Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Terlihat Sepele, 5 Hal Ini Justru akan Berdampak Pada Kesehatanmu

Wajib diperhatiin nih!

Vidya Nathania

Menjaga kesehatan adalah salah satu hal yang cukup penting, namun seringkali orang memerhatikan kesehatannya ketika mengalami gejala penyakit tertentu. Padahal, menjaga kesehatan tubuhmu apalagi di usia yang masih muda akan sangat berpengaruh pada beberapa tahun ke depan. Dalam menjaga kesehatan tubuhnya, tak sedikit orang yang bingung memulai dari bagian mana. Memulai sesuatu bisa dengan hal-hal sederhana yang sebenarnya berdampak cukup besar, seperti 5 hal di bawah ini. Buat kamu yang penasaran, simak artikelnya ya!

1. Tidur yang cukup

pexels.com

Mungkin kamu sudah bosan mendengar hal yang satu ini, namun, memperhatikan jam tidurmu adalah sesuatu yang harus kamu lakukan. Karena tidur dengan cukup, tak hanya sekedar membuat tubuhmu terasa menyegarkan, tetapi juga dapat mengurasi stres dan cemas yang diakibatkan oleh aktivitas yang menumpuk.

2. Sesekali lakukan medical check-up

pexels.com

Hal yang satu ini memang menjadi suatu hal yang sangat jarang dilakukan banyak orang, umumnya di Indonesia. Banyak orang beranggapan bahwa cek ke dokter hanya ketika tubuhmu sedang sakit atau mengalami gejala. Padahal, kamu juga bisa cek kesehatan tubuhmu untuk mengetahui apakah organ dan anggota tubuhmu bekerja dengan normal atau mengetahui suatu bibit penyakit yang tidak diketahui. Untuk itu, kamu bisa langsung melakukan perawatan khusus atau melakukan olahraga yang akan dianjurkan sang dokter.

3. Belajar untuk memasak makanan yang sehat

pexels.com

Makanan yang sehat adalah makanan yang memiliki kandungan gizi yang seimbang dan tentunya makanan sehat tak hanya membuatmu kenyang tetapi juga dapat menjaga kesehatan tubuhmu dalam jangka waktu yang cukup panjang. Kalau kamu mungkin sulit menemukan makanan sehat pada sekitarmu atau mungkin kamu tidak menyukai makanan sehat. Mungkin sudah saatnya kamu mencoba memasak sesuai dengan seleramu, kamu bisa bermain dengan bumbu sehingga menciptakan rasa yang kamu inginkan.

4. Belajar mengatur rasa stres yang kamu alami

pexels.com

Stres dapat menyerang usia berapa saja, beberapa faktor yang menyebabkan stres bisa karena mendapat berbagai tekanan dari segala sisi yang membuat otakmu tak dapat mengontrolnya. Ketika kamu mengalami hal tersebut, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah diam dan coba untuk menutup matamu, ciptakan rasa tenang dari dirimu sendiri. Mungkin rasanya cukup sulit, namun hanya dirimu yang dapat mengontrol rasa stres itu. Ketika kamu mulai terbiasa, tubuhmu akan otomatis melakukan hal tersebut ketika menghadapi stres dan tubuhmu terhindar dari berbagai penyakit.

5. Lakukan aktivitas olahraga yang terasa menyenangkan

pexels.com

Bagi sebagian orang, berolahraga adalah kegiatan yang cukup membosankan dan berat untuk dilakukan. Padahal, olahraga merupakan salah satu kegiatan yang cukup penting dalam menjaga kesehatan. Untuk itu, tips terbaik adalah menemukan olahraga yang menurutmu sangat menyenangkan untuk dilakukan. Misalnya kamu sangat suka bermain air, kamu dapat memilih renang atau kalau kamu sangat suka bermain bola, kamu bisa memilih futsal, badminton, volley sebagai aktivitasmu.

Ternyata hal-hal kecil yang berdampak pada kesehatan tubuhmu tidak sulit untuk dilakukan ya Bela? Kamu bisa memulainya dari salah satu poin yang menurutmu cukup mudah untuk dilakukan. Selamat mencoba!

IDN Media Channels

Latest from Health