Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Wajib Tahu! Ini 7 Jenis Masker dan Fungsinya untuk Wajah

Ada yang belum pernah kamu coba?

Jennifer Alexis

Selain menggunakan rangkaian skincare yang cocok, untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, bersih, dan mulus, pemakaian masker juga bisa dilakukan. Pilihannya pun cukup beragam, sehingga kamu bisa memilih yang sesuai dengan keadaan kulit. Nah, agar tidak salah pilih, yuk, coba intip jenis masker wajah terbaik dan fungsinya di bawah ini!

1. Sheet mask

sk-ii.com

Nggak hanya populer di Korea, masker ini juga banyak diminati di Indonesia. Nggak heran jika masker yang satu ini paling sering dipakai oleh para skincare junkie. Penggunaannya yang mudah serta hasilnya yang instan membuat masker ini dapat membuat wajah terasa halus, lembap, dan terlihat cerah seketika. Tergantung dari varian yang dipilih, masker ini bisa digunakan oleh semua jenis kulit.

2. Peel-off mask

beautyandhealthtips.com

Masker yang satu ini berbentuk krim atau gel yang akan mengering ketika diaplikasikan dan dapat dikelupas. Selain efektif untuk mengangkat kotoran serta komedo di wajah, terutama sekitar hidung, masker jenis ini juga bisa membuat wajah terasa lebih halus. Namun, untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, pastikan untuk memerhatikan kandungannya agar tidak timbul reaksi alergi ya.

3. Clay mask

healthyoptions.com

Buat kamu yang memiliki kulit berminyak, masker yang satu ini bisa dicoba. Karena dapat menyerap kelebihan minyak serta menyerap kotoran dari pori-pori wajah, clay mask ampuh untuk membersihkan wajah secara mendalam. Agar wajah tidak iritasi, pastikan untuk tidak mendiamkan masker terlalu lama serta gunakan pelembap setelahnya agar wajah tidak kering ya.

4. Wash off mask

today.com

Walaupun sedikit ribet karena harus dibersihkan dengan air setelah menggunakannya, tapi masker yang cocok untuk semua jenis kulit ini juga ampuh untuk membuat wajah jadi lebih lembut lho. Pastikan kamu membersihkannya dengan maksimal agar tidak ada sisa krim masker yang tertinggal.

5. DIY mask

lovelieve.com

Yang satu ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti tomat, timun, madu, yoghurt, stroberi, oatmeal, dan lainnya. Walaupun hasil yang diberikan membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi DIY mask lebih aman untuk digunakan lho. Kamu tinggal memilih bahan yang sesuai dengan jenis kulit wajah.

6. Exfoliating mask

refinery29.com

Multifungsi! Masker yang satu ini memiliki dua kegunaan sekaligus. Masker dengan jenis ini biasanya memiliki butiran halus di dalamnya. Pertama, aplikasikan pada wajah dan biarkan sesuai waktu yang disarankan. Sebelum membilasnya dengan air, pijat ringan wajah dengan gerakan memutar untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk.

7. Sleeping mask

allure.com

Sesuai namanya, masker yang satu ini digunakan di malam hari sebelum tidur. Biasanya, sleeping mask memiliki tekstur berupa gel hingga mudah menyerap ke dalam kulit. Fungsinya sendiri untuk menghidrasi serta menyegarkan wajah setelah lelah beraktivitas seharian.

Nah, dari tujuh jenis masker wajah terbaik beserta fungsinya, mana yang paling sering kamu pakai?

IDN Media Channels

Latest from Skin