Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tips Makeup untuk Pemilik Kulit Gelap, Coba Sekarang!

Jangan ragu bermain dengan warna terang!

Dina Lathifa

Setiap warna kulit memiliki pesona dan kecantikannya sendiri. Menyadari hal ini, maka tips makeup pun akan berbeda pada tiap-tiap warna kulit yang ada. Seseorang dengan kulit putih pucat memiliki teknik makeup yang berbeda dengan seseorang yang memiliki kulit kuning langsat. Begitu pula dengan mereka yang memiliki kulit sawo matang sampai dengan kulit yang lebih gelap. Apa kamu memiliki warna kulit yang eksotis ini, Bela?

Jika mengalami kesulitan dalam memilih dan mengaplikasikan makeup, kini kamu nggak perlu khawatir. Melansir dari Byrdie, beberapa makeup artist ternama membagikan beberapa tips riasan untuk kamu yang memiliki kulit gelap. Apa saja, ya?

1. Menemukan warna yang tepat untuk wajahmu

Pexels.com/Dellon Thomas

Kesalahan besar yang perempuan lakukan adalah mengira kalau satu warna cocok untuk seluruh permukaan wajah. Padahal, bagian-bagian wajah tertentu memiliki warna yang berbeda. 

Misalnya pada bagian tengah wajah, kamu dapat mengaplikasikan foundation atau concealer yang lebih terang untuk meng-highlight dan conceal. Lalu pada bagian wajah seperti hairline, tulang pipi dan rahang, kamu dapat mengaplikasikan warna yang lebih gelap untuk mempertegas atau membentuk struktur wajahmu.

Jika mencoba menggunakan warna foundation yang lebih terang pada bagian tengah wajah dan mengaplikaskannya dari dalam ke luar wajah, kamu melakukan highlight dan conceal dalam satu langkah sehingga dapat mengurangi pemakaian produk. Selain itu dengan langkah ini, kamu dapat menemukan undertone kulitmu. 

Selanjutnya, kamu dapat menggunakan foundation warna yang lebih gelap, entah itu cool atau warm undertone, pada garis rahang dan tulang pipi untuk memberikan bayangan pada wajahmu. 

Terakhir, kamu dapat melihat kulit sekitar dahi dan rahang yang menunjukkan warna kulitmu yang sebenarnya. Gunakan foundation dengan warna tersebut untuk membaurkan semuannya sehingga base makeup terlihat mulus.

2. Coba warna foundation pada garis rahang

Pexels.com/Godisable Jacob

Kesulitan menemukan warna foundation yang sesuai dengan warna kulitmu? Tips ini mungkin dapat membantumu, Bela. Kunjungi toko makeup dan ambil produk tester. Swatch foundation tersebut pada garis rahangmu. Kamu akan melihat foundation menyatu dengan kulit sehingga dapat mengetahui jika warna tersebut cocok dengan warna kulitmu atau nggak. Akan lebih baik lagi jika kamu mencoba keluar dari toko untuk melihat warna foundation di bawah sinar matahari langsung.

3. Cari warna yang hangat, namun bermain dengan warna

Pexels.com/Retha Ferguson

Faktanya, perempuan berkulit gelap juga dapat bermain dengan warna, loh! Sebagian besar warna akan terlihat memesona dengan warna kulitmu yang eksotis itu. Kamu bisa bermain dengan eyeshadow warna biru neon dan blush on warna merah, keduanya terlihat cantik! 

Namun ada sedikit tips saat ingin memilih warna-warna makeup dekoratif ini. Ketika ingin menggunakan warna yang terang, usahakan untuk memilih warna yang memiliki warm undertone dan lebih gelap dalam spektrum warna tersebut.

4. Coba layering highlighter

Pexels.com/Bestbe Models

Kamu butuh highlighter untuk menonjolkan tulang pipi, batang hidung dan tulang alis. Tapi daripada menggunakan satu highlighter, mengapa nggak mencoba layer dengan warna lainnya? 

Aplikasikan dan layering beberapa shade highlighter pada bagian wajah yang ingin kamu tonjolkan. Menurut makeup artist, teknik ini sangat cocok untuk kulit gelap. Layering highlighter akan memberikan kesan kulit 3 dimensi.

5. Menggunakan brand makeup yang memiliki warna produk untuk kulitmu

Pexels.com/Zhugewala

Nggak memungkiri, belum banyak merek makeup yang memiliki produk menjangkau semua warna kulit, khususnya kulit gelap. Ini juga yang menyebabkan perempuan berkulit gelap kesulitan menemukan warna base makeup dan warna riasan dekoratif lainnya yang sesuai untuk dirinya. 

Namun kini, sudah banyak merek makeup yang menghadirkan produk untuk semua warna kulit. Kamu dapat melakukan riset brand untuk menemukan makeup yang kamu inginkan dan cocok dengan warna kulitmu.

Semua orang cantik, semua warna kulit cantik. Nggak ada yang membedakan antara satu sama lain. Jangan berkecil hati jika merasa makeup-mu belum sepenuhnya mengekspresikan dirimu. 

Boleh jadi, kamu belum menemukan tips dan trik yang tepat. Coba ikuti tips makeup untuk kulit gelap ini, Bela, dan ekspresikan dirimu melalui makeup yang kamu sukai!

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Make Up