Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Real Beauty Menurut Ayukinan Hamzah: 'It's All About Mindset'

Apa arti real beauty menurut kamu?

Aisyah Banowati

Kurang dari satu bulan lagi kita akan kembali bertemu dengan salah satu beauty event terbesar di Indonesia, Beauty Fest Asia (BFA) 2023. Rencananya, BFA 2023 akan berlangsung di ballroom hotel Ritz-Carlton pada 2-4 Juni 2023 mendatang. 

Sebelum acara puncak, BFA terlebih dahulu menggelar Judges Gathering yang dihadiri oleh berbagai sosok yang berkecimpung di industri beauty Tanah Air. Salah satunya adalah Ayukinan Hamzah yang merupakan Editor in Chief Beautynesia. ID. 

Bersama Popbela, Ayukinan membahas berbagai topik menarik tentang beauty dan gen z. Penasaran dengan obrolan kita? Yuk, simak keseruannya dalam artikel ini!

1. Menurut Anda, what's the real beauty in life?

Dok. Popbela.com

Real beauty itu kalau menurut aku adalah 'sama sekali bukan apa yang terlihat dari luar, tapi bagaimana kita melihat diri kita sendiri'. It's all about mindset. Real beauty adalah pada saat kamu bisa menghargai diri kamu sendiri dan kamu memang merasa cantik. Nggak peduli kecantikan kamu divalidasi sama orang atau enggak.

2. Menurut Anda, beauty standard di 2023 masih ada atau nggak? Bagaimana pandangan Anda tentang beauty standard di Indonesia?

Kita nggak bisa munafik juga, beauty standard itu selalu ada. Masalahnya adalah, standar mana yang mau kita ikuti dan apakah kita bisa membuat standar kecantikan kita sendiri? Bisa.

Jadi, apakah masih ada (beauty standard)? Itu masih. Apakah kita mau mendobrak itu atau tidak? Karena standar kecantikan itu akhirnya bisnis lagi yang menyetir. Jadi, sebaiknya yang perlu disadari adalah 'bahwa kecantikan setiap orang itu bisa berbeda'. 

Mungkin di Afrika kulit putih itu nggak cantik, yang cantik ya yang kulit hitam. Dan itu nggak papa juga, yang penting kita sadar bahwa kita bisa punya standar kecantikan kita sendiri.

3. Setiap generasi kan punya caranya sendiri untuk mengekspresikan diri, menurut kamu bagaimana cara anak zaman sekarang, which is Gen-Z, mengekspresikan diri mereka?

Gen z itu memang generasi yang berbeda dengan generasi sebelumnya, karena memang mereka lahir di era digital. Di mana akhirnya eksistensi itu cukup di media sosial mereka saja secara online, nggak langsung ketemu orang. 

Mungkin dulu kita tidak pernah berpikir bahwa orang 'bener' itu harus punya sosial media, kalau nggak punya sosial media itu diragukan, apakah dia orang beneran atau nggak. Itu yang terjadi sekarang. 

Bagaimana pendapat saya tentang mereka? Tentu setiap generasi berbeda, memang kalau gen z cara mengekspresikan dirinya memang itu sudah seharusnya. Cuma paling yang harus menjadi catatan untuk gen z adalah, sosial media hanya, kalau di matematika tuh hanya sedikit sampel dari apa yang terjadi di dunia.

Jadi, jangan sampai life sosial media kamu akhirnya menjadi validasi terhadap diri kamu. Sebenarnya itu yang nggak boleh. Jadi, sosial media tentu penting, tapi present kamu di dunia nyata itu sama pentingnya. 

4. Kasih dong tips beauty paling update dari kamu buat para pembaca Popbela!

Dok. Popbela.com

Cari apa yang menjadi kecantikanmu saat ini. Pada saat bisa menemukan kecantikan diri kamu sendiri, dan kamu memvalidasi diri sendiri, validasi dari orang luar tuh akan 'it's doesn't matters anymore'. Dan ingat, yang pasti cantik itu tidak hanya penampilan, tapi bagaimana kamu merepresentasikan diri kamu ke diri kamu sendiri dan ke orang lain.

5. Apa beauty mantra kamu?

Aku bersyukur bahwa aku yang hari ini lebih baik daripada yang kemarin.

6. Apa harapan Anda untuk BFA 2023?

Harapan aku BFA bisa menjadi wadah, nggak hanya untuk insan beauty tapi juga gen z di seluruh Indonesia. Untuk menjadi inspirasi, untuk menjadi wadah mereka untuk berkarya, dan juga semoga membuat industri Indonesia makin dilihat.

Tertarik untuk mendengar lebih banyak lagi pembicaraan inspiratif dari berbagai publik figur, para ahli di bidangnya, serta berbelanja produk makeup dan skincare dengan harga miring? Yuk, catat tanggalnya dan jangan lupa ajak bestie kamu untuk datang ke Beauty Fest Asia (BFA) 2023!

IDN Media Channels

Latest from Make Up