Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Mudah Merawat Mata Agar Tetap Sehat dan Jernih

Jaga kesehatan mata itu penting lho!

Vidya Nathania

Mata merupakan organ penglihatan dengan memiliki ukuran yang kecil. Namun, mata juga memiliki peran yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Untuk itu, penting sekali untuk menjaganya dengan melakukan berbagai cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih. 

Karena, jika kamu kurang memperhatikan kesehatan mata, yang ada matamu dapat mengalami berbagai gangguan yang tentunya dapat menjadi penghalang dalam melakukan beraktivitas. Mungkin, sebagian dari kamu masih banyak yang bingung bagaimana cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih. 

Untuk itu, Popbela akan membagikan sedikit cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih yang tentunya bisa kamu lakukan. Yuk, simak terus artikelnya Bela!

1. Perhatikan jarak mata saat menonton atau membaca

easttenthgroup.com

Perlu diperhatikan, bahwa sebagai cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih tentunya yang pertama kali wajib kamu lakukan ialah mengontrol jarak mata terhadap objek, baik dalam hal sedang menonton televisi atau sedang membaca buku. 

Karena hal tersebut dapat membuat mata bekerja ekstra untuk fokus terhadap objek tersebut dan dapat menyebabkan otot mata menjadi lebih tegang sehingga bisa membuat kepalamu terasa pusing.

2. Kurangi waktu berada di depan layar

videoblocks.com

Selain memperhatikan jarak, cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih yang dapat kamu lakukan ialah dengan mengurangi waktu saat berada di depan layar televisi maupun layar komputer. Sebagian orang yang sedang asik menonton atau sedang fokus mengerjakan sesuatu terkadang membuat lupa waktu dan akhirnya tanpa disadari hal tersebut membuat kesehatan mata menjadi menurun.

3. Perbanyak minum air putih

liveuttarpradesh.com

Tak dapat dipungkiri, meminum banyak air putih merupakan salah satu cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih yang wajib untuk kamu lakukan. Air putih memiliki sejuta manfaat untuk tubuh termasuk dalam menjaga kesehatan mata. Untuk itu, jangan lupa untuk terus mengonsumsi banyak air putih.

4. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A yang tinggi

medicalnewstoday.com

Siapapun tahu bahwa vitamin A sangatlah baik untuk kesehatan matamu. Beberapa ahli kesehatan pun menyarankan untuk selalu mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin A yang tinggi seperti wortel, labu, alpukat, tomat, dan lain-lain. Cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih yang satu ini memiliki pengaruh yang sangat besar untuk kesehatan matamu serta dapat menjaga kesehatan mata hingga tua nanti.

5. Perbanyak konsumsi jenis sayuran hijau

carbonrally.com

Selain mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A, lakukan juga cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih yang satu ini. Perbanyak konsumsi sayuran hijau seperti bayam, sawi, brokoli, dan jenis sayur-sayuran lainnya. Sayuran hijau dipercaya memiliki kandungan lutein yang dapat menjaga mata agar tetap sehat.

6. Gunakan kacamata khusus untuk melindungi area mata

allaboutvision.com

Mungkin masih banyak yang bingung dengan cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih yang satu ini. Penggunaan kacamata memang tak hanya dikhususkan untuk sebagian orang yang membutuhkan saja, namun kacamata seharusnya wajib digunakan oleh semua orang jika ingin menjaga matanya tetap sehat. 

Buat kamu yang selalu bekerja di depan layar, gunakan kacamata anti radiasi yang dapat membantu matamu agar tidak cepat kelelahan dan buat kamu yang beraktivitas di luar ruangan, gunakan juga kacamata yang memiliki pelindung dari sinar UV untuk menghindari kerusakan mata akibat sinar UV.

7. Perhatikan kadar gula dalam tubuhmu

rd.com

Cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih yang terakhir ialah dengan memperhatikan kadar gula dalam tubuhmu. Karena kadar gula juga memiliki pengaruh yang cukup besar dengan matamu. Untuk itu jaga dengan perbanyak mengonsumsi makanan yang sehat.

Nah, menjaga kesehatan itu penting lho! Maka itu, jangan lupa untuk melakukan ketujuh cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih yang sudah Popbela bagikan di artikel ini. Yuk jangan ditunda lagi ya Bela!

IDN Media Channels

Latest from Health