Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini 5 Manfaat Berenang untuk Kesehatan

Yuk, berenang biar makin sehat!

Vidya Nathania

Dari banyaknya kegiatan olahraga yang sering dilakukan banyak orang, berenang merupakan kegiatan olahraga yang paling menyenangkan. Digemari oleh semua usia, dari mulai anak-anak hingga orang dewasa sangat menyukai kegiatan renang. Namun, ternyata nggak hanya sekedar dikenal sebagai olahraga yang menyenangkan saja, tetapi berenang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatanmu lho. Dari mulai kesehatan fisik hingga kesehatan mental hingga dapat menjadi kegiatan terapi bagi penyakit tertentu. Wah pasti kamu penasaran kan? Yuk, ikuti terus artikelnya sampai habis ya Bela!

1. Dapat membakar kalori

Jooinn.com

Dari semua jenis olahraga, berenang memang dikenal dapat membakar kalori tubuh dengan waktu yang lebih cepat. Lakukan renang sekali seminggu secara rutin dan tentunya dengan gaya hidup yang sehat.

2. Membantu para penderita asma

womenshealth.gov

Nggak hanya fokus pada gerakan tangan dan kaki saat berenang, tetapi berenang juga dikenal dalam hal pernapasan. Dengan memperkuat otot paru-paru, kegiatan renang sangat ampuh untuk membantu penderita asma agar dapat pulih.

3. Dapat membuat tubuh menjadi rileks

allthingshair.com

Selain baik untuk fisik, berenang juga baik untuk kesehatan mentalmu. Karena saat melakukan kegiatan renang, otot pada tubuhmu yang meregang diiringi dengan pernapasan yang teratur dapat membuat pikiran menjadi rileks dan tidur pun menjadi lebih nyenyak.

4. Menjadi solusi untuk meningkatkan tinggi badan

Bustle.com

Buat kamu yang bermasalah dengan tinggi badan, sebaiknya lakukan kegiatan berenang untuk dapat meningkatkan tinggi badanmu. Karena kegiatan renang dapat membantumu pembentukan otot dan tulang.

5. Meningkatkan keseimbangan

runnersworld.com

Berenang mengutamakan gerakan tangan dan kaki juga mengembangkan otot bagian perut dan punggung. Hal itulah yang dapat melatih keseimbangan tubuh menjadi lebih sempurna. 

Nah itu dia manfaat renang untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui. Ternyata nggak hanya menyenangkan saja ya, Bela, tetapi juga baik sekali untuk tubuhmu. Namun, untuk dapat melihat hasilnya, kamu harus melakukannya dengan disiplin ditambah dengan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan yang bergizi, tidur yang berkualitas dan menghindari kebiasan buruk.

IDN Media Channels

Latest from Health