Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel

Bisa dilakukan di rumah

Nafi' Khoiriyah

flek hitam pada wajah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari penuaan sampai bekas luka, semuanya membuat warna kulit menjadi tidak rata. Bintik-bintik gelap tersebut bisa muncul karena kulit memproduksi terlalu banyak melanin. 

Meskipun tidak berbahaya, tetapi flek hitam biasanya memengaruhi rasa percaya diri. Maka dari itu, banyak orang yang ingin menghilangkannya.

Ternyata, ada berbagai jenis skincare dan perawatan yang bisa menghilangkan flek hitam, lhoNah, Popbela.com akan membagikan cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel dalam ulasan berikut ini. 

1. Retinoid

pexels.com/Anna Nekrashevich

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel pertama bisa dengan menggunakan skincare yang mengandung retinoid. Retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang bisa memicu pergantian sel kulit baru. Sehingga, bintik hitam akan memudar dalam pemakaian jangka waktu tertentu. 

Namun, retinoid ini tidak cocok bagi ibu hamil karena bisa menyebabkan kelainan. Bukan hanya itu, kandungan skincare ini bisa meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar ultraviolet. Itulah mengapa perlu menggunakan sunscreen saat memakai retinoid. 

2. Kojic acid

pexels.com/Alesia Kozik

Kojic acid merupakan kandungan yang berasal dari jamur atau beras yang difermentasi. Umumnya, kojic acid digunakan sebagai pencerah kulit.

Namun, zat ini bisa digunakan untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit dengan penggunaan beberapa bulan. Kamu bisa menggunakannya pada malam hari di area yang berbintik hitam.

4. Vitamin C

pexels.com/Natallia Photo

Cara menghilangkan flek hitam di wajah lainnya bisa menggunakan vitamin C. Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas penyebab warna gelap pada kulit. Vitamin C juga bisa mencerahkan kulit secara alami serta memblokir radikal bebas penyebab keriput dan garis halus. 

5. Eksfoliasi kimia

freepik.com/user18526052

Eksfoliasi kimia merupakan cara menghilangkan flek hitam dengan menggunakan bahan-bahan tertentu. Bahan tersebut di antaranya adalah AHA dan BHA. Kamu bisa menggunakan produk kimia tersebut untuk memecah sel kulit mati atau menghilangkan lapisan kulit. 

Cara tersebut bisa membuat kulit lebih kencang dan sehat. Namun, eksfoliasi kimia tetap bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Sebab, beberapa kulit sensitif dengan bahan kimia tertentu. Jika kamu mengalami gejala iritasi setelah melakukan eksfoliasi kimia, maka segera hentikan penggunaan produknya.

6. Salicylic acid

pexels.com/Karolina Grabowska

Salah satu zat yang bisa digunakan untuk eksfoliasi kimia adalah BHA atau yang dikenal sebagai salicylic acid. Bintik hitam akibat jerawat bisa membantu mendorong pembentukan sel baru. Tak hanya itu, eksfoliator kimia ini juga bisa membantu mengatasi kemerahan akibat iritasi dan membersihkan minyak berlebih pada pori-pori wajah. 

7. Niacinamide

pexels.com/Susan Flores

Sebagai bahan yang populer di dunia skincare, niacinamide bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel. Kamu bisa memakainya dengan dikombinasikan bahan pencerah kulit lainnya supaya memudarkan flek hitam dan meratakan warna kulit wajah. Niacinamide juga memiliki sifat antiinflamasi yang cocok untuk kulit sensitif dan kemerahan. 

8. Sunscreen

freepik.com/lookstudio

Meskipun sudah memakai serum tertentu, kamu tetap perlu menggunakan sunscreen secara teratur. Sebab, sunscreen bisa melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang menjadi penyebab utama bintik hitam.

Perlu diketahui, hiperpigmentasi akibat jerawat juga bisa diperparah akibat sinar matahari. Maka dari itu, memakai sunscreen menjadi step skincare yang wajib kamu lakukan. 

9. Azelaic acid

freepik.com

Azelaic acid banyak direkomendasikan oleh dokter kulit untuk mengatasi bintik hitam pada wajah. Namanya jarang dikenal, azelaic acid sebenarnya merupakan ekstrak alami dari oat dan gandum. 

Kandungan tersebut mampu membantu menghilangkan jerawat dan bekasnya karena bersifat antibakteri. Selain bintik hitam, azelaic acid juga bisa mengatasi kemerahan hingga jerawat. Kamu bisa mengoleskannya ke wajah satu sampai dua kali sehari. 

10. Perawatan laser

freepik.com/prostooleh

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel terakhir adalah dengan perawatan laser. Metode ini menggunakan energi cahaya yang terkonsentrasi untuk menghilangkan lapisan kulit yang berflek hitam. 

Perawatan laser bisa kamu tempuh kalau ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat daripada memakai produk skincare tertentu. Namun, risiko pembengkakan, kemerahan, atau perubahan tekstur kulit juga bisa terjadi saat menempuh metode laser. 

Itulah 10 cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel. Kira-kira, cara mana yang akan kamu pilih, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Skin