Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

12 Cushion Merek Lokal dengan Kualitas Terbaik, Sudah Coba?

Tekstur ringan, full coverage, hasil flawless!

Dina Lathifa

Merek kosmetik Indonesia semakin membuat kagum para beauty enthusiast Tanah Air. Pasalnya, banyak dari mereka yang mulai mengeluarkan produk-produk yang nggak kalah bagusnya dengan luar negeri. Bahkan, merek lokal turut mengeluarkan produk kosmetik yang mengikuti tren dunia, salah satunya adalah foundation cushion atau bb cushion.

Awalnya, kamu mungkin mengenal foundation atau bb cushion dari Korea Selatan, menyusul kemudian dari merek-merek negara lainnya. Kini, sudah tersedia bb cushion merek lokal dengan kualitas yang menakjubkan. Apa saja?

1. Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion

Instagram.com/@wardahbeauty

Masih dari brand yang sama, Wardah turut mengeluarkan cushion dari Exclusive Series dengan nama Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion. Dibalut dengan kemasan berwarna hijau yang menjadi ciri khasnya Wardah, produk ini memiliki tekstur yang ringan dengan coverage yang lebih menutupi. 

Mengandung Superfine Silky Particles yang mampu menutupi ketidaksempurnaan pada wajah, serta Soft Focus Agent yang dapat menyamarkan pori-pori, Exclusive Cushion dari Wardah ini memberikan tampilan wajah yang natural dan glowing. Tersedia dalam 4 warna (Natural, Light Beige, Honey Beige, Sandy Beige), BB cushion baru Wardah ini berada di kisaran harga di bawah Rp150 ribu.

2. Pixy Make it Glow Dewy Cushion

Instagram.com/@pixycosmetics

Pixy mengeluarkan cushion dari rangkaian 'Make It Glow' dengan nama Pixy Make It Glow Dewy Cushion. Sesuai namanya, hasil akhir dari produk ini dewy sehingga membuat wajah nampak glowy. Meski begitu, daya tutupnya tinggi sehingga mampu menyamarkan ketidaksempurnaan pada wajah. Teksturnya pun ringan jadi terasa nyaman pada wajah.

Diperkaya dengan kandungan Botanical Extract, membantu menutrisi kulit dari dalam sehingga membuat wajah nampak sehat dan bercahaya. Serta SPF 23 & PA++ membantu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB matahari. Tersedia dalam 3 warna (Light Beige, Neutral Beige, dan Medium Beige), BB Cushion Pixy ini berkisar sekitar Rp125 ribu.

3. Mineral Botanica Air Cushion Foundation

Instagram.com/@mineralbotanica

Mineral Botanica merupakan salah satu merek lokal pelopor kehadiran cushion foundation di Indonesia. Bernama Mineral Botanica Air Cushion Foundation, produk ini memiliki daya tutup yang ringan hingga medium dengan tekstur yang ringan. Diperkaya dengan kandungan seperti anti-pollution, UV Filter, moisturizing dan whitening effect, cushion ini dapat melindungi kesehatan kulit sekaligus mencerahkannya.

Foundation cushion Mineral Botanica terbagi menjadi dua varian, hasil akhir dewy dan hasil akhir matte. Tersedia dalam 5 warna (Light, Rose, Medium, Beige, dan Deep Beige), kedua variannya berkisar di bawah Rp200 ribu.

4. Silky Girl Magic BB Cushion

Instagram.com/@silkygirlcosmetics

Silkygirl memiliki produk BB Cushion-nya sendiri dengan nama Silkygirl Magic BB Cushion SPF 50/PA+++. Produk ini diklaim mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit, mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, melembapkan kulit, menahan minyak selama 12 jam, dan nggak menimbulkan komedo.

Terbalut dalam kemasan berwarna putih bersih, BB Cushion Silkygirl ini memiliki tekstur ringan dengan daya tutup medium, dan memberikan hasil akhir semi-matte. Tersedia dalam dua warna (01 Natural Light dan 02 Natural Medium), harga produk ini berkisar di bawah Rp200 ribu.

5. Zoya Flawless Mineral Cushion

Instagram.com/@zoyacosmetics

Sebagai salah satu merek lokal halal di Indonesia, Zoya turut merilis produk cushion-nya bernama Zoya Flawless Mineral Cushion. Dengan kemasan berwarna pink yang manis, produk ini rupanya dibuat dengan teknologi dan diformulasikan di Korea, loh! 

Cushion Zoya ini memiliki formula Blur Effect yang dapat membuat wajah terlihat lebih flawless. Hasil akhirnya matte sehingga cocok buat kamu yang suka tampil bebas kilap sepanjang hari. Tersedia dalam 2 pilihan warna (Translucent dan Sand), harga cushion Zoya ini berkisar di bawah Rp200 ribu.

6. Mizzu Glam Rock Aqua Foundation

Instagram.com/@mizzucosmetics

Berbeda dari produk cushion pada umumnya, Mizzu nggak memiliki bantalan cushion di dalamnya. Mizzu Glam Rock Aqua Foundation ini menggunakan lempengan besi dengan lubang-lubang kecil. Jadi, kamu perlu menekan besi tersebut secara perlahan untuk mengeluarkan foundation, kemudian mengambilnya menggunakan puff yang tersedia.

Foundation cushion dari Mizzu ini berbahan dasar air sehingga mudah dibaurkan, namun memiliki daya tutup yang bagus. Hasil akhirnya dewy-look. Tersedia dalam 4 warna (#1 Stunning, #2 Charming, #3 Alluring, #4 Appealing), cushion Mizzu ini berkisar sekitar Rp150 ribu. 

7. Brun Brun Smooth Cover Cushion Foundation

Instagram.com/@brunbrun_paris

Sering dianggap merek luar negeri, faktanya Brun Brun merupakan merek lokal, loh! Brun Brun merilis Smooth Cover Cushion Foundation, cushion yang diklaim dapat mencerahkan, melembapkan, melindungi dari sinar UV, serta mengendalikan produksi minyak berlebih. Diperkaya dengan kandungan antioksidan sehingga dapat menjaga kulit dari efek radikal bebas.

Memberikan hasil akhir natural, foundation cushion dari Brun Brun ini tersedia dalam 2 warna (Buff Natural dan Rosy Almond). Harganya berkisar di bawah Rp100 ribu, sangat terjangkau.

8. Make Over Powerstay Demi-matte Cover Cushion

Instagram.com/@makeoverid

Dari rangkaian kosmetik terbarunya 'Power Stay', Make Over merilis Powerstay Demi-Matte Cover Cushion untuk penggemar makeup di Tanah Air. Dengan klaim memiliki hasil akhir demi-matte yang natural, cushion Make Over ini mampu menutupi ketidaksempurnaan dan meratakan warna kulit. Diperkaya dengan kandungan moisturizer, anti-pollution, dan SPF 50 PA+++, produk ini dapat menjaga kulit dari efek buruk lingkungan. Tersedia dalam 6 pilihan warna (N10, W22, N30, W42, N50, dan C51), harganya berkisar Rp215 ribu.

9. Fanbo BB Aqua Foundation Cushion

Instagram.com/@fanbocosmetics

Sebagai salah satu merek kosmetik lama di Indonesia, Fanbo baru saja merilis cushion pertamanya. Bernama Fanbo BB Aqua Foundation Cushion, produk ini memiliki formula Sebum Control Technology, Double Brightening Effect, Non-comedogenic, Pore-minimizer, anti-oxidant, dan SPF 30 PA++. 

Jadi, cushion ini mampu menjaga kesehatan kulit, melindungi dari sinar matahari, serta memberikan tampilan akhir yang flawless. cushion Fanbo ini dapat melindungi kulit dari sinar matahari.

Cushion dari Fanbo ini memiliki tekstur yang ringan dengan daya tutup medium. Dibalut dengan kemasan yang warna-warni, Fanbo BB Aqua Foundation Cushion tersedia dalam 3 warna (Light, Natural, Beige). Harganya berkisar Rp105 ribu,

10. Purbasari Pore Perfecting BB Cushion

Instagram.com/@purbasarimakeupid

Purbasari merilis cushion pertamanya, Purbasari Pore Perfecting BB Cushion. Produk ini diklaim membantu mengurangi sebum, menyamarkan tampilan pori-pori, dan melindungi kulit dari sinar matahari. Teksturnya creamy namun mudah dibaurkan dan terasa nyaman pada wajah.

 Daya covergaenya medium dan memberikan hasil akhir matte, cocok untuk kulit berminyak. Cushion Purbasari ini tersedia dalam 3 warna (01 Light Beige, 02 Honey Beige, 03 Caramel) dengan harga berkisar Rp120 ribu.

11. Emina Bare with Me Mineral Cushion

Instagram.com/@eminacosmetics

Merek kosmetik remaja Emina turut merilis cushion versinya sendiri. Bernama Emina Bare with Me Cushion, produk ini diklaim memiliki hasil akhir dewy-matte yang dapat memberikan tampilan kulit yang glowing

Diperkaya dengan oil absorber dan sun protection, cushion dari Emina ini dapat mengontrol minyak pada kulit sekaligus melindungi kulir dari sinar matahari.

Dibalut dalam kemasan berwarna pink yang manis, Emina Bare with Me Cushion tersedia dalam tiga warna (Light, Natural, dan Caramel). Harga produk ini berkisar sekitar Rp126 ribu.

12. Social Cosmetics BC Airy Cushion

Instagram.com/@socialcosmetics

Setelah merilis lipstick, Social Cosmetics merilis produk keduanya yaitu Social Cosmetics BC airy Cushion. Produk ini merupakan gabungan antara BB Cream, CC Cream, dan foundation yang dapat memberikan tampilan flawless

Cushion ini memiliki hasil akhir full coverage namun tetap terasa ringan pada wajah. Dilengkapi dengan White Lily Extract, vitamin E, serta UV Filter, cushion ini membantu mengurangi inflamasi, melembapkan kulit, serta melindungi dari sinar UV matahari.

Social Cosmetics BC Airy Cushion tersedia dalam 4 warna (Light, Medium Light, Medium, dan Dark), produk ini berkisar pada harga Rp165 ribu.

Itulah deretan BB cushion lokal dari merek Indonesia. Sudah coba beberapa di antaranya, Bela? Jangan lupa share review kamu pada penggemar makeup lainnya, ya!

IDN Media Channels

Latest from Make Up