Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Cara Menghilangkan Tahi Lalat di Wajah secara Alami dan Medis

Ketahui cara-caranya di sini!

Nafi' Khoiriyah

Memiliki tahi lalat di wajah membuat sebagian orang merasa kurang percaya diri. Kebanyakan, tahi lalat memang memudar seiring berjalannya waktu. Namun, ada pula tahi lalat yang berbahaya dan harus dihilangkan. 

Tahi lalat merupakan bintik kecil yang berwarna hitam atau cokelat di atas permukaan kulit. Tahi lalat muncul karena pengelompokan sel melanosit yang merupakan sel penghasil zat warna kulit. 

Meski kondisi wajah yang memiliki tahi lalat tidak mengkhawatirkan, tetapi cara menghilangkan tahi lalat di wajah berikut ini bisa diikuti jika memang kamu merasa tergangggu.

Simak ulasan selengkapnya ya, Bela!

Tahi lalat yang berbahaya

unsplash.com/Johannes Krupinski

Sebelum mengetahui cara menghilangkan tahi lalat di wajah, terlebih dahulu kamu perlu mengetahui apakah tahi lalat tersebut berbahaya atau tidak.

Pada umumnya, tahi lalat memang tidak mengganggu kesehatan. Namun, tahi lalat bisa menjadi kanker kulit melanoma jika mengalami ciri-ciri berikut. 

  1. Tahi lalat berubah ukuran, warna, dan bentuk. 
  2. Tahi lalat terasa gatal, nyeri, atau mengeluarkan cairan. 
  3. Permukaan tahi lalat kasar tidak rata dan kasar di tepiannya. 
  4. Bentuk tahi lalat tidak simetris. 
  5. Diameter tahi lalat lebih dari 6 milimeter. 

Jika kamu mengalami tanda-tanda tahi lalat berbahaya di atas, maka lebih baik konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan tahi lalat yang bisa kamu lakukan. 

1. Menghilangkan tahi lalat di wajah dengan metode bedah

pexels.com/Павел Сорокин

Cara menghilangkan tahi lalat di wajah jika berukuran besar adalah dengan metode bedah. Dokter akan membius area sekitar tahi lalat, kemudian memotongnya beserta jaringan kulit di sekitarnya dengan pisau bedah. Setelah itu, luka akan ditutup dengan jahitan. 

2. Menghilangkan tahi lalat di wajah dengan cukur

pexels.com/Anna Shvets

Jika kondisi tahi lalat tidak begitu mengkhawatirkan, maka alat tipis seperti pisau cukur bisa digunakan oleh dokter untuk menghilangkan tahi lalat. Caranya adalah dengan membius area tahi lalat, kemudian menggunakan pisau tersebut untuk mencukurnya. 

3. Menghilangkan tahi lalat di wajah dengan bedah laser

pexels.com/Anna Shvets

Selain teknik bedah dan cukur, tahi lalat juga bisa dihilangkan dengan sinar laser. Sinar laser tersebut digunakan untuk menghancurkan sel tahi lalat di permukaan kulit.

Namun, metode ini berisiko memunculkan bekas luka pada wajah. Menghilangkan tahi lalat dengan laser juga hanya bisa dilakukan oleh profesional saja. 

Jika belum berniat untuk melakukan tindakan medis di atas, kamu bisa melakukan cara alami menghilangkan tahi lalat berikut ini. 

4. Menghilangkan tahi lalat di wajah dengan madu

freepik.com/freepik

Cara menghilangkan tahi lalat di wajah yang pertama adalah dengan madu. Melansir Medicalnewstoday, beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu memiliki antioksidan dan antiinflamasi. Oleh karena itu, banyak orang percaya bahwa mengoleskan madu ke tahi lalat akan membuatnya memudar. 

5. Menghilangkan tahi lalat di wajah dengan bawang putih

pexels.com/Nick Collins

Beberapa orang percaya bahwa mengoleskan bawang putih ke tahi lalat dalam jangka waktu tertentu akan menghilangkan atau mengurangi bentuknya. Hal itu karena bawang putih mengandung enzim yang bisa melarutkan kelompok sel penyebab munculnya tahi lalat.

6. Menghilangkan tahi lalat di wajah dengan minyak oregano

pexels.com/Mareefe

Cara menghilangkan tahi lalat di wajah secara alami selanjutnya adalah dengan minyak oregano. Namun, minyak tersebut harus diencerkan dengan minyak jarak supaya lebih aman untuk kulit. Jika digunakan beberapa kali dalam seminggu, tahi lalat di wajah semakin lama akan semakin pudar. 

7. Menghilangkan tahi lalat di wajah dengan yodium

pexels.com/Markus Winkler

Konsentrasi yodium dalam takaran tertentu bisa membuat tahi lalat mengelupas. Namun, yodium bisa membakar kulit sehingga kamu perlu mengoleskan petroleum gel di sekitarnya untuk melindungi bagian kulit lainnya. Perlu diperhatikan, hati-hati saat memakainya dan jangan oleskan yodium pada kulit yang luka. 

8. Menghilangkan tahi lalat di wajah dengan tea tree oil

pexels.com/Dominika Roseclay

Tea tree oil juga bisa menjadi cara menghilangkan tahi lalat di wajah karena memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi. Banyak orang membuktikan bahwa mengoleskan tea tree oil beberapa kali sehari dalam jangka waktu tertentu akan membuat tahi lalat hilang. Namun, jangan lupa berhati-hati saat memakainya karena akan beracun jika tertelan. 

9. Menghilangkan tahi lalat di wajah dengan kulit pisang

pexels.com/Any Lane

Selain bahan-bahan di atas, kulit pisang ternyata juga bisa membantu menghilangkan tahi lalat. Kulit pisang mengandung asam tertentu yang bisa menghilangkan tahi lalat. Berbeda dengan lainnya yang membuat kulit kering, kulit pisang justru bekerja seperti pelembap bagi kulit. 

10. Menghilangkan tahi lalat di wajah dengan minyak kelapa

pexels.com/Towfiqu barbhuiya

Terakhir, salah satu cara menghilangkan tahi lalat di wajah adalah dengan minyak kelapa. Minyak kelapa tersebut bisa kamu pakai setiap hari secara rutin.

Meski masih belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa tahi lalat bisa dihilangkan dengan minyak kelapa, tetapi cara ini dipercaya bisa menghilangkan tahi lalat di wajah. 

Itulah 10 cara menghilangkan tahi lalat di wajah yang bisa kamu ikuti. Jangan lupa untuk melakukannya dengan hati-hati dan bila perlu konsultasikan dengan dokter.

Semoga ulasan di atas membantu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Skin