Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Efek Samping Suntik Putih Bagi Kesehatan, Perlu Diwaspadai!

Cari tahu informasinya dahulu, yuk!

Bernadette Celine

Memilki kulit putih dan cerah mungkin jadi impian kebanyakan perempuan. Nggak sedikit lho perempuan yang rela melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kulit putih tersebut, misalnya dengan menggunakan krim atau lotion pemutih.

Namun, mayoritas orang menginginkan sesuatu yang instan. Oleh sebab itu, beberapa di antaranya mencoba untuk melakukan suntik putih.

Sebelum melakukan suntik putih, yuk kenali arti dan efek samping suntik putih di bawah ini!

Apa itu suntik putih?

freepik.com

Pada dasarnya, suntik putih bertujuan meningkatkan skin tone hingga menjadi lebih putih dan terang. Caranya, menyuntikkan atau memasukkan cairan dengan kandungan aktif ke dalam tubuh.

Cairan yang digunakan untuk suntik putih salah satunya adalah Vitamin C. Fungsi dari Vitamin C untuk membantu mencegah timbulnya kerutan di kulit wajah, meningkatkan produksi colagen, serta membantu agar kulit terlihat lebih muda. Namun perlu kita ketahui Bela, bahwa efek dari suntik Vitamin C hanya mencerahkan kulit dan mengembalikan rona asli kulit, bukan untuk memutihkan.

Selain vitamin C, terdapat juga zat glutathione yang merupakan antioksidan yang diproduksi secara alami dalam tubuh. Glutathione juga mempunyai manfaat untuk menjaga sistem imun tubuh.

Sebelum melakukan suntik putih, ada baiknya kita untuk konsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya. Kamu bisa melakukan konsultasi dengan memilih dokter yang kompeten dalam bidang ini. Selain itu, kamu juga bisa untuk memeriksa terlebih dahulu riwayat kesehatanmu.

Apakah suntik putih itu aman? Adakah efek sampingnya?

freepik.com

Suntik putih nyatanya dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan putih. Namun gggak semua orang dapat melakukan suntik putih, ada beberapa efek samping yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan suntik putih ini. Ayo simak beberapa efek samping suntik putih di bawah ini.

1. Sistem percernaan dapat terganggu

freepik.com/stefamerpik

Masalah pencernaan menjadi efek samping suntik putih yang bisa kamu rasakan. Mengonsumsi vitamin C secara berlebihan ternyata dapat mengganggu pencernaan seperti diare dan mual. Jadi berlebihan vitamin C juga nggak baik lho, Bela!

2. Menyebabkan gangguan pada ginjal dan hati

Pexels.com/Sora Shimazaki

Dosis Vitamin C yang terlalu berlebihan juga dapat merusak organ pencernaan seperti hati dan ginjalmu. Vitamin C sendiri akan diolah oleh tubuh menjadi oksalat, yang menyebabkan pembentukan batu ginjal bahkan gagal ginjal. Jangan sepelekan ya, Bela! 

3. Nggak baik untuk ibu hamil

freepik.com

Melakukan suntik putih ini nggak disarankan untuk ibu hamil. Selain vitamin C yang disuntikkan terlalu tinggi, faktor lain juga dapat menghambat produksi progesteron sehingga dapat mengakibatkan keguguran.

4. Dapat menyebabkan penyakit diabetes

freepik.com/freepik

Bagi pengidap diabetes sangat nggak disarankan lho untuk melakukan suntik putih ini. Hal tersebut dapat memberikan efek overdosis pada Vitamin C dalam jangka waktu panjang dan nggak baik untuk tubuh.

5. Berpotensi terkena kanker

freepik.com

Efek samping suntik putih juga bisa sangat berbahaya sekali, lho. Suntik putih bisa menyebabkan sel kanker di dalam tubuhmu berkembangbiak akibat pemakaian vitamin C yang melebihi dosis yang diperlukan bagi tubuh. Harus diwaspadai ya, Bela!

6. Menimbulkan alergi pada kulit

freepik.com

Kandungan yang disuntikan ke kulit tersebut belum tentu cocok untuk setiap kondisi kulit sehingga menyebabkan alergi. Reaksi alergi yang dapat muncul setelah melakukan suntik putih, di antaranya kemerahan, kulit kering, kulit mengelupas dan bersisik atau timbul bintik kecil di sekitar permukaan kulit dalam beberapa kasus.

7. Menyebabkan mati rasa

freepik.com/cookie_studio

Suntik putih juga dapat mengakibatkan mati rasa pada bagian permukaan kulit yang disuntikkan. Tidak lama setelah proses penyuntikkan, kamu akan mengalami mati rasa atau tidak dapat merasakan sensasi apa pun untuk sementara waktu.

8. Resiko terkena penyakit kulit langka

freepik.com

Dalam beberapa kasus, suntik putih juga berpotensi mengakibatkan penyakit kulit yang dikenal dengan sebutan Steven Johnson's Syndrom. Sindrom tersebut akan menyebabkan ruam dan rasa nyeri yang akan menyebar ke permukaan kulit. Nggak berhenti di situ saja, kulit bisa terkelupas dan melepuh jika tidak segera ditangani oleh ahlinya.

9. Menyebabkan uban dan kerontokan rambut

freepik.com/freepik

Dikarenakan suntik putih berpengaruh langsung pada tingkat melanin dan pigmentasi pada tubuh, bagian rambut juga bisa mengalami perubahan warna dan kehilangan pigmentasinya. Selain itu, kerontokan rambut juga dapat dirasakan setelah melakukan perawatan suntik putih.

10. Menyebabkan infeksi pada mata

freepik.com/user18526052

Efek samping suntik putih yang terakhir, yaitu dapat menimbulkan infeksi pada mata. Jika kandungan glutathione masuk ke dalam aliran darah, hal tersebut bisa berdampak langsung pada penglihatanmu.

Kemerahan pada mata dan iritasi menjadi efek yang dapat dirasakan. Oleh sebab itu, perawatan ini harus benar-benar dilakukan oleh ahlinya.

Itulah penjelasan tentang efek samping suntik putih atau vitamin C. Walaupun suntik vitamin C merupakan salah satu cara instan untuk mempercantik kulitmu, kamu harus tetap berhati-hati sebelum melakukannya.

Suntik putih bisa dilakukan dengan prosedur dan penggunaan dosis yang tepat. Hati-hati dalam mengambil keputusan, ya!

IDN Media Channels

Latest from Skin