Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Stop Gagal Fokus, Ikuti Jenis Olahraga untuk Meningkatkan Konsentrasi

No.6 gampang banget lho!

Vidya Nathania

Di tengah melakukan berbagai aktivitas, apakah kamu pernah kehilangan konsentrasi? Yup, hal tersebut tentu saja kerap dialami oleh hampir seluruh orang. Kehilangan konsentrasi atau yang biasa dikenal dengan gagal fokus ini dapat menjadi penghalang terbesar saat sedang beraktivitas dan dapat menghancurkan pekerjaan atau kegiatan. Untuk itu banyak sekali orang yang mencari solusi terbaik untuk mengembalikan pikirannya agar lebih fokus. 

Selain mengonsumsi makananan dengan kandungan omega-3 yang tinggi, olahraga menjadi salah satu solusi yang dapat membantumu untuk berkonsentrasi kembali. Mungkin, masih banyak dari kamu yang belum tahu tentang hal ini. Untuk itu, simak beberapa jenis olahraga untuk meningkatkan konsentrasi yang akan Popbela bahas di artikel yang satu ini!

1. Jalan cepat

Pinterest.com

Siapa sangka, jenis pemanasan yang ringan ini dipilih menjadi salah satu olahraga untuk meningkatkan konsentrasi. Mudah untuk dilakukan oleh semua orang, jalan cepat tak hanya baik untuk meningkatkan kinerja jantung, tetapi jalan cepat juga dapat melepaskan rasa stres dan meringankan beban pikiran, itulah kedua hal yang memicu otak dapat bekerja lebih baik sehingga mudah untuk berkonsentrasi. 

2. Jogging

Pinterest.com

Masih dari lanjutan jalan cepat, kamu juga bisa variasikan dengan jogging sebagai olahraga untuk meningkatkan konsentrasi yang merupakan perpaduan yang pas. Dengan melakukan jogging, kamu pun juga dapat meningkatkan kekuatan otak dalam berpikir. Untuk itu jalan cepat sebagai pemanasan dan jogging sebagai olahraga utamanya.

3. Basket

Pinterest.com

Agar olahraga untuk meningkatkan konsentrasi yang kamu lakukan tak terkesan membosankan, basket dapat menjadi pilihan yang tepat untukmu. Olahraga basket memiliki cara permainan dengan memasukkan bola basket ke dalam keranjang lawan dan disitulah konsentrasimu akan diasah dengan sangat baik sehingga dapat mengembalikan otakmu agar kembali lebih fokus.

4. Golf

stephendentonphotography.com

Hampir sama seperti basket, golf yang juga disebut sebagai salah satu olahraga untuk meningkatkan konsentrasi ini terlihat seperti permainan yang cukup mengasikan untuk dilakukan. Sama-sama memasukkan bola ke satu titik, olahraga golf sedikit lebih tenang tetapi perlahan mampu mengasah tingkat konsentrasimu.

5. Berenang

Pinterest.com

Olahraga untuk meningkatkan konsentrasi tak hanya dapat dilakukan di darat saja, pasalnya kamu pun dapat melakukannya di dalam air dengan berenang. Jenis olahraga yang satu ini memang dikenal sebagai olahraga yang sangat baik untuk sistem pernafasan. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa berenang pun memiliki banyak manfaat lainnya seperti salah satunya membantu melepaskan hormon yang membuat rileks pada otak sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi.

6. Yoga

photogrist.com

Tak ingin menguras banyak tenaga, kamu pun dapat memilih yoga sebagai olahraga untuk meningkatkan konsentrasi yang tak kalah ampuh. Setiap sesi pada yoga, membutuhkan pikiran dan jiwa yang tenang sehingga dapat dengan mudahnya meningkatkan cara kerja otak dalam hal berkonsentrasi. Selain itu, yoga pun dapat membuat tubuh menjadi lebih terasa nyaman dan rileks.

7. Panahan

fashiongonerogue.com

Olahraga untuk meningkatkan konsentrasi yang satu ini sudah tak diragukan lagi. Panahan merupakan salah satu jenis olahraga dimana seseorang harus melemparkan anak panah ke titik sasaran. 

Dengan mengulang terus menerus, tanpa kamu sadari, panahan sedang melatih otak untuk lebih berkonsentrasi. Namun, untuk jenis olahraga panahan, kamu membutuhkan alat untuk mencobanya.

Nah itu dia beberapa jenis olahraga untuk meningkatkan konsentrasi yang dapat menjadi opsimu dalam mengembalikan fokusmu sehingga lebih siap ketika harus kembali ke dalam rutinitas harian. Yuk lakukan sekarang!

IDN Media Channels

Latest from Health