Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Jenis Parfum Berdasarkan Aromanya, Pilih Mana?

Jangan sampai salah pilih!

Nafi' Khoiriyah

Memilih wewangian memang tidak semudah memilih pakaian. Aromanya tidak bisa kita lihat secara kasat mata sehingga hanya ingatan wanginya yang membuat kita bisa memilihnya. 

Supaya kamu bisa lebih mudah memilih jenis parfum berdasarkan aromanya, Popbela.com akan membahas aneka jenis aroma parfum. Mulai dari floral sampai oriental, berikut adalah jenis parfum berdasarkan aromanya yang bisa kamu pilih.  

1. Floral

pexels.com/Karolina Grabowska

Jenis parfum yang pertama tentu tak asing lagi untukmu. Seperti namanya, parfum aroma floral memiliki wangi bunga yang romantis. Memakai wewangian ini akan membuatmu begitu feminin. 

Sering kali, aromanya lembut dan ringan, tetapi ada pula yang kompleks dan intens. Parfum aroma floral juga menjadi variasi aroma paling luas dan populer. 

2. Fruity

pexels.com/ Susanne Jutzeler

Aroma buah akan cocok dipakai pada saat musim panas, misalnya parfum dengan notes cherry, pear, dan watermelon. Meskipun manis, tetapi parfum fruity tidak pernah membosankan. 

Biasanya, parfum fruity dipadukan dengan spicy notes yang membuat suasana menjadi romantis. 

3. Woody

unsplash.com/Lukasz Szmigiel

Kalau ingin kesan yang misterius, memakai parfum beraroma woody adalah pilihan yang tepat. Wewangian ini berbahan dasar kayu, seperti cedarwood, sandalwood, vetiver, dan amber. 

Biasanya, wewangian bernada hangat ini akan cocok dipakai pada malam hari. Aroma woody terbagi menjadi mossy woods yang earthy dan manis dengan dry woods yang smoky. 

4. Citrus

unsplash.com/Brooke Lark

Jenis parfum selanjutnya ini memiliki karakteristik yang clean, tajam, dan menyegarkan. Biasanya, wangi citrus ditandai dengan aroma lemon, grapefruit, orange, dan bergamot.

Karakter wangi ini membangkitkan energi dan cocok untuk dipakai pada cuaca yang panas siang hari. Orang yang memiliki sifat ceria akan menyatu dengan wangi ini. 

5. Spicy

unsplash.com/Ratul Ghosh

Memiliki aroma herbal dapur, seperti cinnamon, ginger, cardamom, cloves, dan pepper, parfum aroma spicy justru terkesan mewah. Wewangian ini bisa memikat dengan caranya sendiri dan memberikan kesan kuno. 

Aromanya cocok dipakai untuk acara santai dan makan siang. Biasanya, parfum aroma spicy dipasangkan dengan aroma woody untuk memberikan kesan yang misterius. 

6. Aquatic

unsplash.com/Christoffer Engström

Seperti namanya, parfum aroma aquatic bercirikan aroma laut, seperti algae, salt, dan fresh sea air. Aroma ini banyak ditemukan sebagai parfum laki laki. 

Kamu akan terasa seperti berada di pantai atau kapal sambil berjemur di bawah sinar matahari saat memakai parfum aroma aquatic. Kesannya terasa segar, lapang, dan clean.

7. Gourmand

unsplash.com/centelm

Jenis aroma parfum yang membingungkan adalah gourmand. Sebab, ada orang yang benar-benar menyukainya, atau justru tidak sama sekali. Parfum aroma ini terasa manis, seperti vanilla, chocolate, burnt sugar, atau caramel.

Wanginya bisa membangkitkan selera makan, bisa dipakai untuk perempuan maupun laki-laki. 

8. Green

unsplash.com/andrewcoelho

Kalau kamu suka dengan wangi rumput yang baru dipotong atau aroma hijau daun yang bersih, maka parfum aroma green mungkin akan cocok untukmu. 

Wangi ini sangat cocok untuk acara santai di siang hari. Sebab, aromanya seperti daun segar dan rumput yang sangat ringan. Tak jarang, parfum aroma green juga cenderung sporty dan unisex.

9. Oriental

unsplash.com/oriento

Terakhir, jenis aroma parfum oriental merupakan gabungan antara wangi earthy dan musky. Bahan yang biasanya dipakai seperti amber dan musk yang cocok untuk menarik perhatian. 

Memakai parfum aroma oriental akan cocok pada malam hari saat kencan romantis. Kesannya saat memakai parfum aroma ini adalah hangat, manis, sensual, dan mewah. 

Ternyata, jenis parfum berdasarkan aromanya ada begitu banyak dan berbeda-beda. Kalau di antara aroma parfum di atas, mana yang paling sesuai dengan karaktermu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Make Up