Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Basic Skincare yang Dibutuhkan Remaja, Simpel Banget!

Basic skincare is a must!

Asri Muspita Sari

Kapan sih waktu yang tepat untuk menggunakan skincare? Jawabannya adalah saat kamu mulai beranjak remaja, Bela. Karena di usia inilah biasanya kamu sudah mulai mengalami berbagai masalah kulit seperti jerawat dan kulit kusam.

Sebenarnya remaja itu nggak perlu pakai banyak skincare kok, Bela. Cukup pakai lima basic skincare ini saja, maka kulitmu bisa terawat dengan baik.

1. Face cleanser untuk membersihkan wajah

Glaminati.com

Selama beraktivitas di sekolah tentu banyak kotoran dan debu yang menempel pada wajah. Oleh karena itu, face cleanser jadi salah satu basic skincare yang nggak boleh kamu lewatkan nih, Bela.

Usai berkegiatan di luar rumah, bersihkan wajah dengan face cleanser seperti micellar water atau cleansing oil. Keduanya berfungsi untuk mengangkat kotoran sebelum menggunakan sabun pembersih wajah.

Saat ini ada berbagai produk micellar water dan cleansing oil yang dikhususkan untuk remaja. Harganya pun terjangkau banget lho, Bela!

2. Facial wash untuk mengangkat residu kotoran

Findyourmomtribe.com

Kalau basic skincare yang satu ini sih Bela wajib banget punya. Facial wash berfungsi untuk mengangkat residu dan kotoran yang tersisa di wajah. 

Karena kulit remaja masih cukup sensitif dan rentan iritasi, pilihlah sabun pembersih wajah dengan formulasi yang gentle dan sesuai dengan jenis kulitmu ya, Bela! 

Hindari facial wash yang mengandung bahan-bahan seperti SLS (Sodium Lauryl Sulfate), alkohol, atau pewangi karena bisa mengiritasi kulit.

3. Toner untuk mengembalikan pH kulit

Freepik.com

Toner juga bisa masuk menjadi basic skincare yang bisa dipakai oleh remaja. Fungsinya adalah untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang tertinggal di kulit usai dibersihkan dengan pembersih wajah. 

Beberapa jenis toner juga bisa mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kulit yang kemerahan. Bukan hanya itu saja, toner pun dapat menyeimbangkan pH kulit sebelum memakai skincare lainnya.

Jadi, skincare lain yang akan kamu gunakan selanjutnya pun menjadi makin efektif terserap ke dalam kulit. 

4. Moisturizer untuk melembapkan wajah

unsplash.com/Poko Skincare

Produk skincare yang nggak kalah penting untuk remaja adalah moisturizer atau pelembap. Tapi jangan salah ya, moisturizer nggak hanya dipakai oleh pemilik kulit kering saja, Bela. Kulit normal dan berminyak pun harus menggunakannya.

Kalau jenis kulitmu berminyak, Popbela sarankan untuk menggunakan moisturizer bertekstur gel ya. Sementara untuk kamu yang punya kulit kering, ada baiknya menggunakan pelembap bertekstur krim.

5. Acne spot treatment untuk meredakan jerawat

medicalnewstoday.com

Permasalahan kulit yang paling sering dialami oleh remaja adalah kulit yang berjerawat. Maka dari itu, kamu bisa memasukkan acne spot treatment jadi salah satu rangkaian  basic skincare. 

Kamu bisa memakainya di makam hari dan secukupnya saja supaya tidak membuat kulit menjadi kering. Cukup dengan mengoleskannya pada bagian kulit yang berjerawat saja!

Namun, jangan biarkan tanganmu menyentuh jerawat tersebut di kulit karena justru akan membuat makin meradang dan menimbulkan bekas. 

6. Sunscreen juga nggak boleh ketinggalan

Freepik.com

Basic skincare yang wajib kamu punya selanjutnya adalah sunscreen. Meskipun masih remaja, penting bagi kamu untuk mulai menggunakan sunscreen, Bela. Sunscreen akan melindungi kulit wajahmu dari paparan sinar UV yang bisa berbahaya untuk kulit.

Saat ini sunscreen memiliki berbagai bentuk, mulai dari gel, lotion, cream, stick, hingga spray. Kalau masih bingung mau pilih sunscreen dari produk apa, Popbela sarankan kamu untuk untuk menggunakan NIVEA Sun Face Serum Instant Aura dan NIVEA Sun Face Serum Oil Control.

Dok. NIVEA

Mengandung SPF 50+ PA+++, kedua sunscreen dari NIVEA ini mampu memberikan proteksi maksimal terhadap efek negatif sinar UVA dan UVB. Memiliki tekstur gel, sunscreen ini terasa ringan di kulit, mudah menyerap, nggak lengket, dan terasa segar saat diaplikasikan ke wajah.

Kalau jenis kulit Bela kering, kamu bisa pakai NIVEA Sun Face Serum Instant Aura. Tapi kalau tipe kulit wajahmu oily, NIVEA Sun Face Serum Oil Control adalah pilihan yang tepat.

Nah, jika Bela tertarik untuk mencoba kedua sunscreen ini, kamu bisa langsung beli produknya di sini ya!

7. Lip balm untuk menjaga kelembapan bibir

Freepik.com

Selain wajah, perawatan bibir juga menjadi basic skincare yang nggak boleh kamu lewatkan nih, Bela. Kamu bisa menggunakan lip balm untuk menjaga kelembapan bibir. Lip balm akan menghidrasi bibir sepanjang hari sehingga bibir kamu akan terhindar dari pecah-pecah.

Gunakan lipbalm sebelum tidur dan sebelum memakai makeup supaya bibir tidak kering dan pecah-pecah. Sebab, zat pelembap di dalamnya bisa membentuk lapisan pelindung untuk permukaan bibir. 

Oke Bela, itu tadi lima basic skincare yang dibutuhkan oleh remaja. Kamu bisa beli produk-produk yang sekiranya ramah di kantong, ya.

Karena skinvestasi itu penting, yuk mulai menjaga dan merawat kesehatan kulit sejak dini supaya wajahmu selalu sehat seiring bertambahnya usia! 

IDN Media Channels

Latest from Skin