Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Biar Kamu Nggak Bingung, Ini Dia Macam-Macam Kuas Makeup dan Fungsinya

Nggak salah pakai lagi deh!

Vidya Nathania

Selain kualitas produk dan skill, kuas makeup juga memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan hasil riasan yang flawless. Memiliki jenis yang cukup banyak, kuas makeup tentunya memiliki fungsinya masing-masing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu dalam merias. Ada kuas makeup yang untuk merias mata, bibir, foundation, bedak, contour juga mengaplikasikan highlighter

Dengan jenis yang sebanyak itu, ternyata masih banyak sebagian perempuan yang masih belum begitu paham dengan macam-macam kuas makeup dan fungsinya. Untuk itu, Popbela akan menjelaskan macam-macam kuas makeup dan fungsinya pada artikel yang satu ini. Buat kamu yang ingin tahu, keep scrolling ya, Bela!

1. Foundation brush

Morphe.com

Umumnya, foundation brush terbagi dalam dua jenis brush yaitu foundation brush berbentuk bulat dan rata juga foundation brush berbentuk tipis. Yang menjadi perbedaan kedua bentuk brush ini tentunya disediakan untuk menyesuaikan hasil akhir yang kamu inginkan. 

Jika kamu menginginkan hasil akhir yang full coverage, sebaiknya gunakan foundation brush berbentuk bulat dan rata, namun jika kamu lebih menyukai hasil akhir foundation yang natural, gunakan foundation brush yang lebih tipis.

2. Concealer brush

japonesque.com

Memiliki bentuk brush yang mungil dan pipih, concelaer brush umumnya memang digunakan untuk mengaplikasikan concealer pada bagian lingkar hitam di bawah mata dan juga bekas jerawat untuk hasil yang lebih natural dan terhindar dari tekstur yang cakey. Nggak hanya dapat digunakan dengan gerakan mengusap tetapi dapat digunakan dengan tap tap secara lembut untuk menambah coverage yang kamu inginkan.

3. Powder brush

milanicosmetics.com

Untuk memilih powder brush yang berkualitas sangat baik, pilih powder brush yang memiliki bulu yang halus agar lebih mudah saat mengaplikasikan bedak dan hasil makeup yang flawless. Powder brush memiliki bentuk bulat dengan bulu kuas yang tebal. Kuas ini juga bisa kamu gunakan dengan berbagai jenis bedak. 

Jika kamu pengguna bedak padat, gunakan dengan gerakan menepuk-nepuk secara lembut pada seluruh bagian wajahmu. Namun, jika kamu lebih sering menggunakan bedak tabur, lakukan teknik baking dengan menyapu ringan sisa bedak yang sengaja di diamkan pada wajah.

4. Kabuki brush

borghese.com

Dalam mengetahui macam-macam kuas makeup dan fungsinya, nggak lengkap kalau tidak kenal dengan jenis brush yang wajib kamu miliki ini. Brush yang multifungsi ini memiliki bentuk yang beragam, namun umumnya kabuki brush berbentuk bulat dan pendek. Fungsi utama dari kabuki brush adalah untuk mengaplikasikan blush on dan dapat juga digunakan dalam mengaplikasikan highlighter, bedak dan meratakan foundation.

5. Angled contour brush

themakeupshack.com

Nah, kalau brush yang satu ini punya bentuk yang cukup unik lho, berbentuk asimetri dengan bulu yang tebal. Sesuai dengan namanya angled contour brush memang diciptakan untuk membaurkan contour pada bagian tulang pipi, rahang, dan dahi. Tak hanya contour dengan tekstur bubuk, produk contour bertekstur cream pun dapat di-blend menggunakan angled contour brush.

6. Highlight fan brush

japonesque.com

Berbentuk seperti kipas, highlight fan brush yang memiliki bentuk lebar dan tipis ini diciptakan untuk membaurkan highlighter pada bagian tulang wajah yang menonjol seperti tulang pipi, tulang hidung, dahi dan cupid bow. Bentuk yang diciptakan sengaja dibuat mirip kipas agar memudahkan si pengguna saat sedang membaurkan produk pada wajah.

7. Blending brush

cultbeauty.co

Brush yang berfungsi untuk membaurkan ini tersedia dalam jenis yang cukup beragam, ada blending brush yang berfungsi untuk membaurkan eyeshadow, contour bagian hidung dan mengaplikasikan highlighter. Dengan begitu banyak ragam, blending brush memiliki fungsi utama dalam menciptakan riasan yang membaur sehingga hasilnya lebih natural.

8. Mini angled brush

nigelbeauty.com

Banyak orang yang bingung saat melihat bentuk brush yang satu ini karena bentuknya yang asimetris dan sangat kecil dengan tekstur yang keras, brush yang satu ini memang digunakan untuk membuat wing liner dengan mudah dan sempurna karena bentuknya yang disesuaikan dengan bagian ujung mata.

9. Bronzer brush

ibybeauty.com

Apakah kamu sedang menggunakan foundation atau bedak yang terlalu putih dari warna kulitmu? Tenang, bronzer akan menyelamatakan tampilan makeup-mu. Saat mengaplikasikan bronzer, tentunya jangan sembarang memilih brush ya. Pilih bronzer brush khusus dengan bentuk brush yang terlihat seperti perpaduan kabuki dan foundation brush ini.

10. Lip brush

janeiredale.com

Sesuai dengan namanya, lip brush digunakan untuk memulaskan lipstik pada bibirmu. Terciptanya lip brush adalah untuk dapat mengontrol hasil lipstik yang kamu inginkan. Dari mulai hasil lipstik yang natural hingga pigmented, kamu dapat memulaskan lip brush yang lembut secara perlahan.

Nah, itu dia macam-macam kuas makeup dan fungsinya yang dapat menjadi panduanmu saat sedang merias wajah. Selain mengetahui jenis dan fungsinya, satu hal yang nggak boleh terlupa yaitu menjaga kebersihan brush agar terhindar dari masalah kulit seperti jerawat. Sekarang jangan sampai salah menggunakan brush lagi ya Bela!

IDN Media Channels

Latest from Make Up