup di wajah bisa terangkat semuanya. Wajah pun menjadi bersih dan manfaatnya bisa terasa lebih maksimal. 

IDN Media Channels

Latest from Skin