Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Cepat dan Permanen

Mudah dan enggak ribet

Nafi' Khoiriyah

Kulit yang gelap dan kusam bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari paparan sinar matahari, polusi, gaya hidup, sampai tingkat stres yang tinggi. Padahal, wajah bisa menjadi lebih cerah jika kamu mengetahui cara memutihkan kulit secara alami dengan cepat dan permanen

Warna kulit yang gelap itu karena jumlah melanin alami yang ada di kulit dan memberikan warna kecokelatan. Untuk membuat kulit lebih bercahaya kembali, kamu bisa menempuh berbagai cara, mulai dari mengatur kebiasaan sampai memakai produk perawatan yang alami. 

Berikut Popbela.com akan merangkum tujuh cara untuk memutihkan kulit secara alami dengan cepat. Kamu bisa mengikutinya untuk dipakai sebagai rutinitas sehari-hari.

1. Gunakan sunscreen meskipun di dalam ruangan

pexels.com/Mikhail Nilov

Cara memutihkan kulit secara alami dengan cepat dan permanen yang pertama adalah dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya saat beraktivitas sehari-hari. Sunscreen tersebut perlu kamu gunakan baik jika kamu berada di dalam maupun di luar ruangan. 

Sebab, sinar matahari berbahaya bagi kulit dan bisa membuatnya menjadi kusam. Bahkan, ketika kita berada di dalam ruangan, sinar tersebut bisa menembus kaca. Maka dari itu, kamu bisa mengoleskan sunscreen ke seluruh tubuh mulai dari wajah, tangan, dan kaki saat akan beraktivitas. 

Jika sinar matahari terkena kulit secara langsung, maka warna kulit akan berubah menjadi cokelat atau bintik-bintik dan menutupi warna kulit alami yang cerah. Menggunakan sunscreen secara rutin perlahan-lahan akan membuat kulitmu menjadi cerah kembali. 

2. Gunakan pelembap pada kulit

pexels.com/Anna Tarazevich

Memakai pelembap juga bisa menjadi cara yang alami untuk membuat kulit lebih cerah. Kulit yang lembap itu akan menyingkirkan kulit yang kering dan bersisik sehingga kulit menjadi lebih bercahaya. 

Kulit yang terhidrasi itu juga akan mencerahkan kulit secara instan. Sebab, kulit yang cerah dan sehat bergantung pada nutrisi yang didapatkan kulit.

Beberapa kandungan dalam pelembap yang bisa memperbaiki kulit di antaranya adalah minyak zaitun dan shea butter. Kandungan tersebut bisa menutrisi kulit, memperbaiki warna, dan mendorong perbaikan sel. 

3. Gunakan campuran air mawar dan daun basil

pexels.com/Og Mpango

Air mawar memiliki sifat antiinflamasi dan mengurangi kemerahan, sehingga memakai air mawar ke wajah akan membuat kulit lebih segar dan cerah. Air mawar juga bisa menjadi cara memutihkan kulit secara alami dengan cepat dan permanen. Kamu bisa mencampurkannya dengan daun basil serta mencampurkannya dengan 1 sendok teh air mawar. 

Daun basil memiliki sifat antijamur, bisa mencegah infeksi kulit, dan mengembalikan cahaya alami kulit akibat sengatan sinar matahari. Sementara air mawar bisa membuat warna kulit lebih cerah dan terhindar dari bercak gatal atau kemerahan. 

4. Pijat wajah dengan minyak zaitun dan madu

pexels.com/Andrea Piacquadio

Memijat kulit setiap hari dengan minyak zaitun dan madu juga bisa membuat kulit menjadi lebih cerah. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok teh madu, kemudian pijatkan ke kulit selama beberapa menit. 

Namun jika kamu memiliki jenis kulit yang berminyak, campuran tersebut bisa kamu tambahkan dengan tetesan lemon. Setelah pijatan selesai, kamu bisa membersihkan kulit menggunakan air hangat. Kulit pun akan menjadi lebih cerah dalam waktu yang singkat. 

5. Gunakan masker kunyit

pexels.com/Karl Solano

Kunyit merupakan bahan alami yang bukan hanya bisa mengobati berbagai penyakit, tetapi juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit. Hal ini bisa digunakan untuk warna kulit yang berubah karena bekas jerawat yang membandel, hiperpigmentasi, ataupun dark spot. 

Bahan alami ini bisa mengurangi wana kulit yang gelap itu karena memiliki sifat yang antimikroba dan antiinflamasi di dalamnya. Kunyit pun memililki sifat antioksidan yang bisa mengurangi munculnya kerusakan akibat radiakal bebas pada kulit. 

Jadi, cahaya alami kulit akan makin terlihat setelah menggunakan kunyit. Adapun cara pemakaiannya adalah dengan mencampurkan kunyit dengan susu, kemudian mengoleskannya pada kulit. 

6. Gunakan masker timun dan lidah buaya

pexels.com/cottonbro studio

Cara memutihkan kulit secara alami dengan cepat dan permanen selanjutnya bisa menggunakan mentimun. Mentimun memiliki kandungan vitamin C dan asam folat yang bisa membantu masalah kulit kusam. Bahkan, di dalamnya juga mengandung asam glikolat, asam laktat, dan asam salisilat yang bisa mengangkat kulit mati dan mengatasi penuaan dini. 

Cara untuk memakai mentimun untuk mencerahkan wajah cukup mudah. Irisan mentimun bisa ditempelkan pada kulit yang gelap selama kurang lebih 20 menit. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkannya dengan lidah buaya yang kaya vitamin A, C, E, dan B12 untuk mencerahkan warna kulit. 

7. Gunakan masker kulit jeruk

pexels.com/Cup of Couple

Masker kulit jeruk juga bisa kamu manfaatkan sebagai alat untuk mencerahkan kulit. Kulit jeruk tersebut mengandung vitamin C, kalsium, dan antioksidan yang bisa meremajakan kulit dan melawan radikal bebas. Jadi, kandungan itu akan membantu pembentukan sel baru yang bisa membuat kulit tampak lebih cerah.

Caranya adalahh dengan menggiling kulit jeruk yang segar dengan susu dingin, kemudian oleskan pasta tersebut ke wajah dan leher. Kalau tidak, gunakan kapas untuk mengoleskannya langsung terutama pada bintik-bintik hitam di kulit.

Biarkan selama kurang lebih 20 menit kemudian bilas dengan air. Kamu bisa menggunakan masker kulit jeruk ini sebanyak dua kali seminggu untuk membuat kulit lebih cerah alami.

8. Gunakan masker tepung beras dan susu

pexels.com/Klaus Nielsen

Cara memutihkan kulit secara alami dengan cepat dan permanen yang terakhir bisa menggunakan tepung beras. Tepung beras memang memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kulit. Sebab, kandungan asam fitat di dalamnya bisa membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi yang membuat kulit menjadi gelap. 

Kandungan asam para aminobenzoat yang ada dalam tepung beras juga bisa merangsang pertumbuhan sel dan melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.

Cara menggunakan masker dari tepung beras adalah dengan mencampurkan 5 sendok makan tepung beras dengan 3 sendok makan susu bubuk. Lalu, campurkan dengan minyak zaitun atau air mawar sampai mengental. Jika sudah, oleskan ke wajah dan diamkan selama 10-15 menit sebelum dibersihkan. 

Demikian cara memutihkan kulit secara alami dengan cepat dan permanen. Namun ingat, cara di atas bisa membantu jika kamu melakukannya dengan konsisten dan sabar. Semoga berhasil ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Skin