Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bikin Kulit Jadi Kusam, Ini 10 Hal yang Wajib Kamu Hindari

Perhatikan kebiasaan sehari-hari.

Gita Laras

Pernahkah kulit kamu terlihat kusam dan tidak sehat? Jika iya, kamu tidak perlu khawatir karena itu dapat diatasi dengan berbagai cara. Meski begitu, kamu perlu tahu dulu penyebab kulit kusam agar bisa menanganinya. Berikut 10 hal yang bisa menyebabkan kulit tampak kusam:

1. Jarang mengeksfoliasi kulit wajah

rd.com

Seiring berjalannya waktu, kulit kamu memproduksi minyak lebih sedikit dibanding saat muda. Ini dapat menyebabkan sel-sel kulit mati menumpuk di wajah, membuatnya terlihat kusam, kering, dan tidak bersinar. Oleh karena itu penting untuk melakukan eksfoliasi agar sel kulit mati lenyap. Lakukan 2-3 kali seminggu agar kulitmu tidak kusam.

2. Malas minum air putih

Pexels.com/Jenna Hamra

Saat kulit kekurangan air, wajah akan terlihat kusam. Kamu juga akan memiliki kantung mata yang membuat wajah terlihat makin muram. Maka dari itu, pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu dengan meminum air putih minimal 1,5-2 liter per hari.

3. Melakukan diet yang salah

eatbook.sg

Diet yang tidak tepat dapat menghilangkan kecerahan dari kulit kamu. Pola makan sehari-hari memainkan peran penting pada kesehatan kulit. Sebaiknya konsumsi makanan yang kaya air, sayur-sauran dan buah-buahan agar wajah tampak berseri.

4. Eksfoliasi yang berlebihan

cbc.ac

Melakukan eksfoliasi satu atau dua minggu sekali sangat penting untung menghilangkan kotoran dan sel kulit mati. Namun, bagaimana pun juga, terlalu sering atau terlalu keras saat melakukan eksfoliasi dapat mengikis lapisan pelindung kulit. Akibatnya, kulit kehilangan kelembapan dan membuat wajah kusam.

5. Kebiasaan dan gaya hidup

beautyviceblog.com

Sering merokok dan mengonsumsi alkohol dapat membuat kulit dehidrasi. Pada akhirnya, itu membuat kulit kusam dan tidak cerah. Kebiasaan tersebut juga memberikan perubahan pada tekstur kulit dan ukuran pori-pori. Terapkan gaya hidup sehat untuk mendapatkan kulit yang sehat pula.

6. Tidak menggunakan pelembap

Freepik.com

Hidrasi yang cukup merupakan kunci kulit cerah, sehat, dan awet muda. Oleh sebab itu, jika kamu tidak melembapkannya secara rutin, kulit akan mengalami dehidrasi dan kehilangan kekenyalannya. Kulit pun akan tampak kusam.

7. Menggunakan skincare yang tidak tepat

Freepik

Jika produk skincare yang kamu gunakan tidak cocok dengan tipe kulit kamu, itu akan merusak lapisan pelindung kulit. Menggunakan sabun muka yang keras juga dapat menyebkan kulit wajah kehilangan minyak dan kelembapannya sehingga terlihat kusam.

8. Kurang tidur

wisesleeper.com

Salah satu tanda tubuh sedang lelah adalah kulit yang kusam. Jika kamu kurang tidur dalam beberapa hari terakhir, bagian bawah mata akan menggelap dan memengaruhi penampilan wajah. Kulit juga membutuhkan istirahat layaknya tubuh.

9. Tidak membersihkan makeup saat tidur

Shutterstock/Makistock

Sebelum tidur, penting untuk membersihkan makeup terlebih dulu. Tidur dengan makeup akan menambah kotoran dan debu pada permukaan kulit. Itu akan menyumbat pori-pori dan membuatnya kusam.

10. Tidak menggunakan tabir surya

Pinterest.com/Real Simple

Sinar ultraviolet memecah protein penting di kulit dan merusak lapisan pelindung. Jika kamu tidak menggunakan sunscreen atau tabir surya saat berkegiatan di luar ruangan, kulit akan tampak lelah, gelap dan kusam.

Itulah beberapa penyebab kulit kusam yang harus kamu hindari. Semoga bermanfaat, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Skin